Negara Korea Selatan telah dikenal sebagai surganya kuliner. Tidak sulit untuk mencari hidangan yang kita inginkan di negeri Ginseng tersebut.

Salah satu hidangan yang paling menonjol dari negeri tersebut adalah kudapan atau camilan manisnya,. Banyak dari camilan manis tradisionalnya yang menyimpan sejarah.

Ada pula camilan yang hanya disajikan kepada keluarga Kerajaan di istana. Berikut telah Popbela rangkum 10 camilan manis tradisional khas Korea yang wajib kamu coba jika kamu mengunjungi kota Seoul. 

1. Yakgwa

9 Camilan Manis Khas Korea yang Wajib Dicoba Ketika Pergi ke Seoulinsatgram.com/@artdealer_mom

Yakgwa merupakan kue madu tradisional berbentuk bunga. Camilan lezat ini dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti minyak wijen, anggur beras, madu, dan jahe.

Selain dihidangkan di acara terentu, kue ini juga disajikan di kafe atau kedai, cocok disajikan dengan secangkir teh panas.

2. Gangjeong

9 Camilan Manis Khas Korea yang Wajib Dicoba Ketika Pergi ke Seoulinstagram.com/@park_youn_chang

Gangjeong adalah camilan beras manis yang mirip dengan yoghurt bar atau snack rice crispy. Cemilan ini terbuat dari sirup gula kental yang menyatukan berbagai macam biji-bijian dan kacang-kacangan, atau potongan buah kering.

Banyak pasar tradisional di Seoul yang menjual camilan ini. Ada pula yang membuat camilan ini di tempat, sehingga kamu bisa melihat cara membuatnya secara langsung!

3. Dalgona

9 Camilan Manis Khas Korea yang Wajib Dicoba Ketika Pergi ke Seoulinstagram.com/@fromlento

Dalgona menjadi salah satu camilan yang trending sejak kemunculannya dalam drama Squid Game. Permen jadul ini dinikmati banyak orang Korea selama masa kecil mereka.

Permen ini hanya dibuat dari dua bahan, yaitu gula dan soda kue yang dicampur. Kios-kios yang menjual dalgona di jalanan kota Seoul juga sangat banyak. 

4. Songpyeon

9 Camilan Manis Khas Korea yang Wajib Dicoba Ketika Pergi ke SeoulInsatgram/@orosy_voda

Kue beras, juga dikenal sebagai tteok, adalah makanan pokok orang Korea. Salah satunya dibuat sebagai Songpyeon (kue beras pinus). 

Songpyeon biasanya diisi dengan pasta kacang merah dan tersedia dalam berbagai warna. Berbagai warna ini diperoleh dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti biji gardenia, mugwort, kayu manis, dan lain-lain. 

5. Gukhwappang

9 Camilan Manis Khas Korea yang Wajib Dicoba Ketika Pergi ke Seoulinsatgram/@emilylikesouffle

Gukhwappang merupakan roti kering berbentuk bunga krisan. Meskipun bentuknya begitu, roti kering ini tidak terasa seperti bunganya. Sebaliknya, rasa dan tekstur rotinya mirip dengan taiyaki Jepang.

Roti ini dapat ditemukan di tempat wisata Insadong. Sebagian besar kios di sana menjualnya dengan isian kacang merah yang manis, atau madu, dan kacang.

6. Hotteok

9 Camilan Manis Khas Korea yang Wajib Dicoba Ketika Pergi ke Seoulinstagram/@gimlet_joon

Hotteok adalah jajanan Korea populer yang pada dasarnya merupakan pancake yang diisi dengan gula merah, kayu manis, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Adonan pancake ini dibuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan, yang memberikan tekstur kenyal di bagian dalam dan garing di bagian luar saat digoreng. Pancake ini biasa diberi topping madu dan gula merah.

7. Gyeongdan

9 Camilan Manis Khas Korea yang Wajib Dicoba Ketika Pergi ke Seoulinstagram.com/@deijilee

Camilan beras ketan yang kenyal ini berisi kacang merah dan diberi topping yang berbeda sesuai selera, seperti bubuk ubi jalar, teh hijau, dan wijen hitam

Kamu akan merasakan rasa manis ketika melahap camilan  ini, yang berasal dari pasta kacang merah yang di dalamnya. Selain kacang merah, rasa jujube, kacang pinus, dan biji bunga matahari juga patut dicoba. 

8. Sorghum pancake

https://www.youtube.com/embed/OYiIWhdPTts

Sorghum pancake adalah sejenis pancake yang terbuat dari tepung sorgum dan berisi pasta kacang merah. Camilan ini lebih sering dinikmati di musim dingin, karena sorgum dikenal sebagai makanan kesehatan yang membantu menghangatkan tubuh, menurunkan kolesterol dan membantu detoksifikasi.

9. Ppeongtwigi

9 Camilan Manis Khas Korea yang Wajib Dicoba Ketika Pergi ke SeoulInstagram.com/@hi09_yumyum

Ppeongtwigi merupakan kerupuk nasi yang hadir dalam berbagai rasa, bentuk, ukuran, dan warna. Kerupuk nasi klasik ini mudah larut di mulut, sehingga cocok dimakan anak-anak

Kerupuk nasi ini juga biasanya disajikan dengan berbagai topping pilihan seperti Krim keju, selai kacang, es krim, dan bahkan kaviar.

Itulah daftar camilan manis khas Korea Selatan yang wajib dicoba ketika kamu mengunjungi kota Seoul, Bela. Apakah kalian termasuk foodie yang senang mencicipi makanan baru?

Baca Juga: 12 Potret Bangunan Bersejarah di Kota Seoul Dulu dan Sekarang

Baca Juga: Selain Seoul, Ini Kota Terbaik di Korea Selatan yang Patut Dikunjungi

Baca Juga: 44% Rakyat Korea Selatan Percaya Sekte Agama, Tanda Krisis Keyakinan?