Stress merupakan hal yang pernah dialami semua orang. Jika kamu mengalami stres, teh herbal dapat membantu meringankan masalah ini. Masyarakat sering meminun teh herbal dengan tujuan kesehatan sejak dahulu. Teh herbal terbukti dapat membuat menenangkan suasana hati dan pikiran serta tidur lebih nyenyak.

Mengutip Pinkvilla, berikut ini rekomendasi 5 teh herbal terbaik yang dapat menghilangkan stres. Apa saja?

1. Teh Chamomile

Merasa Stres? Berikut 5 Rekomendasi Teh yang Membuat RileksUnsplash.com/Jasmine Huang

Tahukah kamu, stres dapat memperburuk gejala pada penderita sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). Teh chamomile juga dapat mengobati masalah perut dan usus, termasuk terlalu banyak gas, sakit perut, radang perut, dan buang air besar.

Teh chamomile memiliki memberikan perasaan rileks ketika stres dan memberikan efek menenangkan pada otak dan tidur lebih nyenyak. Selain teh, daun chamomille juga dapat digunakan sebagai infused water yang dapat mengurangi insomnia.

2. Teh Kahwa

Merasa Stres? Berikut 5 Rekomendasi Teh yang Membuat RileksPexels.com

Teh yang berasal dari Arab ini memiliki banyak manfaat. Teh kahwa merupakan teh hijau yang disajikan dengan rempah-rempah, saffron, buah kering, dan kacang kering.

Teh kahwa kaya akan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu senyawa yang memproduksi hormon stres pada tubuh. Teh kahwa juga dapat membantu memperbaiki kualitas tubuh dan meredakan stress, serta mengeluakan toksin atau racun dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam teh ini juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan.

3. Teh Sage

Merasa Stres? Berikut 5 Rekomendasi Teh yang Membuat RileksUnsplash.com/Joanna Kosinska

Sage merupakan salah satu rempah yang dapat membuat rileks otot yang tegang. Tak hanya itu, teh sage memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat meningkatkan mood. Teh sage juga dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan fungsi otak, serta mengendalikan mood dan menurunkan kadar stres.

4. Teh Ashwagandha

Merasa Stres? Berikut 5 Rekomendasi Teh yang Membuat RileksPinkvilla.com

Ashwagandha adalah semak kecil dengan bunga kuning yang biasa ditemukan India, Timur Tengah, dan sebagian Afrika. Akar dan buahnya berwarna oranye-merah sering dimanfaatkan sebagai teh. 

Banyak orang memanfaatkan teh ashwagandha untuk kesehatan, seperti mencegah flu, meningkatkan imun dan memperkuat tubuh dan kesehatan mental.

Teh ashwagandha dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi insomnia. Teh ini juga memproduksi hormon endorpin yang dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan energi positif.

5. Teh Tulsi

Merasa Stres? Berikut 5 Rekomendasi Teh yang Membuat RileksPinkvilla.com

Tulsi kaya akan mineral yang menyediakan kalsium, besi, magnesim, kalium, dan fosfor yang melawan penyakit dan membangun kekebalan. Tulsi juga bisa dimanfaatkan menjadi teh.

Tulsi memiliki kandungan antidepresan yang dapat mengurangi stress. Tak hanya itu saja, aroma teh tulis juga dapat memberikan efek menenangkan pada otak dan menurunkan kecemasan.

Nah, itu tadi 5 teh herbal yang dapat kamu minum ketika stres melanda. Kira-kira mana, nih, teh favoritmu, Bela?

Baca Juga: Mengukir Sejarah lewat Teh di Pantjoran Tea House

Baca Juga: 11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malam

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Hitam untuk Diet, Selamat Tinggal Lemak Membandel!