Yogyakarta terkenal sebagai Kota Wisata. Banyak tempat wisata yang menjadi destinasi favorit masyarakat Indonesia, sebut saja Malioboro, Candi Borobodur dan Pantai Parangtritis.

Tak hanya keindahan tempat wisatanya saja, Yogyakarta juga populer dengan kulinernya. Meski begitu, kue khas Yogyakarta dengan nama uniknya. Namanya Kue Kontol Kejepit, kue khas Bantul, Yogyakarta ini memiliki tesktur padat namun kenyal serta manis.

Kue ini menjadi favorit masyarakat untuk teman ngopi ataupun minum teh di sore hari.

Asal usul Kue Kontol Kejepit

Mengenal Kue Kontol Kejepit, Kue Khas YogyakartaNawacita.com

Nama kue ini memang terdengar vulgar, bahkan jorok. Pasalnya, jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti alat kelamin pria yang terjepit. Kue ini bernama kontol kejepit karena bentuknya menyerupai alat kelamin. Lalu mengapa dinamakan kontol kejepit?

Awalnya kue ini bernama kue adrem. Karena pelafalannya yang sulit, maka orang-orang menamainya kue kontol kejepit atau tolpit. Kue ini memiliki bentuk unik dan lucu. Berwarna cokelat tua, kue ini berbentuk mirip alat kelamin pria yang terjepit.

Kue kontol kejepit memiliki sebutan lain, yaitu kue 'mana tahan' untuk menggambarkan betapa ngilunya membayangkan alat kelamin pria yang terjepit.

Proses pembuatan Kue Kontol Kejepit

Mengenal Kue Kontol Kejepit, Kue Khas YogyakartaDetik.com

Asal muasal penamaan tolpit sebenarnya juga kurang diketahui. Namun, yang pasti, penamaan tolpit alias 'kontol kejepit' sudah ada sejak lama dan karena proses pembuatannya yang menggunakan teknik penjepitan.

Proses pembuatan kue kontol kejepit ini menggunakan teknik penjepitan pakai sumpit 3 buah dan setelahnya diangkat. Adonan dituang ke dalam penggorengan dengan minyak panas lalu langsung dijepit dengan teknik tersebut.

Mengenal Kue Kontol Kejepit, Kue Khas YogyakartaBeritakarya

Untuk adonannya, terdapat 2 jenis pembuatan. Pertama bertekstur encer dengan takaran bahan gula 1 kg, tepung 1kg dicampur gandum dan 1 buah kelapa. Sedangkan yang bertekstur padat dengan takaran tepung sekilo, gula 8 ons dan 1/4 buah kelapa.

Untuk bahan pewarna, kue kolpit warna warni menggunakan gula pasir serta pewarna alami dan yang warna cokelat pakai gula Jawa. Sedangkan untuk tepungnya, biasanya menggunakan tepung beras homemade. Hal ini karena teksturnya lembek jika menggunakan tepung beras instan.

Harganya pun cukup terjangkau dengan satu buah tolpit dipatok dengan harga Rp1000. Sedangkan untuk 6 buah tolpit biasanya dijual Rp5 ribu sampai Rp6 ribu.

Resep Kue Kontol Kejepit

Mengenal Kue Kontol Kejepit, Kue Khas YogyakartaArsynews

Kue tolpit dapat ditemukan di Pasar Sanden, Pasar Celep Srigading Bantul, Pasar Bantul, Pasar Kotagede, dan di lokasi event jajanan tradisional seperti Pasar Tani Jogja di area Dinas Pertanian DIY.

Kini kamu tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta untuk membeli kue tolpit ini. Kini kamu bisa buat sendiri di rumah, lho. Berikut simak cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 1 kg beras rendam semalam
  • 1 kg gula jawa (jika ingin kue kelihatan bersih pakai gula pasir)
  • 1 Butir kelapa tua parut
  • 1 sdt vanili (optional)
  • 250 ml air
  • Pewarna makanan (optional)
  • Gandum (optional)

Cara membuat:

  1. Giling beras yang sudah direndam hingga jadi tepung. Hindari memakai tepung beras kemasan karena hasilnya hasilnya akan lembek.
  2. Masak kelapa parut bersama gula jawa atau gula pasir, masukan air 250 ml. Tambahkan sedikit pewarna alami jika ingin berwarna. Aduk terus sampai mengental dan meletup (istilah jawanya "umeb tua") yang dikenal dengan juruh. Setelah menjadi juruh, angkat dan dinginkan.
  3. Siapkan baskom besar, masukkan tepung beras buatan sendiri tadi lalu uleni bersama juruh yang sudah dingin tadi sampai kalis dan bisa dibentuk. Diamkan 15 menit.
  4. Bulatkan adonan yang sudah diistirahatkan tadi sesuai selera.
  5. Siapkan wajan besar dengan penuh minyak panas.
  6. Masukkan bulatan kolpit mentah, jika sudah setengah matang jepit dengan jepitan adrem atau bisa juga memakai 3 sumpit di ujungnya sampai matang. Pembentukan ujung ini yang membuat camilan terasa istimewa karena memang harus dijepit.
  7. Adonan kue kolpit yang berhasil tidak akan pecah waktu digoreng dan dijepit. Di dalamnya akan terbentuk isian yang lembut.
  8. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Sajikan kue adrem bersama teh tawar. Orang-orang tua biasanya menikmati kue tolpit ini dengan teh tubruk pahit yang panas.

Tentunya kombinasi ini sangat pas dengan Kue ini bercita rasa manis dengan tesktur padat ataupun lembut.

Penamaan kue tolpit memang muncul dari cara pembuatannya. Orang zaman dahulu sengaja membentuk tolpit sedemikian rupa untuk menarik perhatian pembeli. Tertarik untuk mencobanya Bela?

Baca Juga: Roti Ketawa, Oleh-oleh Khas Pematang Siantar 

Baca Juga: Resep Semur Bola Tahu untuk Makan Malam, Pas untuk Tanggal Tua!

Baca Juga: 3 Resep Kue Khas Betawi yang Mudah Dibuat di Rumah