Masyarakat seluruh dunia menyambut dengan sukacita gegap gempita Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar. Negara Qatar sendiri masuk dalam jajaran negara maju yang berlokasi di Jazirah Arab, Asia Barat dengan infrastrukur kota yang super megah dan spektakuler.

Seluk-beluk Qatar pun menjadi sorotan dunia, tak terkecuali kuliner khasnya yang dimasak dengan banyak rempah, tentu menghasilkan cita rasa yang unik di lidah.

Kuliner Qatar tersaji penuh keragaman yang menggugah selera, mulai dari appetizer hingga dessert. Nah, agar euforia menonton Piala Dunia 2022 semakin kental, tak ada salahnya kamu mencicipi deretan kuliner khas Qatar ini.

Daripada menunggu lama, yuk scrolling terus ya artikel ini! Siapa tahu bisa menjadi inspirasi memasak untukmu!

1. Machboos

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaFood52.com

Nasi menjadi makanan pokok hampir di seluruh negara Asia, tak terkecuali Qatar. Negara penghasil minyak terbesar ini juga mempunyai hidangan nasi yang cukup menggugah selera, Machboss namanya. Rasanya yang gurih dan kaya rempah tentu menjadi favorit pelancong mancanegara di Qatar.

Machboos tersaji dengan nasi berbumbu yang dimasak dengan ragam jenis daging, seperti ayam, sapi, domba. Daging-daging ini dimarinasi dalam beragam rempah, tentu menambah cita rasa pada hidangan ini. Masyarakat Qatar menyantap Machboss sebagai santapan makan siang maupun makan malam.

2. Saloona

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaMaggi Arabia

Bagi kamu pecinta makanan pedas, wajib banget mencicipi Saloona khas Qatar ini. Sup pedas dengan isian sayuran dan daging ini dimasak dengan ragam bumbu.

Namun, kunci kelezatan dari Saloona terletak dari bawang putih dan jahe yang menciptakan aroma otentik. Biasanya saloona berisikan daging domba, sapi, atau ikan, bersama dengan kentang, wortel, dan tomat, serta sayuran lainnya.

3. Shawarma

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaNibble.id

Serupa dengan kebab, Shawarma adalah jajanan kaki lima khas Timur Tengah. Sajian ini terdiri dari kulit tortila berisikan daging ayam, sapi, kambing yang dimasak lama dengan rempah.

Agar semakin segar, biasanya Shawarma disajikan dengan sayuran seperti tomat dan selada. Shawarma menjadi hidangan praktis yang bisa disantap kapan saja dan di mana saja.

4. Baleelat

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaYour Hunger Stop

Bagi kamu yang bosan makan nasi, boleh dicoba nih Baleetat, sajian bihun tradisional Qatar. Rasanya yang kontras dengan perpaduan manis sekaligus gurih yang serasi ini menantang selera dan membuat lidahmu tak akan move on akan hidangan ini.

Baleetat terdiri dari bihun yang dimasak dengan kapulaga, kunyit dan air mawar sebagai penambah rasa manis. Tambahan telur dadar dan pistachio sebagai topping membuat hidangan ini semakin sedap.

5. Umm ali

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaResepedia.com

Mirip puding roti, Umm ali adalah dessert berbahan dasar susu kental, kismis, dan kacang yang dipanggang dengan beragam rempah untuk memperkaya rasanya.

Meskipun berasal dari Mesir, umm ali dinikmati masyarakat negara Jazirah Arab secara luas, termasuk Qatar. Rasanya yang manis namun tetap kental akan aroma rempah yang hangat menjadikan cemilan ini cocok dinikmati bersama keluarga dan teman.

6. Samboosa

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaUnileverfoodsolution.com

Nggak afdol rasanya kalau nonton Piala Dunia 2022 tanpa ditemani camilan yang lezat khas Qatar. Tak usah risau, samboosa bisa menjadi opsi, kok.

Samboosa sendiri adalah sajian kue pastri berbentuk segitiga berisikan daging, keju, dan sayuran dengan bumbu melimpah. Samboosa nikmat disantap dalam kondisi hangat sambil ditemani segelas teh saffron hangat.

7. Khaboos

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaPreescs.com

Selain samboosa, khaboos juga masuk dalam cemilan favorit khas Qatar. Khaboos terdiri dari roti pipih yang dicocol berbagai jenis saus lezat, seperti hummus dan chutney. Rasanya yang gurih dan bertekstur lembut menjadikan Khaboos cocok sebagai cemilan enak sekaligus mengenyangkan.

Kamu juga bisa menyantap khaboos sebagai pendamping makanan utama dan alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi.

8. Warak Enab

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaPlantbasedfolk.com

Warak enab adalah camilan atau appetizer khas Qatar berbahan dasar daging cincang dan nasi. Kunci kelezatan dan rasa gurih warak enab terletak pada ragam rempah yang tumpah ruah seperti merica, ketumbar, jintan dan bawang putih. Keunikan warak enab terletak pada cara penyajiannya yang dibungkus dengan daun anggur dan dimasak selama 1 jam di dalam panci.

Hidangan ini pernah menjadi sorotan warganet lantaran supermodel keturunan Palestina Gigi Hadid pernah memasaknya bersama ayah dan saudaranya.

9. Luqaimat

9 Rekomendasi Kuliner Qatar yang Wajib Kamu CobaEverylittlecrumb.com

Luqaimat menjadi makanan yang wajib kamu cicipi ketika melancong ke Qatar. Sajian manis paling ternama di Qatar ini memiliki teksur kontras dengan crunchy di bagian luar, namun tetap lembut di dalam. 

Biasanya Luqaimat bertaburkan biji wijen yang disiram dengan shira pada bagian atasnya. Dalam proses pembuatannya, adonan kue goreng ini dibumbui dengan kapulaga, kunyit, dan gula yang memberikan rasa rempah yang kuat.

Wah, ternyata kuliner khas Qatar sangat menggugah selera ya, Bela. Mana nih, yang ingin kamu cicipi lebih dahulu?

Baca Juga: 10 Potret Mewah Rafathar Nonton Piala Dunia di Qatar, Bikin Iri!

Baca Juga: Bak Bangsawan, 10 Potret Hotel Mewah Jungkook 'BTS' saat di Qatar

Baca Juga: 7 Tempat Historis di Qatar yang Lekat akan Sejarah