Yogurt seringkali jadi bahan makanan jika ingin menerapkan pola makan sehat. Sudah menjadi rahasia umum kalau yogurt mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh manusia, karena di dalam yogurt terdapat kandungan lactobacillus, vitamin B, mineral dan kaya akan potrein. Dengan mengonsumsinya, pencernaanmu bisa lancar, kesehatan kulit terjaga, dan dapat juga membantu menjaga kekebalan tubuh. Apa kamu salah satu penyuka yogurt, Bela?

Kabar baiknya, semua orang bisa menikmati yogurt. Karena meskipun terbuat dari susu, tapi struktur laktosanya sudah dirusak oleh bakteri saat proses fermentasi sehingga tidak akan menyebabkan alergi. Yogurt memiliki rasa manis, asam, dan teksturnya sangat lembut saat dimakan. Sangat pas dinikmati ketika siang saat cuaca sedang terik. Daripada membelinya, ternyata yogurt bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Simak caranya yuk!

Bahan membuat yogurt

Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumahdok.internet
  • 1000 ml susu segar (whole milk atau skim milk)
  • 2 sendok makan plain yogurt (yogurt dengan kandungan bakteri probiotik atau bakteri yang masih hidup)
  • Toples besar dengan tutup

Cara membuat yogurt

Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumahdok.internet
  1. Tuang susu yang sudah disiapkan ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil sambil aduk perlahan. Jangan panaskan susu hingga mendidih. Sebelum mendidih (kurang lebih selama 30 menit dipanaskan), angkat susu dan dinginkan sampai suhu 43 derajat celcius.
  2. Ambil satu cangkir susu dan tambahkan plain yogurt. Aduk sampai yogurt tercampur rata dalam susu. Lalu, tuang campuran yogurt tersebut ke susu dalam panci dan aduk rata.
  3. Selanjutnya, pindahkan susu ke dalam toples dan tutup rapat. Inilah yang disebut proses fermentasi, diamkan yogurt pada suhu 38 derajat celcius selama setidaknya tujuh jam. Setelah itu dinginkan supaya yogurt lebih awet.
  4. Kalau kamu tidak suka dengan plain yogurt, sebelum mengonsumsinya bisa ditambahkan madu, perisa vanila, stroberi, atau yang lainnya dan juga bisa ditambah pula potongan buah-buahan segar di atasnya.

Tips membuat yogurt

Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumahdok.internet
  1. Pastikan proses fermentasi yogurt menggunakan wadah kedap udara. Sebab, wadah yang tertutup rapat akan melancarkan proses fermentasi.
  2. Saat membeli yogurt plain, lihat dulu masa kadaluarsanya. Kalau sudah expired, maka proses pembuatan yogurtmu tidak akan berhasil.
  3. Saat memasukkan susu ke dalam toples, pastikan susu masih dalam keadaan hangat. Tidak terlalu dingin atau terlalu panas.
  4. Panaskan susu dengan suhu sekitar 70-80 derajat celcius atau sampai panas tapi tidak mendidih, yaitu selama 15-30 menit. Tujuannya adalah agar bakteri dalam susu bisa mati tanpa merusak gizi dalam susu tersebut. Aduk terus susu selama pemanasan agar tidak menggumpal di bagian dasar panci.
  5. Pastikan perbandingan susu dan plain yogurt tepat. Kalau hasil akhirnya terlalu kental, itu artinya plain yogurtmu terlalu banyak dan sebaliknya. Pastikan yogurt sebesar 5-10% dari jumlah susu ya.

Cara penyimpanan yogurt

Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumahdok.internet

Kamu tentu sepakat dong kalau kebersihan merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan ketika memasak, termasuk saat membuat yogurt. Jadi, ada baiknya jika semua alat yang digunakan direbus dulu dalam air mendidih selama lima hingga sepuluh menit. Selanjutnya, untuk cara penyimpanan yogurt sendiri tidaklah sulit, tapi tidak bisa sembarangan juga ya. Berikut cara menyimpan yogurt yang benar :

  • Yogurt tidak boleh terkena sinar matahari langsung karena akan mematikan bakteri baik di dalamnya.
  • Tidak boleh diletakkan dalam suhu ruangan, harus disimpan dalam suhu dingin atau kulkas, tapi juga tidak boleh diletakkan di dalam freezer. Karena bahan dasarnya berupa susu yang dapat pecah dan justru akan merusak yogurt. 

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Mekar dan Cara Membuatnya yang Mudah!