Macaroni and cheese atau makaroni dan keju yang juga biasa disebut mac and chesee adalah hidangan pasta asal Amerika Serikat yang cukup populer dan sering disajikan sebagai menu andalan di berbagai restoran. Perpaduan antara pasta makaroni dan lelehan kejunya sangat menggoda, sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu creamy dan mengenyangkan. Apa kamu juga menyukai hidangan yang satu ini, Bela?

Kini, tak perlu lagi pergi ke restoran pasta untuk menikmatinya lho. Sebab, siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan praktis. Bahkan, sekarang sudah banyak tersedia produk mac and cheese siap saji yang bisa kamu beli di supermarket. Bahan utamanya adalah makaroni dan keju. Kamu tertarik mencoba membuat sendiri di rumah? Simak bahan dan cara membuatnya ya!

Bahan mac and cheese

Buat Si Pencinta Gurih, Ini Cara Praktis Masak Mac and Cheesedok.internet

Kalau kamu sedang berdiet, bisa juga mengganti keju dengan varian lain yang lebih rendah lemak ya, dengan tujuan untuk meminimalisir jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Kamu bisa menggunakan keju cottage atau greek yogurt sebagai pilihan alternatif. Tapi ingat, jangan pernah memilih jenis keju bebas lemak, karena akan membuat tekstur mac and cheese menjadi kasar. Berikut bahan-bahan yang bisa kamu siapkan :

  • 300 gr makaroni pasta
  • 200 gr Keju cheddar
  • 1/4 siung bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 200 ml susu cair
  • Lada hitam
  • Garam
  • 1 sdm tepung terigu
  • 4 sdm margarin
  • Daging sapi atau daging ayam secukupnya

Cara Membuat Mac and Cheese

Buat Si Pencinta Gurih, Ini Cara Praktis Masak Mac and Cheesedok.internet

Ada satu rahasia tentang mac and cheese. Meski namanya adalah macaroni and cheese, tapi sebenarnya kamu tak harus selalu memakai makaroni sebagai bahan dasarnya. Kalau ingin improvisasi, kamu bisa memilih jenis pasta lain yang bisa menahan banyak saus agar mac and cheese menjadi kental. Ada cavatell, cavatappi, rotini, atau penne yang juga mudah dijumpai. Selanjutnya simak cara membuatnya!

  1. Rebus makaroni selama kurang lebih sepuluh menit, tambahkan garam secukupnya dan 1 sdm margarin. Kalau sudah, angkat dan buang airnya.
  2. Rebus daging ayam atau daging sapi yang akan kamu gunakan sebagai pelengkap sampai matang. Lalu potong dadu dan sisihkan.
  3. Panaskan 3 sdm margarin sampai mencair, lalu masukkan cincangan bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga layu dan harum.
  4. Masukkan daging yang sudah direbus dan dipotong dadu. Aduk sebentar, masukkan tepung terigu sambil diaduk.
  5. Tuangkan susu cair perlahan sambil terus diaduk.
  6. Masukkan makaroni dan garam, aduk hingga cairan berkurang.
  7. Tambahkan keju parut dan lada hitam. Aduk hingga rata, dan bisa kamu sajikan. 

Tips Agar Mac and Cheese Lebih Creamy

Buat Si Pencinta Gurih, Ini Cara Praktis Masak Mac and Cheesedok.internet

Kalau ingin mac and cheese buatanmu punya rasa lebih gurih dengan tekstur lebih creamy, ada beberapa teknik yang mesti kamu ikuti. Di antaranya yaitu :

1. Tambahkan krim

Gunakan campuran susu dan krim, jadi tak hanya memakai susu saja. Kocok juga campuran ini bersama keju sebagai saus dasar mac and cheese.

2. Pemilihan keju

Asal kamu tahu, tidak semua keju cocok diolah menjadi mac and cheese. Keju parmesan misalnya, tidak akan bisa meleleh dengan baik, jadi tak bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar saus. Pilihan terbaiknya, kamu bisa memakai keju cheddar.

3. Rebus pasta dengan susu

Untuk hasil maksimal, kamu sebaiknya memasak pasta dalam rebusan susu, bukan air. Dengan begini, saus mac and cheese akan lebih creamy bahkan sebelum kamu memasukkan keju.

Masakan ini sangat cocok disantap sembari bersantai di sore hari. Di balik nikmatnya mac and cheese, kamu perlu tahu juga kalau kandungan kalorinya cukup tinggi, yaitu sekitar 376 kalori per porsi. Jadi untuk kamu yang sedang berdiet, jangan makan secara berlebihan ya, Bela!

Baca Juga: Biar Makan Siang Makin 'Hot' Ini Resep Sambal Khas Indonesia