Memburu hidangan soto terutama di daerah Jawa Timur memang bukanlah hal yang sulit. Sebab seperti pulau Jawa lainnya, Jawa Timur juga memiliki kuliner soto yang terkenal punya cita rasa gurih.

Nah, buat kamu yang sedang berada di Surabaya tapi ingin menikmati semangkuk soto dan bingung mau ke mana, tenang, ada rekomendasi tempat makan soto enak di Surabaya, nih.

Surabaya mempunyai banyak tempat makan soto yang bisa kamu coba untuk referensi makan soto, baik pribadi maupun bersama kerabat dan keluarga. Berikut lima rekomendasi tempat makan soto yang bisa kamu kunjungi.

1. Soto Lamongan Cak Har

5 Rekomendasi Tempat Makan Soto di Surabaya, Dijamin Ketagihan!instagram.com/kulinersuroboyo

Soto Lamongan memang jadi salah satu kuliner soto khas Lamongan, Jawa Timur yang sangat familiar. Nah, buat kamu yang sedang berada di Surabaya tapi ingin sekali mencicipi soto Lamongan. Kebetulan banget, kamu bisa mendatangi tempat makan soto yang bernama Soto Lamongan Cak Har.

Lokasi tempat makan di sini cukup luas, jadi kamu bisa mengajak keluarga untuk mencicipi nikmatnya semangkuk soto Lamongan dengan kuah kuning dan taburan bubuk koya yang khas.

Makin puas, kamu juga diberi kebebasan memilih sajian daging yang akan disajikan dalam semangkuk soto Lamongan tersebut. Cita rasanya yang gurih serta porsinya yang banyak, dijamin kenyang.

Alamat: Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.220, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60117

Jam operasional: Setiap hari, 06:00—23:00 WIB

Harga: Mulai Rp20 ribu per porsi

2. Soto Ayam Cak To

5 Rekomendasi Tempat Makan Soto di Surabaya, Dijamin Ketagihan!instagram.com/surabayafoodies

Tidak hanya menyajikan soto ayam, warung Soto Ayam Cak To juga menyajikan soto khas Lamongan yang nggak kalah sedap. Dengan kuah kuning soto yang gurih serta taburan bubuk koya yang melimpah, menyantap soto di sini dijamin gak bakal mengecewakan.

Apalagi ditambah bisa memilih sesuai selera bagian daging yang akan dihidangkan dalam semangkuk soto. Jangan lupa tambahkan juga perasan jeruk nipis biar makin nikmat!

Alamat: Jl. Undaan Wetan, Jl. Ngemplak 1 No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272

Jam operasional: Senin sampai Sabtu, 06:00—17:00 WIB

Harga: Mulai Rp21 ribu per porsi

3. Soto Ayam Pak Djayus

5 Rekomendasi Tempat Makan Soto di Surabaya, Dijamin Ketagihan!instagram.com/afterworking

Tempat makan satu ini merupakan salah satu tempat makan paling legendaris yang memiliki cabang di Surabaya dan sudah berdiri sejak tahun 1984. Nggak heran, cita rasa soto di sini masih mempertahankan kualitas yang turun temurun.

Berbeda dengan hidangan warung soto lain, sajian soto milik Soto Ayam Pak Djayus menggunakan daging ayam kampung. Sehingga, soto ayam yang dihasilkan memiliki cita rasa gurih khas.

Alamat: Jl. Raya Tenggilis No.150, Tenggilis Mejoyo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60292. Jl. Raya Manyar No.81, Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60118

Jam operasional: Setiap hari, 07:00—24:00 WIB

Harga: Mulai Rp20 ribu per porsi

4. Soto Ambengan Pak Sadi

5 Rekomendasi Tempat Makan Soto di Surabaya, Dijamin Ketagihan!instagram.com/shafoodlibrary

Soto Ambengan Pak Sadi pernah meraih penghargaan di World Street Food Congress Food pada tahun 2013 sebagai Masters of the Year. Hal inilah yang menjadikan acuan kalau sajian soto milik Soto Ambengan Pak Sadi memang tidak bisa diragukan lagi kelezatannya, deh.

Tertarik ingin mencobanya? Di sini kamu nggak hanya bisa mencicipi soto Lamongan, tapi ada juga soto Madura dengan cita rasa daging sapi yang sangat nikmat, siap nagih di lidah.

Alamat: Jl. Ambengan No.3A, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272

Jam operasional: Setiap hari 06:30—21:30 WIB

Harga: Mulai Rp21 ribu per porsi

5. Soto Gubeng Pojok

5 Rekomendasi Tempat Makan Soto di Surabaya, Dijamin Ketagihan!instagram.com/foster.frankline

Sudah biasa menikmati soto Lamongan? Kali ini, kamu bisa beralih ke warung Soto Gubeng Pojok yang menyajikan soto Madura. Rasanya juga nggak kalah nikmat dengan soto Lamongan.

Sajian soto Madura milik Soto Gubeng Pojok punya potongan daging yang cukup besar dan juga empuk, apalagi ditambah kuah soto yang meresap ke dalam daging sapi. Dijamin puas menikmati hidangan soto Madura di sini.

Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No.30, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272

Jam operasional: Setiap hari, 06:00—16:00

Harga: Mulai Rp21 ribu per porsi

Nah, itulah kelima rekomendasi tempat makan soto di Surabaya yang wajib kamu coba. Ada yang pernah kamu coba sebelumnya?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Rekomendasi Tempat Makan Soto Paling Enak di Surabaya, Wajib Dicoba!"

Baca Juga: 7 Tempat Makan dengan Menu Super Pedas di Jakarta, Yakin Kuat?

Baca Juga: 10 Tempat Makan Keluarga di Bandung yang Bikin Kumpul Jadi Seru

Baca Juga: 11 Inovasi Tempat Makan Ini Unik Banget, Idenya Brilian dan Helpful