Indonesia Memasak by Yummy 2021, menghadirkan Chef Degan Septoadji dengan tema “Menu Makanan Sehat Nusantara”. Pada sesi kali ini, Chef Degan berbagi ilmu mengenai salad tradisional, serta menunjukkan bahwa bahan makanan dari nusantara pun dapat diolah menjadi salad a la western.

Lantas, apa saja ya pembahasan yang chef Degan obrolkan selama sesi Online Cooking Class kali ini? Penasaran? Yuk, langsung simak artikelnya, Bela!

Salad lokal yang Indonesia banget!

IMY 2021: Ngobrol Bersama Chef Degan Mengenai Salad Lokal stock.adobe.com

Setiap negara memiliki salad lokal dengan ciri khasnya masing-masing. Terdiri dari sayur yang beraneka ragam, salad biasanya dijadikan menu utama untuk orang-orang yang sedang menjalani diet. Salad diracik agar kalori yang terkandung rendah serta kaya akan serat. Contoh salad yang berasal dari Indonesia adalah gado-gado, karedok dan urap.

Perbedaan mendasar antara salad western dan lokal terletak pada saus yang digunakan. “Kalau sayur pada salad sayur a la western biasanya tidak direbus terlebih dahulu, jadi raw agar tampak lebih segar ketika dihidangkan. Kalau di Indonesia, kita cenderung merebusnya terlebih dahulu agar steril betul-betul. Dari segi dressing, western lebih sering pakai mayones, cuka atau yang lain. Kalau di negara kita, kita pakai saus kacang atau parutan kelapa,” terang Chef Degan. 

Salad hadir sebagai appetizer, side dish, atau main dish

IMY 2021: Ngobrol Bersama Chef Degan Mengenai Salad Lokal freepik.com/timolina

Ternyata salad dapat hadir sebagai appetizer, side dish, atau main dish, lho! Untuk appetizer, kamu dapat memakan salad dalam porsi sedikit, untuk meningkatkan nafsu makan serta menjaga pola makan agar tidak berlebihan. Salad juga dapat dihidangkan sebagai side dish atau makanan pendamping. Sebagai main dish, salad biasa dikonsumsi para vegetarian atau orang yang sedang menjalani diet. 

Dalam sesinya, Chef Degan berpesan, “Karena salad di Indonesia biasanya diolah terlebih dahulu, artinya kita harus memperhatikan pengolahan tersebut secara seksama. Artinya, jangan sampai overcooked agar teksturnya tetap terjaga. Kemudian, sebelum masukkan sayuran ke plate, pastikan bahwa sayur sudah dalam kondisi kering, bumbu yang dituangkan pun kental dan segera santap salad tersebut. Kalau tidak, nanti berair. Ini, ‘kan, pengaruh pada rasa dressing-nya juga. Kalau salah, bisa hambar.”

Perhatikan hal ini saat mengolah salad

IMY 2021: Ngobrol Bersama Chef Degan Mengenai Salad Lokal Shutterstock

Ada dua hal penting yang perlu kamu perhatikan saat mengolah salad, yaitu bahan dan bumbu yang digunakan. Untuk bahan utama, kamu perlu mengolahnya terlebih dahulu,  kemudian perlu dimasak dengan baik agar tidak overcooked. Untuk bumbu atau saus yang kamu gunakan, dapat menyesuaikan selera dan kebutuhan masing-masing. 

Itulah tiga pokok pembahasan yang disampaikan Chef Degan selama sesi Online Cooking Class. Jangan lewatkan rangkaian acara seru dan menarik lainnya dari Indonesia Memasak by Yummy 2021. Dapatkan informasi lengkapnya melalui akun Instagram @indonesiamemasakbyyummy.

Baca Juga: IMY 2021: Memasak Lawar Sorgum & Selat Usar Bersama Chef Seto

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Memasak Menggunakan Sayuran Beku

Baca Juga: Resep Pecel Pincuk Khas Madiun, Menu Sederhana yang Nikmat