Profesi influencer kini memang menarik bagi banyak millennials. Tak hanya dapat popularitas di jagat maya, tapi juga di dunia bisnis. Keuntungannya tentu banyak banget, sebut saja keuntungan para influencer Beauty dan Fashion, ranah yang sangat berkaitan ini membuka peluang menambah nilai seorang influencer bisa dipercaya sebuah brand ternama. 

Selain dapat pundi rupiah, banyak keuntungan lain yang bisa dirasakan para influencer, mulai dari dapat produk suatu brand hingga fasilitas yang mereka dapat ketika traveling atau diundang di sebuah event, salah satunya seperti event Zalora Fashion Festival yang diadakan di Singapura sejak 7 dan 8 September kemarin bertempat di The Deck. 

Zalora Gandeng Fashion Influencer Demi Kuatkan Komunitas Fashion popbela.com/Rara Peni Asih

Para influencer dari Hong Kong, Indonesia, Singapura dan Malaysia pun ikut hadir karena Zalora memang cukup kuat menggandeng para influencer. Sebut saja influencer Indonesia  seperti Hellua Puspoyo, Melody Amadea, Paola Tambunan, Sara Robert yang datang ke Singapura untuk mendukung acara Zalora Fashion Festival yang diramaikan oleh pengunjung dari beragam latar belakang dan diperindah dengan instalasi menarik yang bisa jadi latar foto OOTD. Hadirnya para influencer Indonesia ini tentunya untuk mempromosikan brand Zalora melalui platform media sosial mereka, misalnya lewat Instagram.

Cara ini pun tentu sudah lazim, sebab ketimbang iklan, para influencer ini punya daya tarik bagi masyarakat luas, kalau di media sosial sih kita menyebutnya sebagai warganet.

Lalu Seberapa Penting Influencer Bagi Zalora?

Zalora Gandeng Fashion Influencer Demi Kuatkan Komunitas Fashion popbela.com/Rara Peni Asih

Sama seperti influencer Indonesia yang sudah disebut di atas, Popbela juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk menghadiri dan menyaksikan styling session pada Zalora Fashion Festival (ZFF) di The Deck yang dipandu oleh Marco Ferrari, Category Manager Private Label Zalora Group. 

Zalora Gandeng Fashion Influencer Demi Kuatkan Komunitas Fashion 

Tentunya bukan tanpa alasan Zalora berinisiatif membuat event interaktif seperti ini. Bagi Zalora, sangat penting untuk bisa langsung bertemu konsumen serta influencer supaya mendapat insight baru serta menguatkan jaringan komunitas fashion Zalora, dan nggak lupa juga untuk menggaet konsumen newbie.

Christopher Daguimol, Director Brand Communication ZALORA Group pun mengatakan diadakannya ZFF supaya lebih dekat dengan customer secara face to face. “Ini kali pertama Zalora mengadakan fashion festival, event ini bertujuan untuk mengetahui behaviour customer, dan kami bisa dekat dengan customer secara emosional. Karena customer adalah aset terbaik, begitu juga para influencer,” ucap Chris.

Zalora Gandeng Fashion Influencer Demi Kuatkan Komunitas Fashion Instagram.com/chrisdaguimol

Dari berbagai koleksi busana, aksesori, hingga sepatu, Zalora selalu menggandeng para influencer karena dampaknya yang begitu besar. Misalnya pada season Ramadan kemarin, Chris mengungkap ketika Zalora mengundang influencer Indonesia ke Turki dan melakukan sesi foto untuk promosi, followers Zalora Indonesia di Instagram meningkat hingga 7 ribu followers. Begitu juga ketika Zalora menggandeng influencer asal untuk mengangkat budaya Korea Selatan, followers Zalora bisa meningkat sebanyak 9 ribu followers.

Meningkatnya angka di atas tentu sudah jelas banget gimana positioning influencer di ranah bisnis fashion, dan misi Zalora untuk memperkuat komunitas fashion di tanah air pun bisa dibilang sangat berhasil setelah memperkuat hubungan mereka dengan influencer. “Zalora percaya lewat komunitas kami bisa mengkomunikasikan nilai brand kami lebih cepat kepada customer baru dan untuk memperluas interaksi pula,” jelas Chris.

Zalora Gandeng Fashion Influencer Demi Kuatkan Komunitas Fashion Popbela.com/Rara Peni Asih

Bagi Zalora, menggandeng influencer untuk membuat konten lebih efektif karena customer lebih menyukai ‘real person’ ketimbang model. Tapi nggak hanya influencer saja yang jadi best aset lho, customer pun termasuk paling penting. Untuk menjaga komunitas fashion yang kuat ini, Zalora pun membuat terobosan baru, yakni Zalora Now, sebuah layanan menjadi member premium dengan fasilitas pengiriman express selama 1 tahun dengan hanya membayar Rp99 ribu.

Setelah tahu seberapa penting seorang influencer bagi brand, gimana nih tertarik jadi fashion influencer, Bela?

Baca Juga: 10 Gaya Urban Disco Influencer di Zalora Fashion Festival Singapura