Banyak yang beranggapan gaun pernikahan warna hitam adalah bad luck. Atau ya terasa agak janggal saja karena selama ini yang kita tahu, gaun pernikahan selalu warna putih karena berkaitan dengan maknanya, yakni suci.

Sementara, warna hitam dikaitkan dengan kesan gothic, misterius hingga berkabung. Jadi sebenarnya boleh nggak sih pakai gaun pernikahan warna hitam? Yes! Absolutely, you can wear a black wedding dress!

Popbela sih tidak menganggap bad luck berkaitan dengan pemilihan warna baju pernikahan. Justru dengan pilihan warna yang sesuai keinginan, akan memancarkan wajah bahagia pengantin lho. Ketimbang memilih warna gaun demi keinginan orang lain sementara kamu sebetulnya nggak suka, lebih baik ikuti intuisimu.

Nah, supaya semakin memantapkan hati, kamu memilih gaun pernikahan warna hitam, berikut inspirasinya.

1. Tampil glamor dan bold dengan gaun pernikahan warna hitam potongan A-line serta garis leher boat ini juga bisa jadi inspirasi. Jangan lupa kenakan tiara supaya makin mewah!

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam weddingchicks.com

2. Siapa bilang gaun pernikahan hitam nggak cocok buat si feminin? Kamu bisa jadikan wedding gown strapless warna ombre dengan detil embroidery petal.

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam cosmopolitan.com

3. Atau tampil sederhana namun tetap terlihat mewah dengan gaun hitam aksen cape seperti rancangan Elie Saab ini bisa jadi inspirasimu.

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam eliesaab.com

4. Kamu juga tetap bisa tampil lebih minimalis memakai gaun pernikahan warna hitam dengan potongan V-neck dan lengan panjang. Cocok buatmu yang ingin tampil elegan nan seksi namun tak berlebihan.

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam etsy.com

5. Dengan gaun yang mengekspos bahu ini akan membuat lehermu terlihat jenjang dan seksi. Kesan elegan pun didapat berkat sentuhan embellished feathered.

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam leannemarshall.com

6. Ingin memberi kesan dramatis? Kenakan gaun hitam seperti rancangan Vera Wang di bawah ini. Selain memberi kesan misterius, kamu akan terlihat stunning dengan gaun material organza, tulle dan chiffon warna ombre pada bagian bawah gaun.

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam 

7. Ingin tampil edgy di hari spesial? Jadikan cape gown aksen tassel di bawah ini sebagai gaun pernikahanmu.

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam modaoperandi.com

8. Memakai ballgown warna hitam dengan detil shimmering akan membuatmu menjadi pusat perhatian di tengah keramaian tamu undangan, lho.

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam signatureweds.com

9. Atau kamu juga bisa kenakan supertight dress dengan cutting mermaid lengkap dengan aksen bulu supaya bisa memberikan kesan seksi dan misterius saat resepsi!

Tampil Bold dan Elegan dengan 9 Pilihan Gaun Pernikahan Warna Hitam popsugar.com

Gaun pernikahan hitam memang nggak umum di mata masyarakat, karena dikaitkan dengan bad luck dan berkabung. Tapi, menurut perspektif personal, warna gaun apa pun nggak akan jadi masalah selama merepresentasikan karakter pengantin. 

Setuju nggak cinta itu nggak bergantung pada warna gaun? Jadi mau pakai gaun pernikahan hitam pun boleh banget asal memang selera kamu, Bela.

Baca Juga: Deretan Gaya Beyoncé Pakai Gaun Hitam yang Dinilai Terlalu Seksi

Baca Juga: Olivia Rodrigo Pakai Gaun Hitam yang Ekspos Payudara, Terlalu Seksi!

Baca Juga: 7 Artis Indonesia yang Pakai Gaun Pernikahan Layaknya Putri Dongeng