Bahan moscrepe biasanya jadi material busana hijab modern hingga syar’i. Bahkan khimar pun menggunakan kain dari keluarga crepe ini. Biasanya, pakaian yang menggunakan bahan ini dijual dengan harga yang tak terlalu mahal. Namun bukan murahan, ya.

Sebab, banyak brand hijab lokal memilih bahan moscrepe supaya harga jualnya nggak terlalu mahal. Tetapi tetap terkesan mewah dan modern.

Namun kain bertekstur ini agak gerah kalau digunakan sebagai hijab. Tapi bagaimana kalau digunakan untuk baju? Supaya lebih paham, cari tahu kelebihan dan kekurangan bahan moscrepe di sini.

Kelebihan Bahan Moscrepe

Ini Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe instagram.com/grosirkain.dsm

Bahan Moscrepe adalah jenis kain dari keluarga crepe yang bertekstur. Kalau diraba sih akan terasa, dan jika diperhatikan teksturnya mirip bentuk pasir atau gambar kecil seperti bentuk geometri. 

Lalu apa saja nih kelebihan bahan moscrepe?

1. Ekonomis

Buat kamu yang mau mulai berbisnis fashion hijab, bahan moscrepe bisa jadi pilihan karena harganya murah. Selain itu, kualitasnya juga cukup bagus.

2. Tidak Menerawang

Bahan moscrepe cukup tebal. Sehingga ketika dipakai tidak menerawang. Bahkan kain moscrepe lebih tebal dibandingkan wolfis. Namun bedanya, kain wolfis lebih flowy.

3. Tidak Mudah Kusut

Paling sebal kalau kita lagi buru-buru tapi baju terlihat kusut. Nah, kamu bisa beli baju bahan moscrepe. Gamis dengan kain ini justru tidak mudah kusut berkat tekstur pada bahan.

Ini Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe instagram.com/elatte.store

4. Ringan

Walaupun dari ‘keluarga’ crepe dan punya ketebalan yang sama, bahan moscrepe lebih ringan. Bahkan walaupun menggunakan banyak bahan atau layer, memakai kain bertekstur ini tidak akan terasa berat.

5. Warna Kain Lebih Hidup

Karena sifat bahan moscrepe mudah mengikat warna, semua bahan yang mirip serat jeruk ini rata-rata punya warna yang lebih cerah atau hidup. Sehingga pilihan warnanya pun beragam banget.

Kekurangan Bahan Moscrepe

Bahan moscrepe yang dijual di pasaran sebenarnya jenisnya beragam. Untuk mencari kualitas yang baik pun, harus teliti. Soalnya banyak banget bahan moscrepe dijual dengan berdasarkan grade. 

Sebelum mengetahui bahan moscrepe yang berkualitas, kamu harus tahu kekurangan bahan moscrepe dulu di bawah ini.

Ini Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe instagram.com/geraisaffa

1. Panas

Bahannya yang bertekstur dan terkesan kasar ini memang cukup panas ketika dipakai. Sebab, bahannya memang tebal. Namun bisa disiasati dengan pemakaian puring.

2. Rentan Rusak Saat Digosok

Bahan moscrepe sangat rentan jika digosok dengan suhu yang terlalu panas. Jadi hati-hati dan perhatikan suhu ya ketika menggosok.

3. Menerawang

Tenang, yang dimaksud menerawang di sini adalah bahan moscrepe warna putih. Jadi siasati menggunakan puring atau manset ya kalau kamu pakai baju dengan bahan moscrepe warna putih.

Memilih Bahan Moscrepe Premium

Ini Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe instagram.com/jaliilahbeauty24

Mengingat bahan moscrepe dijual berdasarkan grade, lalu bagaimana memilih bahan moscrepe premium yang tentunya berkualitas? Ini ciri yang harus kamu tahu:

  1. Bahan moscrepe premium tidak kasar alias halus.
  2. Lebih nyaman digunakan dan tidak panas.
  3. Lebih flowy atau jatuh.
  4. Bahannya tidak tipis dan tidak menerawang.

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan bahan moscrepe? Ingat, bahan moscrepe dan crepe itu beda ya, Bela.

Baca Juga: 6 Pilihan Bahan yang Bagus untuk Hoodie

Baca Juga: Ikut Trend 2020, Ini Inspirasi Fashion Item dari Bahan Rajut

Baca Juga: Tips Lengkap Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenis Bahannya