Cara merawat rok plisket tentu tidak sama dengan jenis rok lainnya. Rok plisket atau rempel ini memang sempat ngetren, bahkan warna yang dijual di pasaran pun beragam. Ada yang dijual dengan warna simpel hingga ada yang berwarna silver hingga gold. Ketika memakai rok plisket ini memang penampilan kita terlihat lebih fashionable. Tapi jangan lupa dengan perawatannya.

Sebab dari cara pembuatannya saja, rok plisket menggunakan obat untuk mempertahankan lipatan pada bahan agar tidak berubah. Jadi, sudah pasti saat mencuci, menggosok, hingga menyimpannya juga perlu diperhatikan. Ribet? Sebenernya nggak kok, simak caranya ya.

Cara Cerdas Merawat Rok Plisket

Rok plisket jadi favorit karena bisa di-styling dengan berbagai gaya. Mulai dari preppy, feminin, hingga glamor. Tetapi sayang dong kalau selama ini kamu nggak merawat rok plisket andalanmu. Bisa-bisa lipatannya jadi tak sempurna lagi seperti saat kamu beli.

Supaya tetap awet, ini cara merawat rok plisket atau rok rempel.

1. Baca pada Label

Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatan Tidak Rusak gracefulstory.com

Jika kamu membeli rok plisket seperti di Zara, H&M dan brand ternama lain, biasanya terdapat label pada rok. Nah, biasanya pada label tersebut terdapat instruksi cara mencuci dan menggosok. Ikuti instruksi supaya rok plisket nggak rusak.

2. Cuci dengan Teknik Celup

Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatan Tidak Rusak www.kristjaana.com

Jika tak ada instruksi perawatan pada rok plisket yang kamu beli, cucilah dengan cara dicelupkan saja ke dalam air detergen. Namun nggak perlu disikat, ya. Tapi, jika pada label harus dry clean, jangan coba-coba mencuci sendiri ya kalau nggak bisa.

3. Hindari Jemur Terlalu Lama

Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatan Tidak Rusak fashionjackson.com

Sama seperti menjemur baju. Rok plisket juga nggak boleh dijemur terlalu lama. Karena jika terlalu lama terpapar teriknya matahari, lipatan pada rok bisa berubah.

4. Gosok dengan Hati-Hati

Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatan Tidak Rusak www.liveabout.com

Sebetulnya, menggosok rok plisket atau pleated skirt nggak direkomendasikan. Soalnya lipatan rok lebih gampang rusak. Namun, jika memang harus digosok, gunakan tingkat panas yang paling rendah untuk menghindari lipatan jadi rusak. 

Tetapi, jika rok plisket kamu jenisnya akordion alias lipatannya yang sangat rapat, sebaiknya tidak usah digosok ya.

5. Dry Clean

Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatan Tidak Rusak bbntamil.com

Jika rok kamu terkena noda yang susah hilang, jangan pernah mencoba untuk menggosoknya dengan kasar untuk menghilangkan noda. Kalau ini terjadi, kamu bisa mempercayakan kepada jasa laundry. Namun pilih proses dry clean dan jangan lupa bilang kepada binatu soal noda pada rok.

6. Gantung dengan Benar

Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatan Tidak Rusak www.brunetteondemand.com

Ketika disimpan di dalam lemari, rok plisket harus digantung dengan benar. Caranya tentu saja kamu nggak boleh menggantung rok bagian pinggang pada hanger. Namun gantung menggunakan tali yang terjahit pada rok mu.

Itulah cara merawat rok plisket atau pleated skirt yang bisa kamu praktekkan. Selamat mencoba, Bela.

Baca Juga: Yuk Coba Cara Mencuci Dry Clean di Rumah, Biar Mahir Rawat Baju

Baca Juga: 5 Cara Baru Bikin Gaya Makin Up-to-Date dengan Pleated Skirt

Baca Juga: Simak Yuk! Inspirasi untuk Tampil Keren dengan Koleksi Pleated Skirt Milikmu