Buat si perfeksionis, keluar dengan baju yang rapi itu penting banget. Sedikit terlihat kusut aja akan merasa risih. Tapi gimana kalau kamu yang perfeksionis harus buru-buru sementara baju lumayan kusut?

Iya, kadang kondisi emang nggak memungkinkan untuk menggosok pakaian. Misalnya pas lagi buru-buru atau lagi traveling. Kalau rela terlambat sih nggak masalah. Tapi gimana kalau problemnya harus on time atau saat traveling kamu memang mau OOTD untuk konten Instagram?

Cara ini bisa kamu lakukan supaya tetap rapi walau baju tanpa disetrika dulu.

1. Shower Air Hangat

Cara Merapikan Pakaian Tanpa Disetrika Pexels.com/Pixabay

Kalau memang nggak punya waktu karena bangun terlambat, kamu bisa  mandi 'ditemani' dengan baju yang belum disetrika. Tapi syaratnya kamu harus mandi air hangat, nih. Karena uap air hangat akan mengurangi kusut pada pakaian.

Tapi pastikan juga jaga jarak ya, biar baju jadi nggak basah. Lalu pakai gantungan juga.

2. Es Batu

Cara Merapikan Pakaian Tanpa Disetrika Pixabay.com/Bru-nO

Trik ini dilakukan saat kamu mencuci baju yang karakter bahannya mudah kusut. Es yang meleleh akan menghasilkan uap dan membantu pakaian menjadi lebih rapi. Jadi kamu nggak perlu lagi menggosok baju.

Caranya, setelah proses mencuci selesai, masukkan saja batu es ke dalam mesin cuci pada saat mengeringkan cucian. Untuk melakukan cara ini, syaratnya hanya ada dua atau lima baju di dalam mesin cuci.

3. Handuk Basah

Cara Merapikan Pakaian Tanpa Disetrika Pixabay.com/Domas

Nggak semua hotel menyediakan alat setrika. Tapi tenang, kamu bisa mengandalkan handuk basah. Syaratnya kamu harus melakukan trik ini pada malam hari, supaya besoknya baju siap pakai.

Cara merapikan baju tanpa disetrika ini mudah tapi perlu waktu. Caranya bentangkan baju di permukaan rata, misalnya meja. Lalu taruh handuk basah di atas bagian yang kusut. Tekan dengan tangan, lalu cek kalau kusut sudah hilang, angkat handuk, lalu biarkan baju mengering sendiri.

4. Deterjen Anti Kusut

Cara Merapikan Pakaian Tanpa Disetrika Pixabay.com/habelfrank

Kalau kamu tipe yang memang nggak suka setrika baju, menggunakan deterjen anti kusut bisa jadi solusi nih, Bela. Di Indonesia memang agak asing menggunakan jenis sabun cuci pakaian ini. Tapi nggak ada salahnya untuk dicoba. Karena banyak juga yang jual di e-commerce.

5. Bola Cuci Pengering

Cara Merapikan Pakaian Tanpa Disetrika aliexpress.com

Selain deterjen anti kusut, ada lagi alat unik yang bisa bikin baju nggak kusut. Kamu bisa pakai bola cuci pengering yang membuat udara panas lebih efisien dan pakaian mengembang dengan baik. 

Tinggal masukkan saja bola cuci pengering ke dalam mesin cuci. Alat ini eco friendly dan nggak perlu menambahkan deterjen. Pastikan cukup 5 pakaian saja supaya merasakan fungsinya.

Itulah cara merapikan baju tanpa disetrika. Jika kamu ingin tampil rapi, biasakan menggosok baju sehari sebelum digunakan ya.

Baca Juga: Cara Menggosok Pakaian yang Susah Rapi 

Baca Juga: Perlu Kamu Tahu! Ini Tips Setrika Pakaian Bahan Satin

Baca Juga: Anti Rusak dan Sobek, Begini Cara Mencuci Kerudung yang Tepat