Kim Kardashian berhasil hebohkan warganet saat tampil di karpet merah Met Gala 2022 mengenakan gaun asli milik Marilyn Monroe. Gaun ini sebelumnya dikenakan oleh Marilyn Monroe pada momen ikonik perayaan ulang tahun Presiden John F. Kennedy di tahun 1962. Saking ikoniknya, gaun Marilyn Monroe ini disebut sebagai bentuk sejarah fashion Amerika di era Golden Age Hollywood. Pemilihan gaun ini oleh Kim Kardashian didasari atas tema Met Gala 2022 yaitu "America: An Anthology of Fashion" atau "Gilded Glamour". Mengutip Kim Kardashian, "with the theme being American, I thought, what is more American than Marilyn Monroe singing "Happy Birthday" to the president of the United States?"

Meski Met Gala 2022 telah berakhir di bulan Mei lalu, topik ini masih menjadi perdebatan hangat di kalangan penggemar mode, terutama ketika baru-baru ini pihak museum Ripley’s Believe It or Not! angkat suara tentang kontrovesi tersebut. 

Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroetmz.com

Kontroversi baru muncul ketika foto before-after gaun Marilyn Monroe bersebaran di media sosial. Dapat terlihat perubahan cukup signifikan pada gaun Marilyn Monroe, dimana terdapat beberapa sequins yang rapuh bahkan hilang hingga jahitan robek. Foto ini menjadi trending topic dan membuat para penggemar mode geram, pasalnya terlihat jelas bahwa gaun ikonik Marilyn Monroe mengalami kerusakan yang cukup parah setelah dikenakan oleh Kim Kardashian di Met Gala 2022.

Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroeredcarpet-fashionawards.com

Setelah ramai di medsos, pihak Ripley’s Believe It or Not! akhirnya berikan klarifikasi mengenai kontroversi satu ini. Mengutip pihak museum, “Kim Kardashian’s walk up the Metropolitan Museum’s stairs at this year’s Met Gala caused quite the stir, but one thing Ripley’s Believe It or Not! can say with confidence is that it did not cause damage to Marilyn Monroe’s famed ‘Happy Birthday’ dress from 1962.”  Pihak museum menambahkan, gaun Marilyn Monroe yang diterima pada Julien’s Auctions di tahun 2016 sebelumnya memang sudah memiliki sedikit kerusakan dan tidak datang dengan kondisi sempurna. 

Ripley’s Believe It or Not! lanjut membela Kim Kardashian dengan pernyataan bahwa gaun Marilyn Monroe masih berada dalam kondisi yang sama sejak dikenakan oleh Kim Kardashian hingga dibawa kembali oleh pihak museum. Tim keamanan hingga pihak museum pun hadir pada Met Gala 2022 untuk memastikan gaun karya Jean Louis bernilai 71 miliar rupiah ini tetap kembali dengan keadaan utuh.

Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroepagesix.com

Klarifikasi Ripley’s Believe It or Not! tetap tidak memuaskan para penggemar mode. Pasalnya, pada video behind the scene pihak museum terlihat kesulitan untuk memasangkan gaun Marilyn Monroe ini pada tubuh Kim Kardashian. Memiliki proporsi tubuh yang berbeda, nggak kaget bahwa gaun Marilyn Monroe tidak cukup dikenakan oleh Kim Kardashian. Bahkan, Kim Kardashian terpaksa tidak mengancing penuh gaun tersebut dan harus menutup bokongnya dengan white fur shawl di atas karpet merah. Kim Kardashian juga menyatakan dirinya hanya mengenakan gaun tersebut selama beberapa menit saat di atas karpet merah dan mengganti dengan gaun replika pada sepanjang acara.

Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroeyahoo.com

Pernyataan Ripley’s Believe It or Not! dan Kim Kardashian tersebut bukannya mereda kontroversi, namun semakin menuai perdebatan di medsos. Penggemar mode mengkritik Ripley’s Believe It or Not! yang memberikan akses kepada Kim Kardashian untuk mengenakan gaun bersejarah Marilyn Monroe. Bahkan, desainer Bob Mackie yang menggambar sketsa asli gaun Marilyn Monroe menolak ide tersebut, "I thought it was a big mistake. Marilyn was a goddess. Nobody photographs like that. And it was done for her. It was designed for her. Nobody else should be seen in that dress." 

Perdebatan ini masih hangat diperbincangkan hingga saat ini, dan sepertinya akan menjadi salah satu momen paling viral yang terjadi di tahun 2022. Bagaimana pendapat kalian, Bela?

Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroeripleys.com
Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroeusmagazine.com
Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroejustjared.com
Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroetheguardian.com
Pihak Museum Bantah Kim Kardashian Rusak Gaun Marilyn Monroetelegraph.co.uk

Baca Juga: Kim Kardashian 'Merusak' Gaun Marilyn Monroe Setelah Pakai ke Met Gala

Baca Juga: Deretan Gaya Aktris Hollywood yang Berperan Sebagai Marilyn Monroe

Baca Juga: 8 Gaya Kim Kardashian yang Terinspirasi dari Tokoh Ikonik Hollywood