Produce 101 dan Produce 48 merupakan dua survival show terkenal di Korea Selatan yang banyak diikuti oleh para penggemar K-pop. Acara ini merupakan ajang kompetisi yang mempertemukan trainee dari berbagai agensi ternama untuk memenangkan posisi teratas demi kesempatan debut sebagai seorang idol. Para trainee yang terdaftar dalam acara ini melewati beragam bentuk pelatihan ketat seperti menyanyi dan menari. Kemampuan mereka juga dinilai oleh para juri serta melalui proses voting dari penonton.

Selama berjalannya acara, Produce 101 dan Produce 48 telah menghasilkan wajah-wajah baru pada dunia K-pop yang kelak menjadi idol populer hingga saat ini. Dijamin sukses, beberapa idola jebolan acara ini bahkan berhasil debut sebagai anggota girl group agensi besar hingga menjadi solois terkenal. Setelah memilih jalannya masing-masing, para idola ini terlihat memiliki transformasi gaya yang berbeda drastis dengan masa trainee mereka. Penasaran? Yuk intip perbedaannya!

1. Jeon Somi memenangkan posisi pertama dari acara Produce 101 di tahun 2016. Berkat acara ini, Jeon Somi bersama 10 trainee lainnya berhasil debut pada girl group I.O.I. Setelah lulus dari I.O.I, Jeon Somi debut sebagai solois pada anak perusahaan YG Entertainment, The Black Label. Sebagai solois, Jeon Somi mengubah citra dirinya yang manis menjadi lebih trendi dan edgy. Dirinya juga menjadi model untuk banyak high-end fashion brand seperti Louis Vuitton dan Prada.

Gaya Dulu vs Kini Idol Korea Jebolan Survival Show Terkenalkpopping.com/instagram.com/somsomi0309

2. Chungha merupakan trainee Produce 101 yang juga berhasil debut dalam girl group I.O.I. Kini, Chungha bersinar sebagai seorang solois di bawah agensi MNH Entertainment. Saat tampil di panggung, Chungha tunjukkan aura fierce mengenakan pakaian bergaya gothic dan seksi yang buat dirinya jadi pusat perhatian.

Gaya Dulu vs Kini Idol Korea Jebolan Survival Show Terkenalkpopping.com/pinterest.com

3. Idol lain jebolan Produce 101 yang nggak bisa dilewatkan adalah Kim Se Jeong. Kini terjun ke dunia akting, Kim Se Jeong banyak dipuji berkat gayanya yang terlihat makin mewah dan elegan.

Gaya Dulu vs Kini Idol Korea Jebolan Survival Show Terkenalkpopping.com/instagram.com/clean_0828

4. Setelah kesuksesan Produce 101, pada tahun 2018 acara Produce 48 dirilis dengan membawa beberapa trainee asal Jepang. Salah satunya adalah Miyawaki Sakura, mantan anggota HKT48 yang berhasil memenangkan posisi kedua. Saat ini, Miyawaki Sakura telah bergabung dalam girl group terbaru HYBE Labels, LE SSERAFIM. Sang idola lakukan transformasi drastis dari gaya manis a La gadis Jepang menjadi cool-city girl yang trendi dan seksi.

Gaya Dulu vs Kini Idol Korea Jebolan Survival Show Terkenalkpopchart.net/twitter.com

5. Para trainee yang lolos dari Produce 48 bergabung pada girl group IZ*ONE. Mantan anggota IZ*ONE Ahn Yu Jin kini bergabung dalam girl group IVE yang baru saja debut tahun kemarin. Ahn Yu Jin kini lebih percaya diri dengan gayanya yang modis dan kece di atas panggung.

Gaya Dulu vs Kini Idol Korea Jebolan Survival Show Terkenalkpop.fandom.com/instagram.com/_yujin_an

6. Posisi pertama Produce 48 dimenangkan oleh Jang Won Young. Bersama dengan Ahn Yu Jin, Jang Won Young bergabung pada girl group IVE sejak tahun lalu. Saat ini Jang Won Young disebut sebagai "IT" girl di Korea Selatan, gaya berpakaiannya banyak ditiru oleh para penggemar di kalangan Gen-Z. Jang Won Young juga menjadi ambassador dari Miu Miu.

Gaya Dulu vs Kini Idol Korea Jebolan Survival Show Terkenalkpopping.com/instagram.com/for_everyoung10

Baca Juga: Masih Belia, Ini Potret Manis dan Kece K-Idol Kelahiran Tahun 2000-an

Baca Juga: Begini Gaya Modis K-Idol Pakai Seragam Sekolah di Variety Show!

Baca Juga: 7 Kolaborasi Idol Korea dengan Merek Ternama Dunia, Mewah Semua!