Met Gala, atau sebelumnya dikenal dengan Costume Institute Gala merupakan ajang penggalangan dana tahunan untuk  Metropolitan Museum of Art's Costume Institute di New York. Met Gala terkenal sebagai ajang bergengsi yang hanya dihadiri beberapa publik figur terpilih. Met Gala juga identik dengan tema kostum yang unik tiap tahunnya. Para tamu undangan diharapkan untuk bergaya sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Selama sejarah Met Gala, beberapa selebriti yang tampil totalitas dan sesuai tema berhasil dianugerahi dengan gelar “Best Dressed”. Busana para seleb peraih gelar ini menjadi ikonik dan masih dikenang oleh para pecinta mode hingga saat ini.

1. The House of Chanel (2005)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masaharpersbazaar.com

Ajang Met Gala tahun 2005 diselenggarakan untuk mengapresiasi  kreasi busana wanita yang elegan dan feminim dari rumah mode asal Perancis Chanel. Pada ajang ini, peraih “Best Dressed” diberikan kepada supermodel Karolína Kurková yang tampil anggun dan memesona mengenakan one-shoulder gown rancangan Viktor & Rolf dengan hiasan embroidery bertuliskan “I Love You”.

2. American Woman: Fashioning a National Identity (2010)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masavogue.com

Tema Met Gala di tahun 2010 bertujuan untuk mengeksplorasi perubahan dan perkembangan citra wanita modern di Amerika Serikat dari tahun 1890 hingga 1940-an. Emma Watson, aktris asal Inggris hadir di karpet merah mengenakan one-shoulder gown rancangan Burberry. Gaun putih yang dikenakan sang aktris ini membuatnya tampil feminin, sedangkan desain slit di bagian paha memberikan nuansa seksi dan berani namun tetap anggun.

3. Alexander McQueen: Savage Beauty (2011)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masapopsugar.com

Kali ini, Met Gala merayakan kreasi busana dari desainer asal Inggris Alexander McQueen. Desainer Alexander McQueen identik akan rancangan adibusana dan extravagant-nya yang selalu pukau para pecinta mode. Pada ajang ini, sorotan mata tertuju pada Beyoncé yang bergaya seksi mengenakan black mermaid gown rancangan Emilio Pucci. Hiasan gold embroidery details dan desain high neckline pada gaun ini membuat sang diva terlihat makin mewah.

4. Charles James: Beyond Fashion (2014)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masamyfacehunter.com

Desainer Charles Wilson Brega James terkenal akan kreasi gaun wanita yang anggun dan memiliki silhouette tegas. Pada Met Gala 2014, bintang Hollywood ikonik Dita von Teese berhasil mencerminkan kreasi busana Charles James mengenakan mermaid gown hasil rancangan Zac Posen. Gaun dengan desain fitted bodice ini memiliki silhouette yang khas dengan gaun-gaun mewah Charles James di tahun 40-an.

5. China: Through the Looking Glass (2015)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masapinterest.com

Met Gala 2015 diselenggarakan untuk mengapresiasi pengaruh dari budaya China pada dunia mode Amerika Serikat selama ini. Para selebriti ramai mengenakan busana dengan ornamen serta motif yang melambangkan berbagai budaya khas China. Gelar “Best Dressed” diberikan pada Fan Bingbing, aktris kebanggan China yang mengenakan strapless gold gown mewah bersama green cape yang dihiasi dengan motif khas negara asalnya tersebut.

6. Manus x Machina: Fashion in an Age of Technology (2016)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masapeople.com

Tema Met Gala 2016 membuktikan adanya kolaborasi antara Manus (tangan) dan Machina (mesin) dalam menghasilkan suatu busana. Pada ajang ini, aktris Nicole Kidman berhasil tuai pujian akan paras menawannya mengenakan gaun bertema langit malam dengan hiasan crystal embroidery rancangan Alexander McQueen.

7. Rei Kawakubo/Comme des Garçons: Art of the In-Between (2017)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masaharpersbazaar.com

Rihanna tampil memukau mengenakan busana unik dari Rei Kawakubo pada pameran rumah mdoenya Commes des Garçons di Met Gala 2017. Busana unik dengan motif bunga yang Rihannya kenakan ini membuktikan gaya khas serta kreativitas Rei Kawakubo sebagai seorang desainer ternama.

8. Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination (2018)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masapopsugar.com

Walau sempat tuai kritik dengan temanya, Met Gala tahun 2018 tetap berjalan dengan sukses dan meriah. Diselenggarakan untuk mengapresiasi visual religius pada dunia fashion, penampilan para selebriti di Met Gala tahun ini dianggap sebagai yang terbaik dan paling ikonik sepanjang masa. Meski begitu, Blake Lively menjadi sorotan utama mengenakan gaun Versace yang dihiasi dengan batu rubi dan gold embroidery. Penampilan sang aktris juga ditingkatkan dengan gold headpiece yang membuatnya tampak seperti putri sejati.

9. Camp: Notes on Fashion (2019)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masavmagazine.com

Tema “Camp” di Met Gala 2019 memberikan kesempatan para selebriti undangan untuk mengenakan busana heboh dan meriah sesuai dengan kreativitas masing-masing. Terinspirasi oleh Cinderella, Zendaya tampil serba ekstra dan totalitas mengenakan gaun rancangan Tommy Hilfiger yang bisa bersinar. Tidak hanya itu, penampilan Zendaya juga dilengkapi dengan sang peri serta tas pumpkin carriage.

10. In America: A Lexicon of Fashion (2021)

Deretan Busana Terbaik Para Seleb di Ajang Met Gala Sepanjang Masalifestyleasia.com

Penundaan Met Gala sebelumnya membuat ajang ini makin dinanti oleh para penggemar dan pecinta mode di tahun 2021. Ajang tahun ini menyambut kehadiran para tamu setia serta wajah-wajah baru di industri hiburan yang tampil mengenakan busana cerminan budaya Amerika Serikat. Tak lupakan tema, supermodel Kendall Jenner kenakan gaun see-through penuh kristal rancangan Givenchy yang terinspirasi oleh gaya aktris Audrey Hepburn di film ikonik “My Fair Lady”.

Baca Juga: Gaya Seksi Keluarga Kardashian di Met Gala dari Masa ke Masa

Baca Juga: 16 Gaya Seleb yang 'Debut' Hadiri Met Gala, Rosé hingga Billie Eilish

Baca Juga: 11 Pesona Artis yang Paling Spektakuler di Met Gala 2021