Model baju memang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Tak jarang, baju-baju yang dimiliki sudah tidak up to date lagi.

Kalau sudah begitu, kamu pun terkadang ingin memiliki baju yang lebih trendi dan fashionable

Salah satu pakaian yang perlu dibuat lebih up to date adalah baju pesta. Pasalnya, baju yang akan kamu kenakan untuk datang ke pesta sudah pasti menjadi sorotan.

Kamu tentu tidak ingin membuat penampilanmu gagal saat berada di sana. Oleh karena itu, pastikan kamu memperhatikan penampilanmu sebelum pergi ke pesta. 

Untuk membuat penampilanmu lebih trendi dan fashionable, berikut Popbela.com sajikan model baju pesta 2022 yang bisa kamu jadikan inspirasi. 

1. Model One Shoulder Dress Bahan Organza

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Model baju pesta 2022 yang kini banyak dipilih adalah one shouler dress. Model ini akan membuat penampilanmu semakin menawan dengan potongan unik yang menonjolkan salah satu bahu. 

Baju pesta model ini akan membuatmu tampil fashionable dan eksotis, apalagi dengan pemilihan bahan yang cocok.

Bahan yang bisa kamu pilih untuk membuat one shoulder dress adalah bahan organza. Bahan yang menyerupai kaca yang kaku itu akan membuat penampilanmu semakin mewah dan berkelas.

Jangan lupa beri detail yang unik seperti pita di pinggang. Untuk melengkapinya, kenakan high heels, ya!

2. Model Apron Dress Kombinasi Tille

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Selanjutnya, model apron dress ini diperuntukkan bagi kamu yang berhijab. Apron dress dirancang menyerupai celemek yang terbuat dari bahan organza motif dedaunan. 

Untuk perpaduannya, buat inner dress dengan lapisan tille yang membuat bajumu bervolume. Kamu bisa membuatnya semakin cantik dengan aksen ruffle di pundak dan pergelangan tangan. 

Warna yang cocok untuk model baju pesta 2022 ini adalah warna-warna yang kalem, seperti biru atau putih. 

3. Satin Dress dengan Lengan Ruffle

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Datang ke pesta tidak harus dengan pakaian yang berbahan brokat saja. Model baju pesta 2022 ini kebanyakan didominasi dengan pakaian yang simpel, seperti satin dress.

Pasalnya, bahan satin membuat look tampak mewah meskipun sederhana. 

Model yang bisa kamu aplikasikan untuk kain berbahan satin adalah model kaftan. Namun, untuk membuatnya lebih stylish, kamu bisa menambahkan detail lengan ruffle dan pita di pinggang. 

Satin dress ini akan semakin menawan jika kamu berikan detail payet di lehernya. Sesudah itu, kenakan dengan open heels warna senada untuk membuat penampilanmu lebih elegan. 

4. Tille Dress Kombinasi Payet

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Tille merupakan jenis kain yang tampak seperti jaring-jaring berlubang sehingga membuatnya kerap dijadikan bahan untuk baju pesta. Di tahun 2022 ini, penampilan dengan tille dress masih digemari banyak orang. 

Namun, memakai baju pesta berbahan tille saja tidak cukup. Untuk membuatnya lebih mewah dan trendi, kamu bisa menghiasnya dengan hiasan full payet seperti di atas. 

Model baju yang bisa kamu pilih untuk kombinasi bahan tille adalah fit and flare.

Di bagian atas, buat model menyesuaikan bentuk tubuhmu. Sementara itu, buat bagian pinggang ke bawah melebar dan berbentuk ruffle.

5. Satin Dress dengan Outer Brokat

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Perpaduan antara satin dan brokat memang tidak pernah mengecewakan. Kali ini, kamu bisa membuatnya seperti model baju pesta 2022 dengan potongan yang unik. 

Pertama, buat inner dress kamu sedikit span sehingga membuat tubuhmu tampak lebih jenjang. Kamu bisa melengkapi detail lengannya dengan detail manik-manik di pergelangan tangan. 

Kedua, buat outer brokat tanpa lengan yang dibentuk seperti apron. Lalu, buat potongan asimetris panjang dan pendek di bagian depan untuk membuat kesan trendi.

Kalau sudah, padukan dengan flatshoes warna putih dan tas warna hitam agar terlihat elegan. 

6. Organza Dress Pendek Berlayer

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Dress atau baju pesta bukan hanya bisa dibuat dengan model panjang saja. Kamu bisa membuatnya pendek tetapi tetap sopan dengan panjang di bawah lutut. 

Bahan yang bisa kamu pilih untuk membuat dress pendek adalah bahan organza. Pasalnya, bahan ini memiliki karakter yang sedikit kaku sehingga tidak menampakkan lekuk tubuh. 

Model yang kini sedang banyak dipilih untuk berbagai baju pesta adalah model layer.

Model ini menggunakan teknik menumpuk kain sehingga tampak lebih bervolume. Lalu, lengkapi dengan lengan 3/4 supaya organza dress kamu tetap nyaman dikenakan. 

7. Brokat Dress Kombinasi Tille

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Model baju pesta 2022 selanjutnya ini merupakan kombinasi antara kain satin, brokat, dan tille.

Kain berbahan satin dipakai sebagai inner dress. Lalu, kain brokat dan tille digunakan sebagai kombinasi di bagian depan saja. 

Detail brokat dress kombinasi tille ini berada pada lengan dan dada. Buat lengan dengan model balon yang lebar. Lalu, hiasi pergelangan tangan dengan payet-payet kecil.

Sementara itu, hias juga bagian samping dada dengan payet yang sama agar semakin mewah. Perpaduan antara berbagai bahan pakaian itu akan membuat kamu tampak begitu anggun.

8. Dress Asimetris Bahan Brokat

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Biasanya, baju pesta didominasi dengan model A-line dress, mermaid dress, dan semacamnya. Namun, model baju pesta 2022 ini sedikit berbeda, yakni model dress asimetris. 

Model asimetris merupakan jenis dress yang memiliki potongan tidak sama. Ada bagian-bagian tertentu yang panjang, ada pula bagian yang pendek. 

Untuk membuat model asimetris menjadi baju pesta yang cantik, kamu bisa menggunakan bahan brokat dan lace. Bahan brokat tersebut dipakai untuk melapisi keseluruhan baju, sementara bahan lace digunakan untuk mempercantik ujung dress. 

9. Mermaid Dress Kombinasi Brokat

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Model baju pesta 2022 yang sangat kekinian dan modern adalah mermeid dress. Seperti namanya, mermaid dress berbentuk seperti putri duyung yang ketat sampai lutut dan melebar ke bawah. 

Kamu juga bisa mengombinasikan mermaid dress ini dengan bahan brokat agar tidak terlalu polos. Kamu pun bisa mengombinasikan bagian atas dress ini dengan outer sewarna agar tampak lebih anggun. 

10. Dress Brokat Pendek Kombinasi Tille

10 Model Baju Pesta 2022 untuk Tampil Trendi dan Fashionablepinterest.com

Terakhir, model baju pesta 2022 lagi-lagi menggunakan perpaduan antara bahan satin, brokat, dan tille. Perpaduan ketiga bahan ini memang sangat cocok untuk dikenakan di acara pesta. 

Jika sebelumnya ditujukan untuk kamu yang memakai hijab, kini kamu bisa membuatnya menjadi dress pendek.

Untuk detailnya, buat bahan brokat melapisi dress-mu sampai ke paha. Lalu, kombinasikan lapisan bawahnya dengan kain tille

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan detail kerah V dan pita di pinggang supaya terkesan stylish dan kekinian. 

Itulah 10 model baju pesta 2022 yang bisa kamu jadikan inspirasi. Model dan bahan di atas bisa kamu sesuaikan dengan selera dan keinginan kamu masing-masing.

Kamu pun akan tampil trendi dan fashionable di acara pesta yang akan datang. Semoga bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: 8 Model Baju Pesta Simpel Elegan yang Nyaman Dikenakan

Baca Juga: 10 Dress Brokat Pendek Elegan, Inspirasi Outfit ke Pesta

Baca Juga: 10 OOTD Sweater Hijab untuk Tampil Stylish dan Trendi