Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II secara kenegaraan yang diselenggarakan pada hari Senin lalu merupakan penghormatan terakhir kepada mendiang sang pemimpin negara Inggris setelah 70 tahun masa pemerintahannya. Para pelayat, baik dari anggota keluarga kerajaan hingga rekan politik, semua yang hadir di Westminster Abbey wajib mematuhi protokol berpakaian yang sudah ditentukan.

Diantaranya, bagi perempuan harus menggunakan to-the-knee dresses atau coats, black hats dan veil (opsional). Sedangkan bagi pelayat laki-laki, diwajibkan mengenakan morning suit formal dan seragam militer khusus. Turut memberikan penghormatan terakhir, intip gaya anggota keluarga kerajaan Inggris saat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II.

1. King Charles menggunakan Royal Navy uniform yang dihiasi beberapa medali ketika menghadiri pemakaman sang Ibu. Pakaian ini biasa ia kenakan ketika menjadi tamu di acara resmi keluarga kerajaan Inggris.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IItheguardian.com

2. Queen Consort Camilla mengenakan black coat dress dengan fascinator hat beraksen floral dan netted veil. Curi perhatian, Queen Consort Camilla menghormati Ratu Elizabeth II dengan menggunakan aksesori pemberiannya, yaitu bros Hesse Diamond Jubilee Ratu Victoria.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IIpagesix.com

3. Putri Anne diketahui menggunakan pakaian yang sama saat hadir di pemakaman Putri Diana pada tahun 1997 silam. Anak perempuan satu-satunya Ratu Elizabeth II ini mengombinasikan sleek black jacket berdetail pearlescent pin dan pencil skirt dengan stockings.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IIexpress.co.uk

4. Kate Middleton menggunakan coat dress dari Alexander McQueen yang dikombinasikan bersama black suede pumps Gianvito Rossi, black hat with veil Philip Treacy, Bahrain pearl drop earrings dan four-strand pearl choker necklace hadiah pernikahan dari Ratu Elizabeth II.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IIelle.com

5. Pangeran William mengenakan Royal Air Force uniform untuk menghormati mendiang Ratu Elizabeth II. Punya warna senada seperti pakaian sang ayah, Pangeran George yang berusia 9 tahun terlihat gagah dengan navy blue suit dan black tie.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IIcheatsheet.com

6. Tanpa aksesori yang statement, Meghan Markle mengenakan black caped dress rancangan Stella McCartney yang dipadu-padakan bersama gloves, stocking, black pumps, dan topi warna senada.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IIpopsugar.com

7. Pangeran Harry baru saja merayakan ulang tahun ke-38 tepat satu minggu setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 15 September lalu. Terlihat begitu berduka, Pangeran Harry hadir dalam balutan morning suit dengan hiasan military medals.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IInypost.com

8. Putri Charlotte yang menangis di acara pemakaman terlihat menggunakan pleated coat dress, black hat, stockings, dan leather flat shoes berwarna senada. Putri Charlotte juga mengenakan diamond horseshoe brooch sebagai bentuk penghormatan terakhir untuk nenek buyutnya

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IIpopsugar.com

9. Cucu mendiang Ratu Elizabeth II lainnya yang menghadiri acara pemakaman pada tanggal 19 September ialah Putri Eugenie. Sang Putri mengenakan black V-line matching set yang dikombinasikan bersama sheer stockings, pointed toe, gloves, clutch, dan fascinators beraksen pita.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IIeonline.com

10. Golden button-up matching set jadi pilihan Putri Beatrice saat datang untuk memberikan penghormatan terakhir pada Ratu Elizabeth II. Sama seperti keluarga yang lain, Putri Beatrice tetap menggunakan aksesori utama yaitu black hat with veil, gloves serta handbag.

Gaya Anggota Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth IIhollywoodlife.com

Baca Juga: Gaya Terakhir Ratu Elizabeth di Depan Publik Sebelum Meninggal Dunia

Baca Juga: 11 Potret Pemakaman Ratu Elizabeth II

Baca Juga: Favorit Ratu Elizabeth II, 6 Fakta Menarik Queen Mary’s Fringe Tiara