Kabar duka datang dari dunia mode, desainer legendaris asal Jepang, San Issey Miyake dikabarkan meninggal dunia di usia 84 tahun pada Jumat (5/8) waktu setempat karena menderita kanker hati. Issey Miyake merupakan perancang busana yang karyanya bukan lagi terkenal di Jepang, tetapi sudah mendunia.  

Setelah lulus dari Tama Art University dan terbang ke Prancis untuk mempelajari teknik dan desain haute couture tradisional, Issey Miyake mendirikan Miyake Design Office di Tokyo pada tahun 1970. Tiga tahun kemudian, Issey Miyake membuat debut fashion show di Paris Fashion Week. Punya teknik mendesain pakaian yang unik, intip deretan karya-karya ikonik milik Issey Miyake di bawah ini untuk mengenang sang desainer.

1. Short jumpsuit tattoo collection dirancang Issey Miyake karena terinspirasi dari tato tradisional Jepang yang dibuat untuk menghormati kematian seseorang. Koleksi ini dipamerkan di New York tahun 1971 silam, Issey Miyake mendesain short jumpsuit tersebut dengan wajah Jimi Hendrix dan Janis Joplin untuk mengenang kematian kedua musisi tersebut.

Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunianippon.com

2. Plastic Body top merupakan karya pertama dalam koleksi Issey Miyake's Body Series untuk musim Autumn/Winter tahun 1980. Punya desain yang futuristik, Plastic Body top sempat dikenakan oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Jody Watley.

Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Duniajapantimes.com

3. Dari koleksi Autumn/Winter 1984, Waterfall Body jadi salah satu dress ikonik yang didesain Issey Miyake menyerupai air mengalir di dalam kain. Jika dilihat sekilas, dress ini tunjukan ilusi baju basah yang belum kering.

Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Duniametropolismag.com

4. Issey Miyake pernah digandeng oleh tim negara Lituania untuk mendesain seragam resmi yang terdiri dari jaket bertudung dengan aksen pleated, t-shirt dan silver pants. Masa itu, tim Lituania mengenakan rancangan dari Issey Miyake untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Barcelona tahun 1992.

Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Duniaeu.oneblockdown.it

5. Pleated jadi ciri khas setiap rancangan dari Issey Miyake paling ikonik sepanjang masa. Mulai dikenal secara luas ketika rancangan Pleats Please ditampilkan di fashion show Issey Miyake fashion show Spring/Summer 1994.

Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Duniascmp.com

6. Issey Miyake pernah memamerkan dress Minaret yang didesain dengan aksen layer di bagian bawah. Deretan koleksi dress Minaret ini ditampilkan di Issey Miyake fashion show Spring/Summer 1995.

Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Duniavogue.com

7. Jaket bomber dengan ilustrasi pop art yang masuk dalam koleksi Issey Miyake's APOC (A Piece Of Cloth) jadi bukti kolaborasi sukes antara sang desainer dengan ilustrator Tadanori Yokoo di awal tahun 2021.

Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Duniahypebeast.com

8. Bertepatan pada momen Paris Fashion Week Spring/Summer 2020, Issey Miyake menggelar fashion show yang unik. Gaun melayang dan bouncy saat digunakan para model viral di media sosial hingga menjadi salah satu show ikonik Issey Miyake.

Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Duniahypebeast.com

Baca Juga: Desainer Jepang Kenzo Takada Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun

Baca Juga: Perancang Busana Hubert De Givenchy Tutup Usia

Baca Juga: Deretan Gaya Putri Mako Sebelum Melepas Status Bangsawan Jepang