Balenciaga adalah luxury brand yang selalu memiliki segudang ide kreatif dalam menciptakan deretan item fashion unik sehingga sukses curi perhatian warganet di sosial media. Mulai dari tas kantong sampah sampai anting tali sepatu, semua item yang Balenciaga rilis di pasaran pasti akan mendapat berbagai macam respon dan mengundang kontroversi. Selain itu, ketika mengkonsepkan sebuah iklan kampanye, ide-ide out of the box Demna Gvasalia selaku creative director Balenciaga beserta tim juga nggak kalah menarik untuk disaksikan sebelum memulai acara fashion show di pekan mode.

1. Bagi sebagian selebriti Hollywood, kehadiran paparazzi ketika mereka sedang menghabiskan waktu bersama keluarga atau pacar sering kali terasa mengganggu. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Balenciaga untuk diterapkan sebagai konsep kampanye iklan Spring/Summer 2018 womenswear edition. Selain kampanye iklannya unik, street style yang ditampilkan para model juga nggak kalah modis dengan padu-padan outfit striped dan plaid pattern serta high heels beraksen spiked yang mendominasi.

Deretan Kampanye Iklan Balenciaga Paling Unik yang Curi Perhatian vogue.com

2. Masih untuk musim Spring/Summer 2018, bedanya kali ini, Balenciaga merilis kampanye iklan edisi menswear collection bernuansa vintage tahun 80-an. Para model yang mengenakan koleksi pakaian serba baggy diarahkan untuk berpose seperti sedang melakukan foto studio tanpa menunjukan banyak ekspresi di wajah mereka. Totalitas abis, Balenciaga bahkan mengedit foto-foto kampanye dengan tone warna cloudy sepia yang dilengkapi purple-hued backdrops.

Deretan Kampanye Iklan Balenciaga Paling Unik yang Curi Perhatian hypebeast.com

3. Berbeda dari biasanya, pada kampanye Fall/Winter 2019, Balenciaga lebih memilih menunjukan sisi romansa kota Paris dengan menampilkan deretan model yang merupakan sepasang kekasih di dunia nyata. Memperlihatkan street style kasual hingga chic, Balenciaga sampai bekerja sama dengan wedding photographer terkenal Greg Finck demi menciptakan suasana romantis yang sesungguhnya.

Deretan Kampanye Iklan Balenciaga Paling Unik yang Curi Perhatian hypebeast.com

4. Pada kampanye Spring/Summer 2020, Balenciaga menampilkan konsep a la politisi yang sedang berkampanye untuk kebutuhan pemilihan umum (Pemilu). Lengkap dengan background foto berwarna biru, Balenciaga menggandeng deretan model berbagai usia dalam balutan oversized puffer jacket, colorful printed dress, classic matching suit, serta beberapa aksesori lainnya yang akan dibawakan ke atas runway.

Deretan Kampanye Iklan Balenciaga Paling Unik yang Curi Perhatian hypebeast.com

5. Kemewahan gaya selebriti di karpet merah ditampilkan kembali oleh Balenciaga melalui dunia metaverse untuk kampanye Spring/Summer 2022. Bekerja sama dengan digital artist Claudia Maté, Balenciaga berhasil menggabungkan unsur futuristik dan retro lewat ready-to-wear pieces seperti oversized blazer with shoulder pads, sleeveless printed kaftan, serta over knee pointed boots.

Deretan Kampanye Iklan Balenciaga Paling Unik yang Curi Perhatian hypebeast.com

6. Balenciaga merupakan salah satu luxury brand yang selalu aktif menyuarakan climate change. Pada kampanye untuk Winter 2022, Balenciaga menggandeng Kim Kardashian dan Alexa Demie beserta bintang lainnya untuk berpose di outdoor seolah mereka adalah representasi dari warga dunia yang sedang merasakan dampak dari perubahan iklim yang begitu ekstrim.

Deretan Kampanye Iklan Balenciaga Paling Unik yang Curi Perhatian hypebeast.com

Baca Juga: Intip Campaign Terbaru Balenciaga x adidas, Pakai Sportswear di Kantor

Baca Juga: 5 Hal Menarik di Fashion Show Balenciaga Spring/Summer 2023

Baca Juga: Aksi Para Artis yang Berjalan di Runway Balenciaga Haute Couture 2023