Marie Antoinette merupakan ratu terakhir Prancis sebelum revolusi yang dikenal akan gaya berpakaiannya yang fashionable untuk jaman itu. Usut punya usut, saking cintanya dengan dunia mode, Marie Antoinette sampai menunjuk seorang dressmaker bernama Rose Bertin untuk menjadi penata busana pribadinya selama ia tinggal di istana. 

Maka nggak heran, gaya modis Marie Antoinette masih abadi sampai saat ini meski ia sudah meninggal ratusan tahun silam. Lewat potret lukisannya dalam balutan berbagai macam model ball gown, banyak fashion desainer dari luxury brand yang menjadikan Marie Antoinette sebagai inspirasi dalam merancang koleksi terbaru untuk musim-musim mendatang. 

1. Tetap mempertahankan signature design-nya yang nyentrik, Vivienne Westwood memamerkan beberapa ball gown yang terinspirasi dari gaya Marie Antoinette sebelum menutup fashion show untuk koleksi ready-to-wear Fall 1995. Dibawakan oleh Naomi Campbell, sang supermodel melakukan closing catwalk dalam balutan square shape gown with double-bow tanpa statement detail lainnya.

7 Fashion Show yang Koleksinya Terinspirasi Gaya Marie Antoinettevogue.com

2. Lengkap dengan wig dan feathers headwear, Dior Haute Couture untuk musim Fall/Winter 2000 memperlihatkan salah satu gaun koleksinya yang mempunyai siluet square shape pada bagian skirt serta menerapkan detail floral pattern dan embellished bust.

7 Fashion Show yang Koleksinya Terinspirasi Gaya Marie Antoinettevogue.com

3. Pilih color palette yang didominasi warna gelap dengan unsur emas, Balmain Haute Couture Fall 2002 menutup fashion show mereka lewat floral pattern gown bernuansa beige white. Beri detail lace ruffle di bagian front bust dan sleeves, gaun ini dilengkapi aksesori fur cossack hat khas negara Rusia sehingga membuat desainnya semakin terlihat unik.

7 Fashion Show yang Koleksinya Terinspirasi Gaya Marie Antoinettevogue.com

4. Tanpa menghilangkan ciri khas-nya dalam penggunaan bahan tweed, Karl Lagerfeld menghadirkan deretan koleksi yang terinspirasi dari kemewahan gaya sosialita pada masa keemasan terakhir kerajaan Prancis di presentasi Chanel Resort 2013. Didesain dalam bentuk two-piece bernuansa biru, tweed set dan beberapa pakaian lainnya ini mempunyai detail ruffle seperti yang sering terlihat pada gaun mewah Marie Antoinette.

7 Fashion Show yang Koleksinya Terinspirasi Gaya Marie Antoinettevogue.com

5. Padu-padankan material lace dan aksen mini bow untuk koleksi ready-to-wear Fall/Winter 2018, Simone Rocha berhasil jadi perbincangan setelah memperlihatkan konsep layered outfit pada beberapa rancangannya. Hal tersebut, dibuktikan lewat lace midi gown yang dikombinasikan bersama black trouser hingga matching suit sehingga koleksi ini seolah memberikan kesan feminin sekaligus chic.

7 Fashion Show yang Koleksinya Terinspirasi Gaya Marie Antoinettevogue.com

6. Meski siluet dari gaun-gaun yang dipamerkan identik dengan fashion dari abad ke-18, Thom Browne untuk koleksi ready-to-wear Spring/Summer 2020 nggak ingin meninggalkan gaya modern lewat kombinasi blouse, blazer, hingga pleated skirt. Selain koleksinya yang didominasi warna-warna soft, hampir seluruh model yang catwalk pada hari itu terlihat menggunakan veil yang dipasang di atas wig mereka.

7 Fashion Show yang Koleksinya Terinspirasi Gaya Marie Antoinette

7. Kali ini, pada Moschino ready-to-wear Fall/Winter 2020 show, Jeremy Scott membawa kemewahan feminin dari Marie Antoinette ke atas runway lewat deretan pannier dress dengan statement pattern bunga hingga anime seperti di bawah ini. Bukan high heels, Jeremy Scott menyempurnakan look dari rancangannya dengan knee-high platform boots.

7 Fashion Show yang Koleksinya Terinspirasi Gaya Marie Antoinettevogue.com

Baca Juga: 7 Fashion Show Moschino Paling Nyentrik Sepanjang Masa

Baca Juga: 7 Hal Menarik dari Koleksi Nyentrik Thom Browne Menswear Spring 2023

Baca Juga: 7 Hal Menarik di Fashion Show Simone Rocha Spring 2023