Pelaksanaan London Fashion Week hampir tertunda akibat kabar duka dari Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada tanggal 8 September lalu. Imbas dari hal tersebut, beberapa luxury brand asal Britania Raya langsung mengatur ulang jadwal pertunjukan mereka demi menghormati anggota keluarga kerajaan setelah kepergian sang Ratu. 

Selama diselenggarakan sejak tanggal 18 hingga 22 September, London Fashion Week sukses curi perhatian penggemar mode di seluruh dunia karena show dari para brand yang memiliki berbagai konsep unik. Mulai dari terinspirasi dari kehidupan bawah laut hingga pengalaman pribadi masa kecil, berikut deretan fashion show terbaik di London Fashion Week 2022. Check this out!

1. David Koma

7 Fashion Show Terbaik Para Desainer di London Fashion Week 2022vogue.com

Bagaimana jika kehidupan bawah laut dan suasana kesibukan kota metropolitan disatukan menjadi sebuah pakaian? David Koma sudah memikirkan hal tersebut secara matang. Faktanya, koleksi terbaru David Koma ini terinspirasi dari seorang ahli biologi kelautan dan oceanographer asal Amerika Serikat bernama Sylvia Earle yang merupakan bagian dari tim penyelam wanita Tektite II dan pernah menghabiskan 14 hari di bawah air pada tahun 1970. 

Maka dari itu, David Koma memperlihatkan total 41 look yang terdiri dari mermaid tail skirt, sheer wave mini dress, fishet yang beralih fungsi jadi outerwear, dan aksesori layered shell necklace. Gaya motorsport juga dieksplor dalam bentuk leather biker jackets berdetail fish hooks, paneled skintight leggings, dan knee-high boots.

2. Daniel Fletcher

7 Fashion Show Terbaik Para Desainer di London Fashion Week 2022vogue.com

Daniel Fletcher membuka pertunjukan koleksi Spring/Summer 2023 dengan seorang model yang berjalan menggunakan black morning suit, di mana hal tersebut dilakukan sebagai tanda penghormatan terakhir kepada mendiang Ratu Elizabeth II. Bertajuk “Stand and Deliver”, koleksi ready to wear Spring/Summer 2023 mempunyai konsep gabungan dari rasa hormat (respect) dan pemberontakan (rebellion). 

“The point of doing a show is, it is a show. For me, I like to tell a story. We start with morning suits and then we go into daytime, strolling through London, and then we get into the dark nights of Soho.” ungkap Daniel Fletcher soal makna di balik 33 look terbaru. Daniel Fletcher memilih palette warna hitam-putih yang mendominasi hasil rancangannya karena ingin membangun kesan dark glam lewat leather matching set hingga halterneck dress.

3. Vivienne Westwood

7 Fashion Show Terbaik Para Desainer di London Fashion Week 2022vogue.com

Bertajuk “Born To Rewild”, koleksi Spring/Summer 2023 Vivienne Westwood mengeksplorasi konsep rewilding yang ditunjukan lewat graphic-print loungewear, floral print outfit, embroidered denim serta striped matching suit. Tetap mempertahankan ciri khas desainnya yang provokatif, Andreas Kronthaler selaku creative director memperlihatkan sentuhan vintage pada koleksi ini dengan merilis tartan pattern outfit yang terinspirasi dari Autumn/Winter 1993 Anglomania Collection Vivienne Westwood.

4. Huishan Zhang

7 Fashion Show Terbaik Para Desainer di London Fashion Week 2022vogue.com

“I wanted to know how the clothes of my homeland would look in the future." demikian pernyataan Huishan Zhang terkait 30 look terbaru yang salah satunya adalah modifikasi dari cheongsam tradisional khas Tiongkok. Terinspirasi dari film fiksi ilmiah yang berjudul 2046 dan Ex Machina, Huishan Zhang memasukan siluet grafis dalam dress berdetail sequin, feathers dan checkered pattern yang mendominasi womenswear Spring/Summer 2023. Beri nuansa ceria di setiap item, Huishan Zhang mendeskripsikan color palette pakaiannya sebagai koleksi yang paling 'menggemparkan'. 

5. KNWLS

7 Fashion Show Terbaik Para Desainer di London Fashion Week 2022vogue.com

Koleksi Spring/Summer 2023 dari KNWLS diberi judul "Glimmer" yang tetap konsisten dengan konsep Y2K style. Mempersembahkan koleksi utama yang terdiri dari low rise mini skirt, pleated item, dress and corset denim, KNLWS juga menampilkan jersey stretch yang didesain dengan gaya apocalyptic tie-dye. Faktanya, apocalypse-chic memang menggambarkan KNLWS Spring/Summer 2023 dalam satu frasa karena pemilihan palette warna cokelat, merah, dusky pinks yang membuat koleksi ini terasa sangat istimewa bagi sang desainer.

6. Richard Quinn

7 Fashion Show Terbaik Para Desainer di London Fashion Week 2022vogue.com

Nuansa gothic layaknya berada di acara pemakaman begitu terasa saat Richard Quinn mengawali fashion show koleksi Spring/Summer 2023. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan Richard Quinn untuk memberi penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II dengan menampilkan 22 lace dress berwarna hitam lengkap dengan veil yang dibuat dalam waktu 10 hari saja.

Selanjutnya, Richard Quinn mempersembahkan deretan mini dress dan jumpsuit dengan berbagai macam bold pattern yang statement. Detail unik seperti feathers dan 3D floral terus diperlihatkan oleh Richard Quinn bersama kombinasi latex pants, knee high boots serta strappy heels. 

7. Dilara Fındıkoğlu

7 Fashion Show Terbaik Para Desainer di London Fashion Week 2022vogue.com

Diselenggarakan di sebuah rumah bergaya Victoria di London barat, koleksi Spring/Summer 2023 Dilara Fındıkoğlu terinspirasi dari perjalanan kebebasan fisik dan spiritual sang desainer saat kembali ke kampung halamannya di Istanbul selama pandemi. Selama 18 bulan di kota kelahirannya, Dilara Fındıkoğlu mengenang kembali memori masa kecil dan remaja yang kemudian ia tuangkan lewat korset upcycled, lace sheer dress, ripped dress hingga naked dress yang mempunyai hiasan rambut manusia asli.

Baca Juga: Kim Da Mi Hadiri Show Fendi di Milan Fashion Week 2022

Baca Juga: Deretan Street Style Terbaik di London Fashion Week 2022

Baca Juga: Deretan Koleksi Terbaik Para Desainer di London Fashion Week 2022