Chanel kembali memeriahkan hari terakhir Paris Fashion Week dengan menampilkan sebanyak total 71 look untuk Spring/Summer 2023. Virginie Viard, selaku kreatif direktur yang menjabat dari tahun 2019 terus mengeksplor gaya desainnya melalui sewing technique, siluet, shape, dan tekstur supaya tetap mempertahankan DNA kemewahan dari label Chanel. 

Diselenggarakan di Grand Palais Éphémère, Prancis, pada musim ini Virginie Viard bereksperimen dengan konsep kebebasan berpakaian para perempuan masa kini. Sebelum memulai pertunjukan, Chanel memutarkan beberapa adegan dari film Last Year in Marienbad (1961) karya Alain Resnais yang dinarasikan oleh Kristen Stewart. Terdapat beberapa hal menarik saat fashion show Chanel Spring/Summer 2023. Selengkapnya simak di bawah ini.

1. Jarang menampilkan statement detail pada rancangannya, permainan elemen ruffle dan feathers yang diimplementasikan lewat halterneck dress hingga blazer membuat koleksi Chanel Spring/Summer 2023 semakin eye catching.

5 Hal Menarik di Fashion Show Chanel Spring/Summer 2023vogue.com

2. Berbicara soal motif, musim ini Chanel mengandalkan polka-dot pattern yang diperlihatkan saat pertengahan fashion show. Meski terkesan jadul, Chanel berhasil membuat polka-dot pattern menjadi lebih up-to-date dengan mengombinasikan motif floral sebagai perwakilan dari perasaan ceria saat menyambut datangnya musim semi.

5 Hal Menarik di Fashion Show Chanel Spring/Summer 2023vogue.com

3. Menurut penuturan Virginie Viard, sheer cape yang beberapa kali terlihat di runway Spring/Summer 2023 Chanel terinspirasi dari salah satu karakter di film Last Year in Marienbad (1961). Item lainnya yang juga dirilis oleh Chanel karena estetika sinema tersebut ialah fishnet knee socks.

5 Hal Menarik di Fashion Show Chanel Spring/Summer 2023vogue.com

4. Inspirasi untuk mendesain koleksi ini bukan hanya datang dari sebuah film saja. Virginie Viard memandang Kristen Stewart sebagai muse karena menganggap personal style sang aktris punya ciri khas tersendiri yang mencerminkan perempuan Chanel. Gaya maskulin a la Kristen Stewart ini ditampilkan melalui wide-leg suits, baggy shorts, dan loose matching set.

5 Hal Menarik di Fashion Show Chanel Spring/Summer 2023vogue.com

5. Menuju penutupan fashion show, Chanel memamerkan deretan gaun bernuansa hitam yang edgy dengan material sheer fabric yang mendominasi. Floral with double C-logo lace gown bersiluet klasik khas era 40-an akhirnya dipilih menjadi look penutup pada Chanel show Spring/Summer 2023.

5 Hal Menarik di Fashion Show Chanel Spring/Summer 2023vogue.com

Baca Juga: Chanel Tampilkan Koleksi Feminin a La Cowboy untuk Haute Couture 2023

Baca Juga: 5 Hal Menarik di Fashion Show Balenciaga Spring/Summer 2023

Baca Juga: Gaya Para Tamu Undangan yang Hadir di Show Givenchy