Virgil Abloh tutup usia. Pendiri street brand Off-White sekaligus Direktur Kreatif untuk pakaian pria di Louis Vuitton dikabarkan sudah dari tahun 2019 didiagnosis penyakit langka kanker jantung sarkoma. Desainer asal Amerika tersebut memutuskan untuk melawan penyakit itu secara privat dan terus berkarya untuk dunia fashion, seni dan budaya.

Virgil Abloh yang meninggal di usia 41 tahun ini meninggalkan istri, Shannon Abloh, dan kedua anaknya, Lowe Abloh dan Grey Abloh.

"Kami sangat sedih untuk mengumumkan meninggalnya Virgil Abloh yang kami cintai, seorang ayah, suami, putra, saudara lelaki, dan teman yang sangat berbakti. Dia meninggalkan istri tercinta Shannon Abloh, anak-anaknya Lowe Abloh dan Gray Abloh, saudara perempuannya Edwina Abloh, orang tuanya Nee dan Eunice Abloh, dan banyak teman dan kolega tersayang." dikutip dari halaman utama web Off-White.

Virgil Abloh, Desainer Off-White & Louis Vuitton Tutup Usiainstagram.com/lvmh

The Disruptor di Dunia Fashion

Terkenal dekat dengan penyanyi rap, Kanye West, Virgil Abloh adalah sosok yang berhasil mendobrak stereotipe dan mengangkat komunitas kulit hitam di mata dunia. Dirinya yang dipercaya menjabat sebagai Direktur Kreatif di Louis Vuitton untuk lini pria menjadi bukti dari mimpi dan aksi yang menginspirasi generasi muda.

Karya perdananya untuk Louis Vuitton sendiri sangat dipuji dan ditutup haru dengan momen dirinya dan Kanye yang berpelukan penuh air mata. Virgil Abloh yang juga dikenal sebagai DJ ini juga sukses dalam mendirikan Off-White atau dahulu yang dikenal sebagai Pyrex Vision di tahun 2012. Gaya street yang sudah mendarah daging menjadi ciri khas yang membuatnya berbeda, tak salah jika BoF menamainya sebagai The Disruptor.

Karyanya yang mudah kita kenali adalah tipografi yang dituangkan ke berbagai fashion item, seperti hoodie, T-shirt dan tentunya sneakers-nya yang laris manis. Kehadiran Virgil Abloh di dunia fashion melahirkan istilah high-street dikalangan pria maupun wanita. Virgil Abloh mengobarak-abrik gaun tulle cantik dengan bahan hoodie yang kasual. Jahitan kualitas Italia yang kokoh hadir berani dengan permainan detail khas industrial yang nyeleneh.

Sisi kreativitasnya juga melahirkan sejumlah tas kulit yang digemari street style star, diantaranya Burrow Bag dengan detail meteor dan Jitney yang bersiluet boxy.

Virgil Abloh, Desainer Off-White & Louis Vuitton Tutup Usiabillboard.com

Banjir Ucapan Duka

Kepergian Virgil Abloh juga meninggalkan duka bagi beberapa selebritas seperti Gigi Hadid, Bella Hadid, Kendall Jenner hingga rekan desainer lainnya. Ucapan duka pun membanjiri sosial media pagi ini.

Dunia mungkin kehilangan sosok Virgil Abloh, tapi semangatnya akan tetap hidup di diri kita sebagai generasi penerusnya. "THANK YOU" Virgil Abloh, rest in power. Virgil Abloh, September 30, 1980 – November 28, 2021.

Baca Juga: Nggak Perlu ke Luar Negeri, Off-White Sekarang Ada di Plaza Indonesia!

Baca Juga: Off-White ‘TRIPPY’: Koleksi Kapsul yang Khusus Ada di Jakarta!

Baca Juga: Super Cool! Ini Edisi Terbatas Sepatu Off-White™ x Nike Air Jordan