Menjadi pengalaman pertama Celine Lukito, Creative Director dari UnitedConcepts, untuk menampilkan koleksinya di Paris Fashion Week Spring/Summer 2020. "Deg-degan tapi excited," ungkapnya saat berada di backstage venue acara yang berlokasi di The Westin Paris - Vendôme. "Kita cuma satu koper aja lho. Karena kebetulan baju-baju aku juga minimalis dan lebih main di aksesori." Memang benar! Mengintip desainer Indonesia lainnya yang heboh dengan deretan koper dan koleksi yang berat, UnitedConcepts terbilang santai. Koleksi yang dibawa UnitedConcepts sendiri adalah seri Dark Glam. Kenapa seri? Karena UnitedConcepts sendiri punya banyak tema yang ditawarkan, The ColorBlock, Mad for Plaids dan Utilitarian Chic.

Anyway, baru pertama kali dengan soal UnitedConcepts? Wajar kalau nama UnitedConcepts masih asing. Celine sendiri memang baru terjun ke dunia fashion. Tanpa latar belakang sekolah fashion, dirinya bergerak karena dasar passion akan fashion. Punya visi untuk merayakan perbedaan yang unik hingga konsep E-commerce yang terasa internasional, kamu harus tahu lebih dalam soal UnitedConcepts. Simak exclusive interview-nya di bawah ini.

1. Bagaimana perasaan kamu setelah selesai debut di Paris Fashion Week?

"Yang jelas setelah show-nya selesai aku sangat happy dan lega juga at the same time ya. 
Bersyukur banget semua bisa berjalan dengan lancar dan semua bisa bekerja sama 
dengan sangat baik. Karena event fashion show ini adalah event UnitedConcepts yang 
pertama kalinya. Ya sempat bingung juga apakah tim kami sudah memberikan 
persiapan yang baik untuk show dan juga apa ekspektasi audience terhadap brand kami 
ini, apa lagi ini di Paris. Jujur saja, untuk mengadakan event pertama kami di Paris ini belum pernah terlintas dalam pikiran saya. Tapi kalau Tuhan yang berencana tidak ada hal yang mustahil ya, jadi aku yakin banget opportunity ini semua adalah berkat dari Tuhan. Kadang kalau aku lihat kembali masa masa lalu, aku si benar-benar kagum dengan betapa luar biasa karyaNya."

2. Lesson apa yang kamu dapatkan setelah pulang dari Paris?

"The demand on fashion trends is incredibly crazy. Orang-orang dari seluruh dunia datang 
ke Paris, untuk berbelanja tren dan gaya terbaru. Apa lagi kalau pas fashion week seperti ini, koleksi-koleksi baru dari banyak brand terkemuka semua launching-nya di Paris, jadi seru banget deh. Fashion adalah satu bentuk seni yang dihargai banyak oleh orang, ini adalah salah satu bentuk seni yang mampu menyatukan orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang."

UnitedConcepts: Visi, Catatan Paris Fashion Week & Arti DiversityDok. UnitedConcepts

3. Apa visi UnitedConcepts?

"Asal usul dari brand ‘UnitedConcepts’ ini datang dari kata united dan concepts, dalam arti kata untuk menyatukan konsep yang berbeda. Fashion adalah seni. Seni mengambil konsep-konsep mode yang saling bertentangan dan kontradiktif dari berbagai budaya dan orang-orang di seluruh dunia dan memadukannya untuk menciptakan perpaduan mode kami yang apik, abadi dan elegan."

UnitedConcepts: Visi, Catatan Paris Fashion Week & Arti DiversityDok. UnitedConcepts

4. Apa yg membedakan brand kamu dari brand lainnya?

"Aku percaya setiap orang memiliki gaya unik yang berbeda. Jadi dengan UnitedConcepts kami berusaha untuk menyediakan pakaian yang sempurna untuk semua orang, agar bisa sesuai dengan kebutuhan gaya busana masing masing orang, agar mereka bisa terlihat lebih cantik, abadi dan elegan dari kantor ke pesta undangan dan bahkan saat liburan. Serta menjadikan UnitedConcepts merek fashion Go-to, dimana mereka dapat menemukan semua kebutuhan mode mereka sekaligus."

5. Bagaimana pandangan kamu soal platform digital (sosmed, e-comm)? Apa plus minus berjualan secara digital?

"Berdasarkan tren saat ini, kebangkitan platform digital telah menjadi salah satu cara 
yang dominan dan sangat disukai oleh berbagai bisnis. Baik itu untuk pemula ataupun 
perusahaan raksasa. Platform digital telah memperbolehkan banyak bisnis untuk 
terhubung dengan banyak konsumen mereka serta mitra bisnis lainnya. Tentu saja penggunaan platform digital akan menjadi masa depan. Tapi masih banyak orang yang memilih untuk berbelanja secara tradisional, apalagi baju. Masih banyak yang lebih suka menyentuh dan merasakan bahan, serta mencoba pakaian, untuk memastikan mereka membuat pilihan pembelian yang tepat. Itulah sebabnya UnitedConcepts memiliki rencana untuk membuka toko offline dalam waktu dekat, agar konsumen dapat menyentuh, mencoba, dan merasakan pembelian mereka."

UnitedConcepts: Visi, Catatan Paris Fashion Week & Arti DiversityDok. UnitedConcepts

6. Dilihat dari koleksi dan pemilihan model yang beragam, apa arti diversity di mata kamu?

"Aku percaya semua orang mempunyai kecantikan tersendiri. Setiap masing-masing orang dari negara dan budaya yang berbeda memiliki tradisi yang unik dan kelebihan tersendirinya dimana kita perlu menghargai semua perbedaan itu. Itulah juga sebabnya di UnitedConcepts kami memiliki banyak pilihan pakaian yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan masing-masing individu."

UnitedConcepts: Visi, Catatan Paris Fashion Week & Arti DiversityDok. UnitedConcepts

7. Oh iya, kamu bukan lulusan sekolah fashion, jelasin sedikit background kamu?

"Iya benar, jadi dulu aku ambil bacherlors-nya jurusan pre-medical. Karena memang awalnya ingin menjurus ke jurusan dokter. Tapi setelah menjalani, sepertinya itu bukanlah passion aku. Jadi setelah lulus, aku memutuskan untuk tidak melanjutkan bidang itu. Setelah lulus sempat bingung mau kerja apa, tapi setelah banyak berdiskusi dengan keluarga dan mereka memberikan support yang penuh ke aku, akhirnya aku memutuskan untuk menjalani apa yang aku suka, yaitu terjun dalam dunia fashion."

8. Tips untuk yang mau terjun ke bisnis fashion?

"Ikuti passion kamu, lakukan apa yang kamu sukai. Sebagai pemula, memang semua itu 
tidak mudah, tetapi memiliki passion itulah yang membuat kamu untuk terus maju dan 
memotivasi kamu untuk melakukan yang lebih baik setiap saat."

UnitedConcepts: Visi, Catatan Paris Fashion Week & Arti DiversityDok. UnitedConcepts

9. Kendala apa yang kamu hadapi di awal saat membangun UnitedConsepts?

"Tidak semua orang percaya pada impian kamu sehingga kamu harus selalu ingat untuk memiliki keyakinan pada diri sendiri. Hidup itu sendiri adalah sebuah perjalanan, sebuah perjalanan dimana kamu harus terus berjuang dan berjalan dalam kondisi apapun. Di setiap perlombaan akan ada rintangan, tetapi ingat apa yang membawa kamu ke dalam perlombaan itu di awalnnya, tujuan itu harus tetap ada dan itu harus membuat kamu terus berjalan. Selama kamu bekerja keras dan tekun, akan ada orang dan peluang di sepanjang jalan yang akan membantu kamu."

UnitedConcepts: Visi, Catatan Paris Fashion Week & Arti DiversityDok. UnitedConcepts

10. 5 tahun dari sekarang, kira-kira kemana arah UnitedConsepts?

"Aku berharap untuk bisa menjadikan UnitedConcepts merek gaya hidup atau mode yang 
dikenal di seluruh dunia. Kami memiliki rencana untuk memperluas toko online kami ke negara lain serta membuka beberapa toko offline. Tetapi kita akan melihat apa yang Tuhan rencanakan untuk kita ya, karena apa yang tidak pernah terlintas dalam benak pikiran kita, itulah yang disediakanNya."

https://www.youtube.com/embed/Ewfv1bGib3Q

Baca Juga: Serunya Persiapan Desainer Indonesia di Paris Fashion Week Spring 2020