Retail pakaian asal Jepang, UNIQLO, kembali dengan gebrakan terbarunya! Bukan merilis sebuah koleksi fashion (baca: belum), namun UNIQLO mengumumkan komitmennya untuk menuju tatanan mode yang berfokus pada gerakan sustainability. Pada presscon yang berlangsung hari ini, secara online dari Jepang, UNIQLO resmi menunjuk Doraemon sebagai Global Sustainability Ambassador UNIQLO.

UNIQLO Menunjuk Doraemon Hijau sebagai Duta Global Sustainabilitydok. UNIQLO

Tokoh Doraemon yang sudah tidak asing bagi kita ini tampil agak berbeda dari karakter manga dan anime-nya yang berwarna biru, versi terbarunya ini disebut “Doraemon Sustainability Mode”. Hadir dengan Logo UNIQLO yang juga berwarna hijau, Doraemon hijau akan membantu menyampaikan berbagai cara dimana UNIQLO mewujudkan pesan keseimbangan ekologinya (sustainability) yaitu mengubah masa depan kita melalui kekuatan pakaian.

"Kami sangat senang bermitra dengan Doraemon," ungkap Koji Yanai, Group Senior Executive Officer Fast Retailing. "Selama dua dekade terakhir, UNIQLO telah melakukan banyak inisiatif terkait keseimbangan ekologi (sustainability) melalui bisnis untuk berkontribusi pada dunia yang lebih baik. Kami percaya bahwa dampak pandemi COVID-19, transformasi sosial, dan juga kesadaran masyarakat yang terus berkembang membuat kolaborasi dengan pelanggan dan stakeholder lainnya menjadi lebih penting dari sebelumnya dalam mendorong perubahan sosial yang positif," tambahnya.

UNIQLO Menunjuk Doraemon Hijau sebagai Duta Global Sustainabilitydok. UNIQLO

Mengomentari kerjasama ini, Doraemon berkata, “Hai, semuanya! Saya Doraemon dan sekarang saya berwarna hijau! Saya akan melakukan yang terbaik sebagai Global Sustainability Ambassador UNIQLO untuk membantu menciptakan masa depan yang jauh lebih cerah! Saya ingin bekerja dengan kalian semua, sehingga kita dapat membuat orang di mana pun menjadi semakin peduli dengan masa depan dunia kita!”

Selain memiliki kesamaan asal Jepang, tokoh robot kucing masa depan ini digambarkan melakukan perjalanan ke masa lalu, dan akan membantu menciptakan masa depan yang lebih baik bagi dunia dengan membawakan brand sustainability initiatives dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dimengerti. Warna dasar hijau yang kini juga menjadi logo terbaru UNIQLO menggarisbawahi tekad perusahaan untuk mempercepat upaya demi keseimbangan ekologi (sustainability).

UNIQLO Menunjuk Doraemon Hijau sebagai Duta Global Sustainabilitydok. UNIQLO

Doraemon akan berpartisipasi dan bergabung dengan UNIQLO Sustainability Activity bersama dengan Haruka Ayase sebagai LifeWear Special Ambassador dan Global Ambassador lainnya seperti Roger Federer, Kei Nishikori, Shingo Kunieda, Gordon Reid, Ayumu Hirano, dan Adam Scott.

“Sebagai LifeWear Special Ambassador, saya sangat senang bisa bisa terlibat dalam upaya keseimbangan ekologi (sustainability) UNIQLO. Saya juga ingin belajar bersama dengan semua orang dan ingin berkontribusi, meskipun hanya beberapa langkah pada satu waktu, untuk keseimbangan lingkungan dan masyarakat yang berkelanjutan", ujar Aktris Jepang Haruka Ayase yang pagi ini juga ikut hadir.

UNIQLO Menunjuk Doraemon Hijau sebagai Duta Global Sustainabilitydok. UNIQLO

Gerakan sustainability memang harus diperkuat dengan asupan edukasi yang terus-menerus. Kesadaran untuk peduli dan partisipasi dari masyarakat sekecil apapun itu sangatlah membantu, sesimpel membawa botol minum sendiri ke kantor untuk mengurangi pemakaian botol kemasan plastik, atau seperti Haruka Ayase yang menuliskan: "saya akan menyumbangkan pakaian tak terpakai lagi untuk di daur ulang. Sementara Doraemon berjanji, "saya akan memakai tas kain untuk membawa dorayaki,"

Doraemon Sustainability Mode dan logo UNIQLO The Power of Clothing akan ditampilkan di toko UNIQLO di seluruh dunia, situs web, dan saluran lainnya.

UNIQLO Menunjuk Doraemon Hijau sebagai Duta Global Sustainabilitydok. UNIQLO

Baca Juga: +J UNIQLO dan Jil Sander Kembali Lagi untuk Spring/Summer 2021!

Baca Juga: Uniqlo U Spring/Summer 2021, Koleksi Musim Panas yang Minimalis

Baca Juga: Sentuhan Premium pada Koleksi +J, Kolaborasi UNIQLO dan Jil Sander