Saat membeli jaket kulit, hal pertama yang terlintas dibenak saya adalah “mau beli, tapi gimana cara merawat jaket kulit yang benar ya?!” Pertanyaan spontan itu pun sempat membuat saya ragu untuk berinvestasi pada jaket kulit. Walau ujung-ujungnya beli juga, adalah dua sampai tiga kali beli jaket kulit dan pasti berujung rusak. Sampai akhirnya setelah browsing tips dan cara merawat jaket kulit dan mencoba ini itu sendiri (dan sebuah tips dari nyokap! Thx mom!) Setidaknya ada lima hal yang harus kamu ketahui dalam merawat jaket kulit yang benar.

Sebelum membaca tips dan cara merawat jaket kulit yang sudah saya rangkum di bawah ini, ada sebuah DISCLAIMER: jaket kulit imitasi atau sintesis umurnya hanya sekitar 2/3 tahunan ya, tergantung brand sih. Kenapa saya bilang begitu, karena memang bukan jaket kulit asli, kulit imitasi akan mengelupas sendiri pada waktunya dan kamu jangan shock. Makanya jaket kulit yang asli itu mahal dan benar-benar awet sampai ke anak cucu kamu nanti.

So berikut tips dan cara merawat jaket kulit asli dan imitasi yang harus kamu tahu!

1. Musuh utama jaket kulit

Sesuka-sukanya kamu sama hujan. Musuh utama jaket kulit adalah air hujan. Usahakan sih hindari ya! Tapi kalau sudah terlanjur kena air hujan yang harus kamu lakukan adalah cukup lap jaket kulit kamu, lalu keringkan dengan handuk bersih dan gantung di ruangan terbuka sambil diangin-anginkan, jangan langsung disimpan di kamar tertutup untuk menghindari munculnya jamur.

2. Pertolongan pertama pada jaket kulit bernoda

Melanjutkan cerita kena hujan, atau apapun itu ceritanya yang meyebabkan jaket kulit kamu kotor dan bernoda. Tindakan yang harus kamu lakukan adalah spot clean! Dan jangan pernah terpikir untuk merendam dan mencucinya tanpa dosa. Apalagi pakai mesin cuci, bye!

Bersihkan noda yang menempel pada bagian jaket kulit kamu dengan kain basah dan pakai shampo. Cukup lap dan bilas dengan air saja sampai nodanya hilang. Jadi ingat ya nggak perlu mencuci basah satu jaket kulitnya tapi cukup lap yang kotor saja.

Awet Hingga 10 Tahun! Ini Tips Merawat Jaket Kulit Asli dan ImitasiInstagram.com/@thestyleograph

3. Merawat jaket kulit dengan body lotion

Merawat jaket kulit tentu beda dengan jaket lainnya yang berbahan kain atau denim. Saat tidak dipakai, bukan berarti kamu meninggalkan si jaket kulit sendirian di dalam lemari kamu. Sesekali atau tepatnya dua minggu sekali kamu harus menjenguknya dan mengoleskan body lotion untuk membuat kulitnya tetap elastis dan lembab. Prinsipnya sama seperti kulit kita, kalau nggak dikasih pelembab akan kering dan pecah-pecah.

Pakai lotion yang biasa kamu pakai saja, lalu oleskan dengan sabar memakai kapas ke seluruh bagian jaket kulit. Setelah selesai angin-anginkan sejenak, lalu masukan kembali ke lemari. And give him a good night kiss.

4. Gantung, bukan dilipat ya

Yang satu ini adalah kesalahan yang sering dilakukan, yaitu suka melipat jaket kulit. Penyimpanan yang benar adalah dengan digantung ya. Dan satu lagi, hilangkan kebiasaan melipat jaket kulit di tas. Kalau lagi nggak mau dipakai ya kamu tenteng aja ya.

5. Menghilangkan jamur?

Kamar yang tertutup, panas nggak ada ac, gelap, tertumpuk dengan pakaian lain, bisa menjadi penyebab timbulnya jamur. Cara menghilangkannya bisa dengan lotion pelembab. Cukup lap pada bagian yang terkena jamur dan selesai. Kalau kamu telaten dalam merawat jaket kulit kamu, niscaya akan awet dan punya jaket kulit itu nggak rugi kok.

Itulah beberapa tips dan cara merawat jaket kulitmu agar awet hingga 10 tahun. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Cara Mencuci Jaket Kulit yang Benar!