Dikenal sebagai perhelatan festival film internasional terbaik, yang melahirkan berbagai film Eropa terpuji seperti Pulp Fiction, The Piano hingga Blue Is The Warmest Color, Festival Film Cannes ternyata memiliki sisi gelap bagi para wanita yang berkarir di industri perfilman.

Cannes dinilai memiliki reputasi sulit untuk menempatkan wanita sejajar dengan para pria.

Kristen Stewart, Cate Blanchett & 80 Wanita Melakukan Protes di Festival Film CannesStandardevening.com

 

Selama hampir 72 tahun berlangsungnya festival ini, hanya satu wanita yaitu Jane Campion, yang berhasil meraih gelar tertinggi, the Palme d’Or - itu pun harus ia sharing dengan seorang pria. Cannes terbilang kurang “welcome” dengan para wanita yang berbakat. Tahun ini pun hanya tiga dari 21 film karya sutradara wanita yang terpilih untuk diputar.

Kristen Stewart, Cate Blanchett & 80 Wanita Melakukan Protes di Festival Film CannesRefinery29.com

 

Merasa tidak adil, akhirnya beberapa wanita dari industri perfilman (termasuk para aktris dan sutradara) melakukan protes di atas karpet merah Festival Film Cannes. 82 wanita termasuk Kristen Stewart, Cate Blanchett, Ava DuVernay, Jane Fonda, Salma Hayek, hingga sutradara film Wonder Woman Patty Jenkins berjalan menapaki tangga menuju ruang konfrensi dimana acara dihelat dengan membentuk barikade sebagai simbol akan sulitnya wanita dalam menapaki jenjang sosial dan politik.

Di atas anak tangga, Cate Blanchett (yang tahun ini menjabat sebagai juri) dan pembuat film dokumenter asal Prancis Agnes Varda memberikan pidato penuh semangat.

Kristen Stewart, Cate Blanchett & 80 Wanita Melakukan Protes di Festival Film CannesEonline.com

 

“Wanita bukanlah minoritas di dunia, walau industri kita berkata sebaliknya. Sebagai wanita, kita menghadapi berbagai tantangan masing-masing yang unik, namun kita berdiri bersama di atas tangga ini sebagai bentuk simbol dari keinginan dan komitmen untuk maju. Tangga yang ada disegala industri harus terbuka bagi semua. Ayo panjatlah.” Isi pidato yang dikutip dari Refinery29.

Bentuk simbol protes lainnya juga tampak dari busana yang dikenakan para wanita di atas karpet merah. Cannes sendiri memang melarang keras para wanita untuk tampil mengenakan celana dan sepatu hak tinggi. Di tahun 2015, sekelompok wanita sempat dilarang untuk menonton film Carol karena mereka mengenakan sepatu flats.

Tampak Kristen Stewart dalam busana pantsuit Chanel dan boots, serta Agnes Varda yang mengenakan sepatu flats sebagai bentuk protes mereka.

Kristen Stewart, Cate Blanchett & 80 Wanita Melakukan Protes di Festival Film CannesFootwearnews.com

 

Semoga dengan ini Cannes terbuka akan kesetaraan hak wanita.

BACA JUGA: 28 Busana Penuh Drama di Red Carpet Met Gala 2018