Berkesempatan melihat langsung lab Jeans Innovation Center (JIC) yang ada di Los Angeles dengan segala teknologi yang super canggih dalam membuat jeans, Popbela juga sempat ngobrol singkat dengan Masaaki Matsubara, COO Jeans Innovation Center ditengah jadwalnya yang sibuk. Matsubara bercerita soal visi utama JIC untuk membuat jeans dengan teknologi ramah lingkungan tanpa meninggalkan kualitas hingga apa sih jeans yang sempurna dimatanya. Simak wawancara singkat dan padat bersama Masaaki Matsubara di bawah ini.

EXCLUSIVE: Masaaki Matsubara dan Inovasinya untuk UNIQLO JeansDok. JIC

Bagaimana sih proses pembuatan jeans di JIC, inovasi teknologi dan material apa yang dikembangkan di sini?

Brand-brand dibawah Fast Retailing seperti UNIQLO sudah memakai sistem ramah lingkungan dalam pembuatan jeans-nya. Berbagai mesin seperti laser engraving untuk membuat motif, mesin nano-bubble, pencucian ozon, semua memakai sedikit air. Fokus kami memang untuk mencapai sustainability. Kami pun mulai memakai katun yang 100% sustainable.

Menurut kamu, jeans yang sempurna itu seperti apa?

Jeans yang sempurna itu jeans yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

EXCLUSIVE: Masaaki Matsubara dan Inovasinya untuk UNIQLO JeansDok. JIC

Apa rencana JIC kedepannya?

Dalam jangka pendek kami ingin menerapkan teknologi hemat air ke seluruh pembuatan produk Fast Retailing di tahun 2020.

EXCLUSIVE: Masaaki Matsubara dan Inovasinya untuk UNIQLO JeansDok. JIC

Bagaimana cara kamu mendorong tim untuk menciptakan sebuah inovasi?

Pertanyaan yang bagus! Tim kami merupakan tim kecil, terdiri dari 10 orang termasuk saya, semua bertanggung jawab pada bagian masing-masing seperti pada bagian desain, pada mesin pencucian, jika kamu tanya jawaban kami cuma satu: menjadi nomor satu di industri ini. Kami memiliki visi yang sama. Apa yang kami kerjakan dalam mengurangi pemakaian air adalah usaha tim.

Baca Juga: Evolusi Pembuatan Jeans dari Cara Tradisional hingga Kekinian