Gerakan Black Lives Matter memang sedang gencar terjadi dimana-mana. Rasisme memang masih jadi masalah sensitif di Barat sana. Terlebih sejak kasus kematian George Floyd ditangan polisi kulit putih.

Lepas dari duka dan aksi protes yang masih terjadi, warna kulit dan ras apa pun rasanya punya hak yang sama untuk bersuara dan berkarya. Termasuk para desainer kulit hitam di bawah ini yang memiliki banyak prestasi. Bahkan beberapa dari mereka berhasil mencatat sejarah baru bagi dunia fashion.

Berikut 7 nama desainer kulit hitam yang berpengaruh di dunia.

1. Rihanna memang tampak vakum dari dunia musik. Semua dikarenakan dirinya yang tengah sibuk menjalankan bisnis lini pakaian dan kosmetiknya yang laris manis. Beberapa kolaborasi fashion pernah dilakukan, bersama PUMA dan sekarang dengan label pakaian dalam, Savage. Rihanna lewat brand Fenty, mencatat sejarah baru sebagai desainer perempuan kulit hitam pertama yang direkrut LVMH, perusahaan yang khusus menyediakan produk mewah.

Daftar Desainer Kulit Hitam Paling Berpengaruh Di DuniaPopsugar.com

2. Nggak kalah dengan langkah juniornya yang terjun ke bisnis fashion, Beyoncé juga memiliki beberapa label pakaian. Yang pertama muncul adalah House of Deréon. Kini Bey makin serius jadi desainer dengan label IVY PARK yang koleksinya juga laku keras di pasaran.

Daftar Desainer Kulit Hitam Paling Berpengaruh Di DuniaPopsugar.com

3. Desainer asal Harlem, Dapper Dan, adalah desainer andalan para rapper di tahun 80an. Ia berhasil mendandani para musisi dengan desainnya yang nyentrik lewat permaian logo-logo brand mewah yang diambil tanpa izin - hingga ia dituntut dan butiknya ditutup. Namun di tahun 2018, ia naik daun lagi berkat kolaborasinya dengan Gucci. Dan sebagai bentuk penghormatan atas karya Dapper Dan yang keren, Gucci menghadiahi sebuah butik khusus yang dibuka di Harlem.

Daftar Desainer Kulit Hitam Paling Berpengaruh Di DuniaTeenvogue.com

4. Kanye West menjadi desainer kulit hitam yang sangat berpengaruh dan membawa budayanya sendiri. Lewat brand Yeezy, Kanye selalu menghadirkan model-model sneakers yang juara dan digemari anak muda. Insting fashion yang dimiliki Kanye ditularkan kepada sang istri, Kim Kardashian West, yang kini juga punya usaha pakaian.

Daftar Desainer Kulit Hitam Paling Berpengaruh Di DuniaPopsugar.com

5. Jauh sebelum berbagai brand mengadopsi gaya gender-neutral, Telfar Clemens untuk brand fashion-nya Telfar, sudah mempopulerkan gaya tersebut. Kepedulian Telfar untuk komunitas LGBTQ+ juga dituangkan dirinya dalam berbagai desain bajunya. Karya unisex dengan sentuhan high-fashion dan sporty menjadikan Telfar sebagai salah satu desainer yang cepat naik daun.

Daftar Desainer Kulit Hitam Paling Berpengaruh Di DuniaTeenvogue.com

6. Bukan cuma berpengaruh besar di dunia musik, Pharrell Williams juga memiliki andil besar di dunia fashion. Menjadi ikon untuk brand besar seperti Chanel. Punya kolaborasi sneakers dengan adidas yang ngetren. Ia pun juga memiliki label streetwear bernama Billionaire Boys Club yang memiliki moto: "Wealth is of the heart and mind, not the pocket."

Daftar Desainer Kulit Hitam Paling Berpengaruh Di DuniaPopsugar.com

7. Virgil Abloh adalah seorang DJ asal Amerika, seniman, teman dekat Kanye West dan desainer untuk label street bernama Off-White. Namun ia mencatat sejarah baru saat dirinya berhasil menjadi direkur artistik kulit hitam pertama untuk brand Louis Vuitton Menswear sejak Maret 2018.

Daftar Desainer Kulit Hitam Paling Berpengaruh Di DuniaVogue.com.au

Baca Juga: 7 Desainer Asia yang Beri Perubahan Besar di Industri Fashion Global

Baca Juga: Deretan Model Transgender Cantik yang Penuh Prestasi

Baca Juga: Sambut Musim Panas 2020, Para Artis Ini Tampil dengan Bikini Seksi