Yup, ukuran bra setiap perempuan memang berbeda-beda. Bentuk payudara pun juga dapat berubah. Salah faktornya, dengan bertambahnya usia. Nah, oleh karena saat memilih ukuran bra kamu nggak boleh sampai salah lho!  Tentunya saja jika tidak mengenakan ukuran yang sesuai, tepatnya pada bagian lingkar dada. Karena kalau tidak sesuai, akan terasa tidak nyaman. 

Lingkar dada adalah ukuran diameter seseorang di bagian dada, diukur pada diamater terlebar dari area dada melingkar ke bagian punggung. Ukuran lingkaran dada atau sering di singkat dengan LD tidak bisa ditentukan oleh berat badan dan tinggi, karena merujuk pada diameter dada yang tidak berhubungan dengan tinggi atau berat badan seseorang.

Selain lingkar dada, kamu juga wajib memperhatikan ukuran cup pada bra kamu. Jika cup yang kamu kenakan kebesaran maka saat memakai baju akan membentuk sedangkan cup yang terlalu kecil dapat membuat kamu merasa sesak napas. Sebelum menginvestasikan bra, alangkah baiknya ketahui dahulu ukuran yang sesuai. Berikut Popbela akan memberikan tips seputar cara mengukur bra yang benar. Simak di bawa ini ya, Keep scrolling!

1. Mengukur lingkar dada di bagian bawah payudara (Under bust)

Pertama, kamu wajib mempersiapkan meteran untuk mengukur lingkar bawah payudara (under bust). Anyway, ukuran dalam satuan inchi yakni dari ukuran 32-40. Jangan lupa untuk bulatkan hasil ukuran, misalnya 33,8 inchi langsung kamu bulatkan menjadi 34 atau kamu juga bisa menyamakan hasil ukuran di bagian atas dan bawah meteran. Jika ukuran lingkar bawah payudaramu 73 cm berarti dapat memilih bra dengan lingkar bawah payudara 34. 

Berikut ukuran lingkar bawah payudara:

1. Lingkar bawah payudara: 63-67 cm, ukuran bra: 30 

2. Lingkar bawah payudara: 68-72 cm, ukuran bra: 32 

3. Lingkar bawah payudara: 73-77 cm, ukuran bra: 34 

4. Lingkar bawah payudara: 78-82 cm, ukuran bra: 36 

5. Lingkar bawah payudara: 83-87 cm, ukuran bra: 38 

6. Lingkar bawah payudara: 88-92 cm, ukuran bra: 40 

2. Mengukur lingkar dada (Top bust) - lingkar bawah dada (Under bust) untuk menentukan cup bra

Setelah mengukur lingkaran dada, selanjutnya kamu wajib mengukur cup bra. Kembali gunakan meteran lalu ukur sejajar dengan puting. Yup, ini merupakan cara untuk mengukur top bust. Lalu, kamu wajib mengurangi ukuran top bust dengan under bust (Top bust - under bust = cup size). Misalnya, ukuran top bust 34 - ukuran under bust 32 = 2 (Jika menggunakan satuan inchi)

Berikut ukuran hasil pengurangan top bust dan under bust: 

1. <2,5 cm: Cup AA

2. 2,5 cm: Cup A

3. 5 cm: Cup B

4. 7,5  cm: Cup C

5. 10 cm: Cup D

6. 12,5 cm: Cup DD

Setelah mengikuti cara mengukur ukuran bra di atas, kini kamu nggak perlu khawatir lagi ketika membeli bra, Bela! 

Baca Juga: Inilah Tips dan Trik Yang Benar Untuk Mencuci Bra Kamu

Baca Juga: 3 Tips Memilih dan Membeli Bra yang Tepat ala Popbela