"Kerudung bau apek" sering dihadapi oleh sebagian besar hijabers, hal tersebut tentunya menjadi masalah besar buat para perempuan yang mengenakan hijab. Banyak faktor yang disebabkan, salah satunya ialah dari bahan kerudung yang kamu kenakan. Coba untuk kenakan kerudung berbahan tipis seperti katun, untuk menghindari keringat yang berlebihan pada kulit kepala.

5 Tips Menjaga Kerudung Agar Terhindari dari Bau 'Apek'Pinterest.com

Hijab apek juga dapat menimbulkan ketidaknyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Setuju? Langsung simak 5 tips dari Popbela berikut ini ya!

1. Keringkan rambut sebelum mengenakan kerudung

Please, hindari rambut yang basah saat kamu ingin mengenakan kerudung. Kenapa? Karena ketika rambut basah lalu kamu pakaikan kerudung, rambut akan menjadi lembab dan hal tersebut menyebabkan bau apek pada kerudung milikmu. So, catat pertama ini ya!

2. Coba untuk hindari terik sinar matahari

Faktor selanjutnya pemicu bau tidak sedap pada kerudung ialah terpaan sinar matahari. Sebisa mungkin, hindari sinar matahari, hmm cara lainnya kamu bisa lapisi kerudungmu dengan scarf.

5 Tips Menjaga Kerudung Agar Terhindari dari Bau 'Apek'Pinterest.com

3. Parfum bukan menjadi solusi yang tepat lho!

Sebagaian perempuan menganggap parfum menjadi penolong ketika kerudung bau apek. Hmm salah besar! Aroma parfum yang harum dan bercampur bau apek pada kerudung, hmm kebayang kan gimana jadinya? Apalagi jika parfum milikmu terkandung alkohol yang cukup tinggi, hal tersebut jadi pemicu bau apek di kerudungmu.

4. Check kerudung yang telah kamu cuci

Sebelum mengangkat jemuran kerudungmu, terlebih dahulu kamu harus check kerudungmu. Jangan sampai ketika masih setengah basah kamu angkat, karena jilbab yang lembab mejadi pemicu bau apek pada kerudungmu. Selain itu, pr banget karena kamu harus mencuci kembali kerudungmu.

5. Jangan malas untuk mencuci rambut!

Bad hair day enggak kelihatan ketika memakai kerudung? Well, memang benar sih! Namun, meski enggak kelihatan rambut kamu lagi berantakan atau lepek, bau menyengat dari rambutmu tetap tercium lho. Jadi jangan malas untuk keramas, at least 2 hari sekali, Bela. Kamu juga harus memperhatikan shampoo yang cocok untuk rambutmu untuk menghindari ketombe + rambut lepek.

BACA JUGA: Tips Mencuci Hijab Katun Agar Awet dan Warna Tidak Cepat Pudar