Pelecehan seksual bisa diartikan sebagai tindakan bernuansa seksual baik secara fisik maupun non fisik yang menimbulkan rasa nggak nyaman bagi penerimanya. Sebelum membahas tentang pelecehan seksual, yuk hilangkan mindset bahwa pelecehan seksual terjadi karena gaya busana yang seksi. Victim blaming dan rape culture emang masih begitu kuat di masyarakat. Pelecehan seksual itu nggak ada pengaruhnya dari pakaian yang kita kenakan. Setiap orang punya risiko untuk mendapat pelecehan seksual. Laki-laki atau perempuan, berpakaian seksi atau tertutup, kita bisa jadi korban pelecehan seksual kapanpun dan dimanapun.

Statement bahwa setiap orang rentan untuk mendapat pelecehan seksual itu benar adanya, Bela. Artis yang sudah malang melintang di TV dan layar lebar pun kerap mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari pelaku kejahatan seksual. Supaya lebih peka terhadap lingkungan sekitar, yuk kita belajar dari pengalaman para artis yang secara berani mengakui dan melawan pelecehan seksual yang menimpanya. Cerita mereka sudah Popbela rangkum di bawah ini. Kita simak bersama ya, Bela.

1. Hannah Al Rasyid

Kisah Artis Luar & Indonesia yang Pernah Mengalami Pelecehan SeksualInstagram.com/hannahalrashid

Aktris kelahiran 15 Januari ini pernah mengalami pelecehan seksual beberapa waktu silam. Hannah mengaku dilecehkan saat sedang berjalan kaki di Jakarta. Secara tiba-tiba, ada seorang pengendara motor yang melintas di jalan dan meraba bagian tubuhnya. Setelah melakukan tidak terpuji tersebut, si pengendara pun kabur begitu saja! Nggak hanya itu, Hannah juga pernah menjadi korban seorang exhibitionist yang secara tiba-tiba mengeluarkan alat kelaminnya dan bermasturbasi di depan Hannah. Mengalami kejadian yang tak mengenakan, Hannah sempat merasa trauma dan ragu untuk mengungkap kisah pelecehannya ke publik. Namun akhirnya Hannah berani buka suara dan mengajak para perempuan untuk berani melawan sang pelaku pelecehan seksual.

2. Jennifer Lawrence

Kisah Artis Luar & Indonesia yang Pernah Mengalami Pelecehan SeksualGoodfun.com

Dalam perjuangan menuju karir di bidang perfilman Hollywood, Jennifer Lawrence sempat merasa dilecehkan oleh seorang produser. Kala itu, ia diminta oleh seorang produser untuk melakukan diet. Saat sedang casting, Jennifer dan lima wanita lainnya disuruh untuk melakukan nude line-up dengan hanya menggunakan paste-ons untuk menutupi area private-nya. Setelah selesai melakukam photo shoot, sang produser mengatakan untuk menjadikan foto naked miliknya sebagai motivasi untuk diet. Jennifer yang saat itu merasa janggal, mengatakan kepada sang produser bahwa hal itu sangat tidak realistis, dan produser tersebut mengatakan bahwa ia bingung kenapa orang-orang bilang bahwa jennifer gemuk, padahal menurutnya Jennifer adalah wanita yang sempurna untuk diajak bercinta.

3. Jessica Iskandar

Kisah Artis Luar & Indonesia yang Pernah Mengalami Pelecehan SeksualInstagram.com/inijedar

Kisah pilu tentang pelecehan seksual juga datang dari Jessica Iskandar. Jedar pernah mengalami pelecehan seksual oleh sang terapis saat melakukan perawatan di sebuah salon. Terapis di salon tersebut tidak hanya menyentuh dada Jessica, namun juga memotretnya yang sedang tidak berbusana. 

4. Via Vallen

Kisah Artis Luar & Indonesia yang Pernah Mengalami Pelecehan SeksualInstagram.com/viavallen

Pelecehan seksual yang dialami Via Vallen sempat viral di media sosial. Ia membagikan kisahnya pelecehan melalui akun Instagram pribadinya, dimana salah satu pemain sepak bola Indonesia mengirim pesan melalui direct message di Instagram. Pesebak bola itu mengatakan "I want u sign for me in my bedroom, wearing sexy clothes" kepada Via Vallen. Hal itu membuat Via merasa dilecehkan, namun Via enggan menyebutkan nama dari pelaku pelecehan seksual yang menimpanya.

5. Angelina Jolie

Kisah Artis Luar & Indonesia yang Pernah Mengalami Pelecehan SeksualIMDb.com

Angelina Jolie mengaku sempat menjadi korban pelecehan seksual oleh produser Hollywood Harvey Weinstein. Ia diminta Harvey Weinstein untuk melakukan hal yang tidak menyenangkan di sebuah kamar hotel ketika film Playing By Heart dirilis di akhir ‘90an. Pengalaman buruk itu membuat mantan istri Brad Pitt itu untuk tidak pernah lagi bekerja dengan Weinstein.

6. Gwyneth Paltrow

Kisah Artis Luar & Indonesia yang Pernah Mengalami Pelecehan SeksualInstagram.com/gwynethpaltrow

Lagi-lagi dilakukan oleh Harvey Weinstein, kali ini kejadian tidak mengenakan menimpa Gwyneth Paltrow. Pemeran Pepper Potts di film Avengers ini mengaku bahwa Harvey Weinstein pernah bertindah senonoh. Kejadian ini berlangsung ketika Paltrow berumur 22 tahun. Weinstein mengundahnya ke kamar hotel yang mewah. Setelah Weinstein berhasil mengajaknya, ia lalu meletakkan tangannya di tubuh Paltrow dan mengajaknya menuju ke ranjang untuk memberinya pijatan. Sontak Gwyneth Paltrow menolak dan mengadukan perbuatan Weinstein pada Brad Pitt yang saat itu menjadi kekasihnya. Brad Pitt lantas melawan Weinstein dan mengancamnya agar tak lagi menganggu Paltrow. Setelah kejadian itu, Weinsten kembali mengancam Paltrow untuk merahasiakan perbuatannya, jika ia masih mau berada di industri film Hollywood. Duh, seram ya jika ternyata punya hubungan kerja dengan pelaku pelecehan seksual. Kamu harus lebih berhati-hati ya, Bela.

7. Widi "Vierratale"

Kisah Artis Luar & Indonesia yang Pernah Mengalami Pelecehan SeksualInstagram.com/_widikidiw_

Dikabarkan kejadian ini berlangsung nggak lama setelah Widi masuk ke industri musik Indonesia dengan band bernama Vierra yang digawangi oleh Kevin Aprilio. Widi diculik usai hangout di sebuah kafe di kawasan Kemang, Jakarta. Tiga pria yang membawanya dengan mobil berwarna hitam dan diduga melakukan kekerasan fisik dan pelecehan seksual padanya. Menurut keterangan dari pihak berwajib, Widi yang saat itu sedang menunggu taksi dan akan pulang sendiri, tiba-tiba ada mobil yang mengikutinya dari belakang. Ia langsung ditarik masuk ke dalam mobil tersebut.  Menurutnya, dua orang penculiknya terlihat 'normal' dan yang satu terlihat setengah sadar alias teler.

Baca Juga: Pelecehan Seksual, Jenis dan Cara Menghadapinya