Dibalik akting para aktris yang berhasil buat penonton bedecak kagum, terdapat elemen-elemen yang berhasil mendukung deretan film tersebut menjadi film favorit publik. Salah satunya busana alias kostum para pemain! Kostum pada film biasanya menjadi salah satu faktor yang bisa menentukan bagus atau tidaknya suatu film. Harus menyatu dengan alur dan konsep cerita akan membuat film menjadi lebih "hidup".

Seperti kostum di bawah ini! Deretan kostum ini berhasil menjadi icon yang dikenang dalam sejarah film. Nggak selalu kostum mahal dengan taburan berlian, bahkan t-shirt, cardigan dan mini skirt juga mampu menjadi kostum yang ikonik! Hmm.. penasaran apa saja desain kostum yang ikonik dalam film? Berikut telah Popbela rangkum di bawah ini!

1. Gaun hitam Audrey Hepburn di Breakfast at Tiffany's

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodHollywood.com

Sarapan sambil memandangi jendela etalasi toko perhiasan Tiffany's menjadi salah satu scene dan busana paling ikonik Holly Golightly yang diperankan oleh Audrey Hepburn. Ia terlihat sangat glamour dengan black sleeveless dress, pearls jewelry, gloves dan segala aksesori yang mewah. Berkat busana yang ikonik, nggak sedikit kalangan artis Hollywood yang meniru gaya ini saat berada di red carpet. 

2. Film Mean Girls menjadi tren outfit serba pink

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodCosmopolitan.com

Tahun 2000an, film ini menjadi salah satu film yang trending banget! Bukan hanya akting Lindsey Lohan yang menceritakan pengalamannya struggle bersekolah di public school, namun tiga tokoh antagonis yang diperankan Rachel McAdams, Lacey Chabert dan Amanda Seyfried juga menjadi perhatian. The plastics, sebutan genk mereka, tampil ikonik menggunakan outfit pink yang harus dikenakannya setiap hari Rabu. Cardigan, t-shirt, mini skirt dan high heels telah menjadi panutan anak-anak remaja tahun 2000an. 

3. Plaid blazer and skirt-set warna kuning menjadi ikon film Clueless

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodHollywood.com

Nonton film Clueless yang rilis tahun 1995 silam? Mengisahkan gadis SMA yang populer karena cantik dan pintar, Alicia Silverstone yang berperan sebagai Cherilyn Horowitz juga fashionable. Salah satu kostum yang ikonik digunakan oleh Alicia berupa plaid blazer dan rok berwarna kuning dengan kaos kaki setinggi lutut. Semakin hits film tersebut, para generasi 90an berlomba-lomba untuk punya outfit yang kembaran.

4. Aksi Dr. Ellie Sattler dengan kostum safari yang timeless di Jurassic Park

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodCosmopolitan.com

Penggemar film Jurassic Park pasti sudah tidak asing dengak karakter Dr. Ellie Sattler! Perankan oleh Laura Dern di tahun 1990, kostum a la safari look buat kita juga ingin bergaya kembaran. Khaki short pants, belt, t-shirt dan kemeja yang diikat terlihat keren dan ikonik saat berlari dan bertahan hidup bersama dinosaurus.  

5. Dress bold dengan kerah putih menjadi signature look film The Addams Family

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodCosmopolitan.com

Saat membicarakan film The Addams Family, pasti ingatan kita tertuju pada kostum misterius Wednesday Addams. Outfit berkerah putih dengan pattern minimalis pada dress warna bold dengan rambut kepang dua yang menjadi signature look.

6. Kostum Harley Quinn yang lucu namun mematikan di film Suicide Squad

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodCosmopolitan.com

Semenjak film Suicide Squad dirilis pada tahun 2016, kostum Harley Quinn satu ini menjadi kostum favorit saat Halloween! Margot Robbie makin ikonik dengan fishnet tights, "Daddy's Lil' Monster" t-shirt dan bomber jacket. Nggak ketinggalan make up pucat dan rambut kuncir dua warna merah dan biru. Catchy!

7. The Great Gatsby berhasil mencuri perhatian dengan kostum a la tahun 20an yang ikonik

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodBustle.com

Menceritakan kehidupan miliarder Jay Gatsby yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, The Great Gatsby semakin terlihat fancy berkat gaya tahun 1920an yang menghiasi Daisy Buchanan dengan jeweled headbands, pearls dan flashy dresses. Kostum yang ikonik, nggak heran jika Carey Mulligan menjadi aktris yang patut diperhitungkan.

8. Dress warna kuning sederhana dalam film La La Land

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodCosmopolitan.com

Film genre drama musikal ini sempat mencuri perhatian publik. Mengisahkan tentang Sebastian, seorang pianis jazz yang jatuh cinta pada Mia yang berambisi menjadi aktris. Mia yang diperankan Emma Stone berhasil membuat kostum berwarna kuning, merah, biru dan hijau terlihat menarik! Salah satunya a-line dress warna kuning yang satu ini. Berkat kostum yang ikonik, film La La Land masuk dalam nominasi rancangan kostum terbaik dalam British Academy Film Awards di tahun 2017! Wow!

9. Bukan hanya cerita anak kaya raya, ini gaun warna icy blue juga mencuri perhatian di Crazy Rich Asians

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodHollywood.com

Film adaptasi dari novel terkenal karangan Kevin Kwan, Crazy Rich Asians menerima tanggapan yang positif. Para penonton sempat dibuat salah fokus berkat indahnya icy blue tulle gown dengan detail floral yang membuat Constance Wu terlihat makin cantik.

10. Bertahan hidup dengan gaun pengantin di film Ready or Not

Desain Kostum Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Film HollywoodGq.com

Paling baru nih, Bela! FIlm ber-genre mystery/thriller yang dibintangi Samara Weaving ini mengisahkan Grace yang tengah berbahagia berkat pernikahannya dengan Alex Le Domas. Bukan pernikahan sampai sampai tua, Grace malah harus "bermain" dan bertahan hidup dari para anggota keluarga Alex yang mengancam nyawanya. Masih menggunakan gaun pengantin warna putih dengan detail lace yang cantik nan klasik, Grace dengan gagahnya melawan para keluarga yang berusaha membunuhnya. Transformasi gaun pengantin putih hingga menjadi merah darah menggambarkan seluruh kisah film ini.

Baca Juga: Gaya Sehari-hari Artis Film Horor Indonesia yang Aslinya Modis Banget