Pasti sebel banget kalau kamu baru sadar bahwa sepatu kesayangmu punya bau yang nggak sedap. Bau pada sepatu memang bisa membuat penampilanmu yang sudah standout jadi makin drop. Bau yang menyengat bisa muncul karena bakteri yang menumpuk pada dalam sepatu. Sumbernya, bisa dari keringat pada kaki yang tertutup dan tidak mendapatkan udara segar.

Walau menjadi favorit, sepatu yang bau jangan kamu diamkan apalagi kamu paksakan untuk dipakai ya, Bela! Menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu adalah keharusan yang kamu lakukan. Sebelum, memutuskan untuk bawa ke laundry shoes, Nggak ada salahnya kalau kamu lakukan cara-cara mudah untuk menghilangkan bau pada sepatu. Berikut telah Popbela rangkum cara yang bisa kamu coba di rumah. Let's check!

1. Andalkan minyak atsiri untuk membasmi bau tidak sedap pada sepatumu

Anti Ribet! Ini Cara Simpel Mengusir Bau pada Sepatu Veststreet.com

Minyak atsiri merupakan salah satu essential oil yang dinilai ampuh untuk menghilangkan bau pada sepatu. Cara pakainya mudah banget! Cukup teteskan minyak atsiri secukupnya ke dalam sepatu, lalu letakkan beberapa lembar kertas untuk mengunci bau minyak atsiri. Supaya lebih aman dan bebas bau, kamu bisa diamkan semalaman.

2. Letakkan kantong teh ke dalam sepatu

Anti Ribet! Ini Cara Simpel Mengusir Bau pada Sepatu Thrivemarket.com

Setelah minum teh jangan langsung membuat kantong teh, Bela! Kantong teh yang habis diseduh bisa kamu gunakan untuk membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap pada sepatumu, lho! Kamu tinggal masukkan kantong teh ke dalam sepatu, lalu diamkan selama satu hingga dua jam. Setelah dikeringkan, dijamin bau tidak sedap pada sepatu akan hilang.

3. Jangan lupa untuk pakai kaos kaki

Anti Ribet! Ini Cara Simpel Mengusir Bau pada Sepatu Pinterest.com

Tahu kan, jika keringat menjadi penyebab utama sepatu akan lebih cepat bau. Sepatu yang tertutup sulit untuk mendapatkan udara yang masuk sehingga bakteri penyebab bau bisa muncul dengan cepat. Makanya, penting untuk memakai kaos kaki ketika kamu pakai sepatu. Kaos kaki mampu menghambat keringat dari kaki ke sepatu, sehingga bisa membuat sepatu bebas dari bau. 

Walau begitu, sebaiknya hindari kaos kaki berbahan nilon karena tidak menyerap keringat dan membuat kaki terasa lembab. Lebih baik gunakan kaos kaki berbahan katun yang masih bisa membuat kakimu mendapat udara.

4. Bungkus sepatu dengan koran bekas

Anti Ribet! Ini Cara Simpel Mengusir Bau pada Sepatu Maxresdefault.com

Nggak perlu beli peralatan khusus untuk membasmi bau tidak sedap pada sepatumu, cukup andalkan koran bekas maka sepatumu akan terbebas dari bau. Sebelum meletakkan koran pada sepatu, pastikan sepatumu sudah dalam keadaan kering ya, Bela. Lalu, kamu bisa mulai memasukkan beberapa bagian koran ke dalam sepatu dan membungkus seluruh permukaan sepatu dengan rapat dan rapi. Simpan pada tempat yang lebih dingin selama semalaman hingga bau pada sepatu terserap secara sempurna oleh koran bekas. Mudah, kan?

5. Taburkan baking soda pada sepatu dan talinya

Anti Ribet! Ini Cara Simpel Mengusir Bau pada Sepatu Thefamilyhandyman.com

Cara terakhir yaitu dengan baking soda! Iya, baking soda yang biasa digunakan untuk membuat kue ternyata juga bisa kamu pakai untuk menghilangkan bau pada sepatu, lho. Caranya cukup taburkan baking soda ke dalam sepatu dan tali, lalu biarkan semalaman. Keesokan harinya, kamu bisa mulai membersihkan bubuk baking soda yang tersisa.

Baca Juga: Praktis! Hilangkan Bau Sepatu dengan 4 Cara Ini