Memiliki tekstur yang lembut, mencuci baju berbahan sutera nggak bisa disamakan dengan baju lainnya. Perlu tips dan trik khusus untuk mempertahankan warna dan bahan sutera yang lembut. Seperti pemilihan sabun hingga suhu saat disetrika, bisa memengaruhi hasil akhir ketika baju sutera telah siap dipakai. Nggak mau kan, baju sutera menjadi rusak karena kesahalan saat dicuci? Yuk, ikuti tips yang telah Popbela rangkum di bawah saat mencuci baju berbahan sutera. Keep scrolling, Bela!

1. Mencuci baju sutera akan lebih baik menggunakan tangan

Cara Mudah Mencuci Baju Berbahan Sutera

Ketika kamu akan mencuci baju berbahan sutera, kamu bisa menggunakan tangan yang dinilai lebih baik daripada mesin cuci. Kamu bisa lebih mengontrol tekanan ketika mencuci sehingga akan membuat baju sutera tidak mudah rusak. Setelah mengisi bak dengan air dingin, kamu bisa menggunakan sabun yang memiliki kandungan lembut sehingga warna baju sutera tetap cerah.

2. Setelah dicuci, hindari memeras baju sutera hingga kering

Cara Mudah Mencuci Baju Berbahan Sutera

Tipsnya, jangan merendam baju berbahan sutera dalam larutan pencuci baju. Kamu bisa langsung mencuci baju sutera secara lembut selama 2 - 3 menit, lalu bilas tanpa diperas. Bukannya membuat baju mejadi lebih kering, memeras baju sutera akan merusak tekstur kain sehingga rentan kembali seperti semula. Lebih baik, bentangkan hingga air jatuh dengan sendirinya.

3. Menjemur baju sutera, cukup angin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung

Cara Mudah Mencuci Baju Berbahan SuteraWikihow.com

Selanjutnya, kamu bisa langsung menjemur baju suteramu hingga kering. Eits, hindari menjemur baju sutera di bawah sinar matahari langsung ya, Bela. Cukup gantung dengan hanger di tempat yang teduh atau angin-anginkan hingga kering. Biarkan baju sutera mengering secara alami.

4. Setrika secara hati-hati

Cara Mudah Mencuci Baju Berbahan Sutera

Sudah kering dengan sempurna, saatnya setrika baju sutera untuk menghilangkan kusut-kusut yang tersisa. Pilih suhu terendah yang ada pada alat setrika, lalu mulai menyetrika dengan hati-hati. Jika ingin memberikan pewangi pakaian, kamu bisa tutupi baju sutera dengan sehelai koran, lalu semprotkan pewangi diatasnya. Hal itu dilakukan supaya nggak merusak warna baju sutera. Mudah, kan?

Baca Juga: Hadirkan Kesan Elegan dari Busana Bahan Satin