Pasti rasanya menyebalkan jika ritsleting pada pakaian atau tas yang ingin dipakai, secara tiba-tiba rusak. Sebelum memutuskan untuk dibuang atau beli yang baru, ada baiknya jika kamu mencoba untuk memperbaikinya. Tidak perlu ke tukang jahit, Bela! Cukup dengan alat-alat yang ada di rumah, maka ritsleting kamu akan kembali sempurna. Nah, pada artikel ini Popbela akan memberikan cara memperbaiki ritsleting rusak yang jitu dan bisa kamu lakukan di rumah dan cepat. Let's check this out!

1. Menggunakan pensil sebagai andalan

Cara Mudah Memperbaiki Ritsleting yang RusakBan.do

Pertama kamu bisa mengandalkan pensil sebagai alat untuk memperbaiki ritsleting kamu yang rusak. Pensil memiliki grafit yang mengandung minyak alami sehingga ampuh untuk memperbaiki ritsleting kamu. Caranya mudah banget, Bela! Kamu tinggal menggosokkan pensil ke atas dan ke bawah pada gigi ritsleting, lalu gerakkan ritsleting hingga bergerak seperti semula.

Namun jika ritsleting kamu berwarna putih atau terang, hindari penggunaan grafit ya, Bela karena hal ini dapat memperburuk tampilan ritsleting kamu.

2. Oleskan sabun pada ritsleting yang rusak

Cara Mudah Memperbaiki Ritsleting yang RusakAmazon.com

Cara lainnya yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan sabun cuci. Sabun cuci memiliki tekstur yang licin sehingga memudahkan kamu memperbaiki ritsleting yang rusak. Bahan yang diperlukan juga tidak sulit, dengan sabun, air dan kapas itu sudah cukup kok, Bela. Celup kapas yang telah dioleskan sabun cuci kedalam air, lalu oleskan pada gigi ritsleting. Mudah kan, Bela?

3. Pinset untuk memperbaiki ritsleting

Cara Mudah Memperbaiki Ritsleting yang RusakJakartanotebook.com

Jika permasalahan pada ritsleting yang rusak karena gigi ristleting yang bengkok, maka alat yang kamu perlukan adalah pinset atau tang berujung runcing. Cukup dengan menarik gigi ristleting sehingga lurus kembali menggunakan pinset, maka ritsleting kamu akan kembali sempurna.

4. Kurangi beban untuk memperbaiki ritsleting yang terpisah

Cara Mudah Memperbaiki Ritsleting yang RusakGumtree.com

Ritsleting yang terpisah biasanya kita temukan pada tas atau pakaian yang ukurannya terlalu kecil. Sebelum memutuskan untuk dibuang, lebih baik coba untuk mengurangi jumlah barang yang ada di tas kamu, Bela. Setelah itu kamu coba perbaiki ritsleting yang rusak dengan menutup dan membuka ritsleting secara perlahan.

Itulah beberapa cara memperbaiki ritsleting yang rusak dan tidak mau menyatu. Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Cara Mencuci Pakaian Sesuai Syariat Islam

Baca Juga: Cara Mencuci Bra yang Tepat Agar Tidak Berubah Bentuk

Baca Juga: Aksesori Wajib Kalau Kamu Mau jadi Fashionista