Masa pandemi memang sangat mengubah pola hidup masyarakat. Terbiasa dengan kerumunan hingga berjabat tangan, kini hal itu tidak bisa dilakukan untuk sementara waktu. Mau nggak mau maysrarakat harus bisa beradaptasi dengan era new normal, termasuk setiap pelaku bisnis dan industri kreatif untuk tetap bertahan dalam keadaan pandemi seperti sekarang.

ADAPT, Kolaborasi 5 Desainer Indonesia untuk Fashion Show VirtualInstagram.com/_riop_

Ide untuk mebuat ADAPT berawal dari RIOP, seorang forografer dan sutradara yang melihat banyak fashion week, pekerjaan acara panggung yang dibatalkan atau ditunda akibat pandemi Covid-19, ADAPT yang berarti penyesuaian, diadakan untuk mengembalikan kegiatan dalam dunia fashion, walau hanya dimulai dari rumah masing-masing. 

ADAPT adalah sebuah hasil eksperimen berupa video presentasi fashion show yang disesuaikan dengan keadaan yang dihadapkan dengan ruang gerak yang terbatas. ADAPT bekerja sama dengan orang-orang yang telah ahli dalam bidangnya, seperti Ari Tulang sebagai koreografer untuk BIN House dan Hartono Gan, Papah Edwan sebagai koreografer untuk fbudi, Jeffry Tan dan Lekat. Seluruh pengarahan diberikan secara virtual melalui video call, yang dilanjutkan dengan sesi virtual video shoot bersama 26 model dari JIM. 

Uniknya, pengambilan video dilakukan oleh para model yang hanya menggunakan smartphone yang dimiliki. Bukan tanpa alasan, namun penggunaan smartphone adalah permintaan RIOP yang ingin menunjukan bahwa kreativitas tidak harus dibatasi oleh perangkat atau kamera yang digunakan dengan hasil yang harus selalu sempurna. 

ADAPT, Kolaborasi 5 Desainer Indonesia untuk Fashion Show VirtualInstagram.com/_riop_

5 Video yang menampilkan koleksi dari para designer, disajikan dengan cara yang berbeda-beda. BIN House ingin menunjukan kesan kebersamaan, walau tidak bersama secara fisik, sambil berkegiatan di rumah masing-masing. Fbudi dengan koleksi terbarunya yang penuh dengan detail ingin memperlihatkan detail secara lebih lambat tanpa memberi kesan melankolis, melainkan menggambarkan wanita Indonesia yang penuh percaya diri.

Selanjutnya Hartono Gan ingin menunjukan bahwa di rumah saja tidak berarti tidak bisa dibalut dengan busana yang indah. Berbeda dengan Lekat yang ingin menampilkan koleksi baru yang terinspirasi dari orang Amish yang menggabungkan fashion dengan fungsi. Terakhir, Jeffry Tan yang menampilkan koleksi sepatu Mei 2020 dan pakaian kerja dan gaun malam yang menjadi pengingat untuk senantiasa berusaha tampil dengan baik, walaupun tetap bekerja dari rumah. 

ADAPT, Kolaborasi 5 Desainer Indonesia untuk Fashion Show VirtualInstagram.com/_riop_

Makna khusus yang ingin disampaikan pada ADAPT adalah gambaran saat ini yang harus melakukan penyesuaian terhadap keadaan. Masa ini dihadapkan dengan tantangan yang menggerakan manusia untuk terus bisa beradaptasi.

Baca Juga: Fashion Show Virtual Pertama Di Dunia, Diadakan untuk Lawan Corona

Baca Juga: Deretan Model yang Masih Melakukan Fashion Show saat Hamil

Baca Juga: Deretan Trend Fashion 2000an yang Lagi Hits di Tahun Ini