Nggak hanya Ivanka Trump yang terkena kasus masalah pembajakan, brand retail ternama ZARA belum lama ini juga dituduh menyontek karya seorang ilustrator dan desainer dari Los Angeles yakni Tuesday Basssen.

ZARA diduga meniru rancangan Tuesday yang berbentuk bros dan patches. Melalui Instagram, Tuesday mengunggah sebuah foto perbandingan antara hasil karyanya dengan yang dibuat oleh ZARA. Dari foto  tersebut memang terlihat jelas setiap detail desain yang dibuat sangat mirip.

Tuesday juga mengungkapkan kekecewaannya melalui twitter. “Tahukah kamu? Terkadang susah menjadi seorang seniman karena perusahaan seperti @Zara secara konsisten meniru karyamu dan tidak mengakuinya,” tulisnya. Pertama kali ia menemukan kemiripan tersebut dari penggemarnya.

ZARA Dituduh Meniru Karya Desainer dari Los Angelesseventeen.com

 

Kemudian bersama pengacaranya, Tuesday menghubungi ZARA tentang hal ini. Namun, sayangnya ia mendapatkan respon menyedihkan. Karyanya dianggap tidak begitu khas sehingga tidak cukup kuat membuktikan bahwa hal ini merupakan plagiarisme.

Dilansir dari Buzzfeed, juru bicara dari perusahaan yang menaungi ZARA yakni Inditex telah menyampaikan pesan terhadap pengacara Tuesday. Mereka menjelaskan bahwa Inditex menghargai setiap kreativitas dari pihak ketiga dan akan mempertimbangkan semua keluhan dari pihak ketiga secara serius.

Wah, semoga kedua belah pihak menemukan solusinya ya Bela. Nah, agar kamu nggak mengalami hal yang sama, sebaiknya jaga hasil karyamu dengan mendaftarkannya langsung ke hak cipta. Setuju?

BACA JUGA: Menurut Zara, Ini Dia 4 Tren Fashion yang Booming!