Sementara Donald Trump sedang sibuk dengan kampanye kepresidenannya di Amerika, putri kesayangannya, Ivanka Trump sedang tertimpa masalah serius.

Kabarnya nih Bela, brand fashion milik Ivanka diduga meniru desain salah satu koleksi sepatu dari brand ternama asal Italia yakni Aquazzura. Sepatu yang dimaksud adalah koleksi ternama Aquazurra yang bernama Wild Things.

Desain sepatu tersebut berwarna merah terang dengan ankle strap dan heels  setinggi 4 inchi atau sekitar 10cm serta dilengkapi detail fringe di bagian depan. Namun, sepatu dari merek Ivanka dijual lebih murah dibandingkan Aquazurra. Ivanka menjual dengan harga $145 atau sekitar Rp 1,9 juta, sedangkan Aquazurra menawarkannya seharga $785 atau sekitar Rp 10 juta.

Ivanka Trump Dituduh Meniru Salah Satu Koleksi Sepatu Asal Italiavogue.co.uk

Pihak hukum dari Aquazurra menjelaskan bahwa hampir setiap detail pada sepatu yang dibuat oleh brand fashion Ivanka, mulai dari bentuk dan siluet hingga ke bagian fringe memiliki kemiripan. Dilansir dari People, dalam tuntutan tersebut tertulis “Mencari kesuksesan seperti yang didapat oleh Aquazurra tanpa melibatkan kreativitas kerja yang keras, terdakwa terpaksa meniru desain populer dari penggugat. Dan perusahaan memohon sebuah perintah (larangan bagi Trump untuk terus menjual sepatu tersebut), bukti laporan keuntungan penjualan sepatu tersebut dari terdakwa, ditambah kerusakan dan biaya pengacara”.

Ivanka Trump Dituduh Meniru Salah Satu Koleksi Sepatu Asal Italiaposhclassymom.com

Namun pihak Ivanka pun telah siap melawan balik dan menolak segala tuduhan yang diajukan itu. Matthew Burris, CFO dari Marc Fisher, perusahaan manufaktur dibalik brand Ivanka Trump memberikan pernyataan kepada People, “ Ini merupakan gugatan tidak berdasar yang bertujuan mencari publisitas. Sepatu tersebut mewakili gaya tren fashion, tidak tunduk pada perlindungan hukum kekayaan intelektual dan ada gaya serupa yang dibuat oleh beberapa merek ternama. Gugatan tersebut tidak berdasar dan kami akan penuh semangat membela diri terhadap tuntutan tersebut. "

Ivanka Trump juga menambahi dengan memberikan penjelasan tentang tujuan dari brand miliknya dalam sebuah konferensi pers belum lama ini. “Alasan saya memulai merek ini karena menurut saya bahwa belum ada produk yang benar-benar relevan bagi millennial, wanita pekerja yang mengikuti tren dengan tepat, yang juga dapat diterima dari segi harga dan kualitas. Kami melihat ada peluang dari hal itu. Jadi kami ingin membuat sesuatu indah yang sesuai untuk digunakan saat bekerja namun ditransisikan dengan cara yang aktif, multi-dimensional woman through the arc of their day,” jelas Ivanka.

Menurut kamu gimana Bela, mirip banget nggak?