Bela, salah satu cara yang sering kita lakukan untuk menjaga kualitas pakaian tetap baik adalah dengan dry cleaning. Tentu saja, cara ini membantu kita jadi nggak perlu repot untuk mencuci dan tanpa merusak bahannya. Tapi faktanya Bela, dry cleaning terkadang juga bikin kita merasa frustasi. Mulai dari biayanya yang mahal apalagi jika pakaian kita memiliki bahan yang sedikit rumit untuk dibersihkan sampai lokasi tempat laundry yang jauh atau bahkan waktu beroperasi yang nggak bisa diperkirakan. Nah, Popbela punya beberapa tips buat kamu biar nggak terlalu sering pergi untuk dry cleaning. Intip yuk!

Biar Hemat, Simak 4 Cara Mencuci Baju Tanpa Harus Dry Leaning dan Laundry
 
 
Dengan mempelajari dan mengenali bahan-bahan pakaian kamu bisa mencari cara yang lebih mudah untuk membersihkannya tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk dry cleaning.
 
- Polyster, Nylon, dan Spandex: Untuk bahan polyster dan nylon bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci atau tangan. Tapi menghindari pakaian dengan bahan ini menjadi rusak, lebih baik kamu mencucinya secara manual dengan menggunakan air hangat. Lalu hindari mengeringkan pakaian berbahan spandex dengan mesin cuci karenan bisa membuatnya menjadi melar.
 
- Katun dan Linen: Biasanya bahan katun dan linen bertekstur tipis dan ringan, untuk membersihkannya gunakan ari bersuhu rendah untuk membuatnya nggak berkerut. Hindari juga penggunaan pemutih atau klorin.
 
- Wol dan Sutra: Cuci dengan menggunakan tangan dan  air hangat, hindari menggunakan mesin pengering.
 
Biar Hemat, Simak 4 Cara Mencuci Baju Tanpa Harus Dry Leaning dan Laundry
 

Meski terkesan sangat merepotkan, tapi mencuci dengan menggunakan tangan bisa meminimalisir kerusakan pada baju. Caranya juga sederhana lho Bela, kamu cukup menyediakan air secukupnya sesuai dengan kuantitas pakaian. Lalu tambahkan deterjen dan biarkan terendam sampai sekitar 30 menit kemudian kucek dengan lembut. Langkah selanjutnya, bilas pakaian berkali-kali sampai busa menghilang, peras dan jemur.

Biar Hemat, Simak 4 Cara Mencuci Baju Tanpa Harus Dry Leaning dan Laundry
 

Menyetrika bisa menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak memakan waktu. Belum lagi, jika pakaianmu memiliki bahan yang sulit menjadi rapi. Untuk menghemat waktu, steamer bisa menjadi solusi terbaik buat kamu. Steamer juga membantu menjaga kualitas pakaian lebih baik dan terhindari dari resiko terbakar atau hangus.

Biar Hemat, Simak 4 Cara Mencuci Baju Tanpa Harus Dry Leaning dan Laundry
 

Jika mencuci menggunakan tangan terlalu merepotkan, mesin cuci menjadi satu-satunya solusimu. Sebelum mencuci dengan mesin, perhatikan label pakaianmu dan pisahkan berdasarkan jenis bahannya. Biasanya mesin cuci memiliki tombol pengaturan, karenanya sebelum mencuci perhatikan label pakaian dan pisahkan sesuai dengan bahannya. Lalu mulailah untuk mengatur level air dan teknik cucian yang ingin digunakan.

 

BACA JUGA: 4 Tips Mudah Menghilangkan Noda Lipstik Di Baju