Disney Indonesia mengumumkan peluncuran koleksi 'We Are One' yang menampilkan enam merek lokal, termasuk FAYT, Novere, Puru Kambera, Secondate, Sneakon, dan VAIA, dalam acara launching khusus bersamaan dengan peluncuran koleksi deretan merek fashion and beauty lokal lainnya. Kolaborasi ini menyatukan kisah-kisah abadi Disney dengan visi dan gaya khas masing-masing merek melalui casual wear, modest wear, sepatu, produk kecantikan, dan aneka produk menarik lainnya.

Berbagai kisah Princess dan heroines Disney, seperti ketangguhan hati Princess Tiana dan jiwa petualang Princess Rapunzel sudah menjadi bagian dari berbagai generasi dan senantiasa menginspirasi fans Disney di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kehadiran koleksi 'We Are One' berharap mampu merefleksikan interpretasi dari tiap merek lokal dengan pesan positif mengenai keberanian, kebaikan hati dan kreativitas oleh kisah Disney Princess and heroines favorit mereka.

'We are One', Koleksi Kolaborasi Disney dengan Brand LokalMagnifique Disney UPC

Menariknya, kreativitas tiap merek juga menghasilkan koleksi yang segar dan unik, mengombinasikan nostalgia dengan tren masa kini yang menarik untuk penikmat fashion tanah air.

"Koleksi 'We Are One' pada intinya adalah selebrasi desainer dan merk lokal beserta dengan fans Disney untuk bersatu, berkolaborasi dan menunjukan rasa cinta mereka," ujar Mahek Shah, Director of Consumer Products The Walt Disney Company Indonesia.

“Bekerjasama dengan kreator dan bisnis lokal untuk memberikan platform agar dapat terhubung dengan fans Disney merupakan pengalaman yang sangat istimewa. Kami juga senantiasa mendukung kreativitas luar biasa dari berbagai merek lokal di Indonesia, dan memperluas magic dari film-film Disney yang selama ini hanya dilihat melalui screen,” tambahnya.

Menurut Mahek, koleksi ini memungkinkan penggemar dari berbagai usia untuk terhubung dengan beraneka cerita Disney favorit mereka dengan cara baru yang menarik.

'We are One', Koleksi Kolaborasi Disney dengan Brand LokalMagnifique Disney UPC

'We Are One' juga merupakan puncak dari Disney's Ultimate Princess Celebration–sebuah global extravaganza selama setahun yang pertama kali peluncurannya di Indonesia pada tahun 2021, merayakan berbagai kepribadian luhur dari Disney heroines. Sebagai wujud apresiasi bagi fans Disney atas dukungan mereka, merek-merek tersebut menyelenggarakan fan event yang menampilkan trunk show preview line-up terbaru mereka, menyoroti berbagai merek favorit. Salah satunya merek modest wear Puru Kambera yang membawakan koleksi terinspirasi dari noble and free spirit seorang Pocahontas.

Be true to yourselves

'We are One', Koleksi Kolaborasi Disney dengan Brand LokalDok. POPBELA.com/Evelyn Anggraini

Gitta Amelia, co-founder dari Secondate, mengatakan bahwa Secondate senantiasa merayakan real people and real stories. Salah satu produk keluaran Secondate, yakni Royal Lip Mousse, tersedia dalam 10 shade yang mewakili 10 Princess terpilih serta kisah unik dari tiap Princess.

“Kita sangat antusias dengan produk kolaborasi ini, karena kita semua tumbuh dengan kisah-kisah unik dari Disney Princess. Kami berharap koleksi yang dihadirkan pada hari ini bisa menginspirasi beauty enthusiasts untuk selalu be true to yourselves dan menjadi heroine dengan versi kalian masing-masing,” imbuhnya.

Representasi keberagaman Indonesia

'We are One', Koleksi Kolaborasi Disney dengan Brand LokalDok. POPBELA.com/Evelyn Anggraini

Menurut Jesca Aderland dan Jeanita Adeline dari NOVERE, koleksi Disney Princess-inspired mereka membawa pesan keberagaman atau diversity khususnya bagi generasi muda tanah air.

“Salah satu desain pada koleksi ini sangat spesial untuk kami, terdapat sebuah dress dengan corak yang mewakili 12 Disney Princess Icons, dilengkapi gradient fabric yang mencerminkan warna kulit dari gelap hingga terang,” ujar Jesca.

Hal ini merupakan upaya NOVERE dalam menjadikan koleksi ini sebuah representasi dari keberagaman masyarakat Indonesia. Sejalan dengan hal itu, Novere berharap agar produk mereka dapat mendorong lebih banyak orang untuk merangkul perbedaan dan keragaman.

Berbuat baik dan penuh keyakinan

'We are One', Koleksi Kolaborasi Disney dengan Brand LokalDok. POPBELA.com/Evelyn Anggraini

Sementara itu, merek footwear lokal Sneakon membawakan koleksi yang mengusung tema Cinderella.

"Sneakon sangat mempercayai pesan #KindnessInEveryStep. Cinderella merupakan inspirasi yang tepat untuk menyuarakan pesan ini. Terlepas dari kesulitan yang dihadapinya, Cinderella selalu memilih untuk melakukan hal-hal baik. Ia juga telah menunjukan bahwa kebaikan hati dapat berdampak besar,” kata Ricky Abraham, Public Relations dari Sneakon.

Melalui koleksi ini, Sneakon berharap mampu menginspirasi lebih banyak perempuan muda Indonesia untuk berbuat baik dan berani mengambil langkah pertamanya dengan penuh keyakinan.

Berani dan pantang menyerah

'We are One', Koleksi Kolaborasi Disney dengan Brand LokalDok. POPBELA.com/Evelyn Anggraini

Founder of VAIA, Affania Fariza Balqis, mengungkapkan bahwa koleksi keluarannya terinspirasi dari Princess Tiana, Princess Belle, dan Princess Aurora.

"Dari Princess Aurora, kita juga belajar untuk menjadi seorang wanita yang memiliki kebaikan hati, memiliki keanggunan, memberikan sinar tersendiri bagi orang-orang sekitar. Kalau dari Princess Belle, kita belajar menjadi seorang percaya diri dan kecantikannya dapat menjadi lebih bersinar. Dan sementara kalau dari Tiana, kita juga bisa belajar bahwa kita nggak boleh pantang menyerah, kita harus berusaha mewujudkan mimpi kita," ujar Affania.

Awalnya, produk dari VAIA hanya mengeluarkan versi warna netral saja, tetapi setelah melewati masa-masa pandemi, Affania merasa bisa lebih berekspresi dengan memasukkan warna lain, seperti kuning dan hijau untuk spesial kolaborasi Disney ini.

Cocok dipakai untuk segala kegiatan

'We are One', Koleksi Kolaborasi Disney dengan Brand LokalDok. POPBELA.com/Evelyn Anggraini

FAYT memperkenalkan dua koleksi footwear--Sateen by FAYT, yang melambangkan kecantikan yang sederhana dan mendorong gaya hidup slow living; dan Dazzling by FAYT, yang menampilkan footwear elegan dan mewah, cocok untuk acara yang lebih formal.

"Dari setiap koleksi, kita ada badge logonya setiap Princess. Jadi, kita ambil setiap ikonik juga jadi satu lapisan di belakang untuk ikonnya," kata Selwyn Revia, Head of Marketing FAYT.

Kedua koleksi tersebut tersedia dalam 12 warna yang terinspirasi dari 12 karakter Disney Princess: Cinderella, Jasmine, Moana, Belle, Tiana, Mulan, Ariel, Aurora, Rapunzel, Pocahontas, Snow White dan Merida.

Baca Juga: Gaya Asli Seleb Hollywood yang Pernah Perankan Karakter Putri Disney

Baca Juga: 7 Artis yang Tampil Terlalu Seksi di Perayaan Halloween 2022

Baca Juga: Deretan Gaya Publik Figur Indonesia di Momen Halloween 2022