Perhiasan merupakan fashion item yang paling sering dipakai perempuan, salah satunya anting. Anting menambah riasan wajah dan style kamu semakin elegan dan mewah. Tapi percaya atau nggak, anting dapat menyerap minyak dari keringat kulit bahkan rambut yang mengakibatkan anting kamu kotor sehingga mengeluarkan bau tidak sedap. Solusinya adalah, kamu harus rutin untuk membersihkannya agar dapat menjaga anting beserta kesehatan kulit. Bagaimana caranya? Scroll down dan simak artikel di bawah ini!

1. Cuci tangan dengan bersih

Cara Membersihkan Anting yang Benar Setelah DipakaiMentalfloss.com

Jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun agar menghindari bakteri dan usahakan dengan air hangat. Pastikan saat mencuci untuk menyeluruh ke seluruh jari. Setidaknya cucilah tangan selama 20 detik. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk bersih. Hal ini dapat mencegah agar saat memegang anting tidak tambah kotor.

2. Siapkan sabun pencuci piring

Cara Membersihkan Anting yang Benar Setelah DipakaiThriftyFun.com

Sebenarnya membersihkan anting nggak harus ribet menggunakan sabun yang susah dicari. Kamu bisa pergi sebentar ke tempat pencuci piring, lalu gunakan sabun pencuci piring untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari anting. Tuangkan 1 cangkir air hangat ke dalam mangkuk, kemudian campur 1 sendok sabun cuci piring, terakhir aduk dengan jari tangan sampai larut.

3. Pilih sabun tanpa parfum

Cara Membersihkan Anting yang Benar Setelah DipakaiWirecutter.com

Usahakan memilih sabun cuci tanpa parfum ataupun pemutih, sebab hal tersebut dapat merusak anting. Setelah kamu sudah menemukan sabun yang cocok, rendamlah anting selama 3 menit.

4. Bisa pakai sikat gigi

Untuk menggosok perhiasan, kamu diharuskan untuk mengambil sikat gigi yang memiliki bulu lembut, kemudian sikat pelan-pelan. Setelah itu bisa rendam kembali selama 1-2 menit. Angkat anting dan taruh di tisu kering. 

5. Biar anting tambah cemerlang, rendam di air soda

Cara Membersihkan Anting yang Benar Setelah DipakaiIndiamart.com

Kalau kamu ingin anting lebih tampak cemerlang, rendam anting di dalam air soda dengan cara, tuang air soda kedalam gelas secukupnya. Setelah itu wajib membersihkan kembali kotoran yang tersisa di anting, bisa kenakan kapas ataupun tusuk gigi. Jangan lupa untuk bilas kembali ya, Bela!

Baca Juga: Ciptakan Tampilan Ekstra Lewat 7 Anting Statement Ini