Sebagai warisan budaya Indonesia, batik tentu harus dijaga kelestariannya. Batik melambangkan keunggulan Indonesia yang kaya akan budaya. Beragam jenis dan motif batik yang khas dari hampir seluruh daerah di Indonesia ternyata punya makna dan filosofinya masing-masing, lho.

Kali ini Popbela akan membahas ragam jenis motif batik dan filosofi batik nusantara yang populer. Let's take a look!

1. Batik sidomukti merupakan salah satu jenis batik keraton Solo, Jawa Tengah. Batik ini memiliki pola berbentuk persegi dengan warna soga atau cokelat khas batik klasik. Makna dari batik sidomukti sesuai dengan namanya, kata 'sido' berarti menjadi dan 'mukti' memiliki arti mulia dan sejahtera.

Deretan Jenis Motif dan Filosofi Batik Nusantara yang Populerpinterest.com

2. Jadi salah satu motif batik tertua di jejeran warisan budaya Indonesia, batik parang kusumo dari Solo dulunya dipakai oleh raja dan ratu keraton. Motifnya berbentuk diagonal yang menyerupai ombak lautan, dengan filosofi bahwa kehidupan harus dilandasi oleh perjuangan dan usaha.

Deretan Jenis Motif dan Filosofi Batik Nusantara yang Populerpinterest.com

3. Batik tujuh rupa merupakan motif batik yang bernuansa alam. Batik unggulan dari Pekalongan ini pada umumnya mengandung motif hewan dan tumbuhan. Batik tujuh rupa memiliki makna kelembutan dan menggambarkan kehidupan orang pesisir Jawa yang mudah beradaptasi dengan kebudayaan luar.

Deretan Jenis Motif dan Filosofi Batik Nusantara yang Populergrahabatik.com

4. Batik mega mendung ialah jenis batik yang populer dari Cirebon. Khas dengan motifnya yang menggambarkan pola-pola awan, nyatanya batik mega mendung punya filosofi yang mendalam. Gradasi warna pada motifnya melambangkan tujuh lapisan yang ada di langit, dan bagaimana manusia harus memiliki kesabaran dan tidak cepat terbakar amarah.

Deretan Jenis Motif dan Filosofi Batik Nusantara yang Populerpinterest.com

5. Batik sekar jagad merupakan batik pedalaman yang berasal dari Solo dan Yogyakarta. Sekar jagad memiliki arti keindahan yang mempesona. Kata 'kar' diambil dari bahasa Belanda yang berarti peta dan 'jagad' dalam bahasa Jawa berarti dunia. Motif batik ini juga melambangkan keberagaman budaya baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Deretan Jenis Motif dan Filosofi Batik Nusantara yang Populerthelanguageofcloth.com

Baca Juga: Rayakan Hari Batik Nasional, Ini Potret Seleb Tanah Air Pakai Batik!

Baca Juga: Tips Memakai Kain Batik Sesuai Bentuk Tubuh

Baca Juga: Tips Merawat Kain Batik di Rumah, Tetap Awet dan Tahan Lama