Masih dalam situasi pandemi, bulan Ramadan tahun ini kembali dirasakan dengan suasana yang berbeda. Masyarakat dari berbagai kalangan harus mulai beradaptasi dan membiasakan diri dalam situasi new normal, termasuk para pelaku bisnis fashion. Tradisi Ramadan yang terpaksa tidak dapat dilakukan pada tahun lalu kali ini ingin dibangkitkan kembali di tahun 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Setiap hari Jumat pukul 4 sore selama bulan Ramadan, Popbela akan menemani waktu menjelang buka puasa dengan program “Before Iftar” secara online dalam format live Instagram.

Before Iftar kali ini ditemani oleh Linda Anggrea, seorang fashion designer dan pendiri Buttonscarves yang berbagi kisah seputar penyesuaian desainer dalam menghadapi pandemi Covid-19 di suasana Ramadan, hingga berbagi tips berpakaian saat hari Lebaran di suasana new normal. Selengkapnya bisa kamu simak secara eksklusif di bawah ini.

Awal mula membangun Buttonscarves

Cara Linda Anggrea Kembalikan Semangat Hari Raya & Tips OOTD Lebaraninstagram.com/lindaanggrea

"Sebenarnya aku terjun ke dunia bisnis secara tidak sengaja, berawal dari kebutuhan saat mulai berhijab, yang pada waktu itu kesulitan mencari hijab sesuai dengan keinginan. Akhirnya terinspirasi, melihat permasalahan sama yang biasa ditemui oleh banyak pengguna hijab baru. Selain itu aku juga melihat potensi bagaimana Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia tapi belum ada local brand hijab yang serius menggarap scarves sebagai main product. Aku pikir, why not? Coba mulai membangun brand hijab yang berangkat dari opportunity dan kebutuhan yang ada."

Proses menemukan desain yang khas sampai jadi brand identity

Cara Linda Anggrea Kembalikan Semangat Hari Raya & Tips OOTD Lebaraninstagram.com/lindaanggrea

"Awalnya produk aku memang hanya terbatas pada hijab polos saja. Namun karena sambutan dari customer cukup baik dan responnya bagus, aku berpikir harus selalu punya kategori dan inovasi terbaru. Akhirnya mengeluarkan printed collection pertama Buttonscarves, yaitu motif watercolor. Pada waktu itu memang belum ada brand hijab yang mengeluarkan motif watercolor. Berawal dari hal tersebut dengan sendirinya jadi ciri khas dan terbentuk brand identity hingga dijadikan special collection yang selalu hadir dengan tema yang berbeda di setiap koleksinya."

Tanggapan jika karya ditiru brand lain

Cara Linda Anggrea Kembalikan Semangat Hari Raya & Tips OOTD Lebaraninstagram.com/lindaanggrea

"Pada dasarnya di industri fashion sulit untuk menentukan copy-cat atau plagiarisme karena memang sangat luas. Banyak aku temukan istilah inspired by' dan hal tersebut sah-sah aja. Tidak ada yang salah selama tidak persis sama dan tidak menggunakan identitas Buttonscarves. Bahkan kita dapat menciptakan sebuah tren dan membentuk pasar hingga menunjukkan brand identity."

Adaptasi di masa pandemi

Cara Linda Anggrea Kembalikan Semangat Hari Raya & Tips OOTD Lebaraninstagram.com/lindaanggrea

"Telah berlalu satu tahun, Buttonscarves sudah mampu beradaptasi dengan kondisi dan tahu cara menanganinya. Buttonscarves beradaptasi mulai dari cara kerja sampai proses penjualan, supaya bisa keep up dengan kondisi yang ada. Kunci Buttonscarves tetap bertahan dengan tim yang masih komplit ialah lebih berinovasi dan push to the limit. Meskipun tidak bisa mengadakan fashion show, Buttonscarves harus bisa lebih kreatif, supaya experience bisa tetap dirasakan oleh customer. Mengadakan virtual fashion show atau short movie untuk menunjukkan koleksi terbaru Buttonscarves  ke customer. Justru karena orang-orang sudah terbiasa menonton virtual show, audiens Buttonscarves  malah jadi lebih banyak, lho. Jadi, diambil positifnya saja."

Kembalikan suasana meriah di hari raya dengan koleksi terbaru

Cara Linda Anggrea Kembalikan Semangat Hari Raya & Tips OOTD Lebaraninstagram.com/lindaanggrea

"Koleksi terbaru Buttonscarves, The Royale Series, terinspirasi dari suasana meriah di hari raya, ramai saat kumpul bersama keluarga. Ramadan dan Idul Fitri tahun lalu rasanya kaya berbeda, Buttonscarves ingin membangkitkan kembali suasana kemeriahan hari raya dengan menghadirkan suatu koleksi yang bertemakan The Royale Series, meski masih dalam kondisi seperti ini. Koleksi ini memang berbeda dengan koleksi lainnya yang biasanya menghadirkan warna-warna soft, sekarang Buttonscarves hadir dengan something bold yang membawa energi positif dan membangkitkan semangat agar tidak bersedih lagi."

Gaya keren di hari Lebaran: pattern & embellished

Cara Linda Anggrea Kembalikan Semangat Hari Raya & Tips OOTD Lebaraninstagram.com/lindaanggrea

"Spesial hari raya Lebaran tahun ini ialah wear something comfortable. Busana yang festive namun tetap nyaman akan cocok dengan cuaca sekarang yang tidak menentu. Aku selalu mengutamakan kualitas bahan dengan potongan baju yang loose namun tidak melupakan estetika. Pilih hijab dengan pattern yang ramai, usahakan kenakan baju dengan embellishment yang tidak terlalu berlebihan."

Baca Juga: Inspirasi OOTD Hijab Street Style a La Selebgram Indonesia

Baca Juga: Tips & Trik Memilih Model Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Baca Juga: 7 Baju Pilihan Artis Indonesia saat Rayakan Lebaran di Rumah Aja