Tas transparan atau PVC bag kini banyak digemari para pencinta fashion. Desainnya yang simpel tapi unik bisa membuat pemakainya jadi pusat perhatian. Harganya yang beragam berkisar dari yang mahal hingga terjangkau. 

Eits meskipun kelihatannya mudah dirawat, tapi tas transparan sangat rentan untuk menguning, lho. Yuk, intip lima cara mudah merawat tas transparan supaya nggak cepat menguning. Coba, ya!

1. Selalu bersihkan tas transparan secara berkala

Anti Kuning, Ini Cara Merawat Tas Transparan dengan Mudahwhowhatwear.com

Mencegah tas transparan cepat menguning, tentu kamu perlu membersihkannya secara berkala. Cara membersihkannya cukup mudah kok. Jika tas transparan berdebu, cukup gunakan kain lap atau tisu. Supaya tidak kusam, kamu bisa pakai silicon wax atau krim kulit dan diusapkan secara perlahan ke permukaan tas transparan. 

Nah, kalau ada noda yang menempel, coba gunakan air hangat dan sedikit sabun. Gosok bagian yang terkena noda secara perlahan sampai noda menghilang. Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat merusak bahan dari tas transparan.

2. Hindari menyimpan tas transparan dalam keadaan basah

Anti Kuning, Ini Cara Merawat Tas Transparan dengan Mudahpinterest.com

Jika tas transparanmu terkena hujan atau habis dicuci, sebaiknya pastikan tas sudah benar-benar kering sebelum menyimpannya. Gunakan kain yang lembut dan usapkan tas sampai kering. Hindari menyimpan tas transparan dalam keadaan basah karena bisa meningkatkan resiko timbulnya jamur dan cepat menguning.

3. Sebaiknya simpan dengan silica gel

Anti Kuning, Ini Cara Merawat Tas Transparan dengan Mudahshutterstock.com

Tas transparan sudah bersih dan kering, jangan sembarangan menyimpannya. Hindari menyimpan tas transparan di tempat yang lembab. Gunakan silica gel supaya terhindar dari jamur dan efek menguning. Simpan di dalam dusty bag untuk melindungi tas transparanmu dari goresan dan debu.

4. Jika sudah terlanjur menguning, gunakan baking soda

Anti Kuning, Ini Cara Merawat Tas Transparan dengan Mudahgreenbelly.co

Nggak usah bingung kalau tas transparanmu sudah terlanjur menguning. Kamu bisa manfaatkan baking soda yang ada di dapur. Cukup campurkan dengan air dan gosok pada noda kuning. Gunakan sikat gigi bekas yang halus ya, Bela.

5. Hindari menyimpan tas transparan di tempat yang panas

Anti Kuning, Ini Cara Merawat Tas Transparan dengan Mudahpinterest.com/immillieholmes

Ini merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik tas transparan. Selain di tempat yang lembab, tas transparan juga nggak boleh disimpan di tempat yang panas. Tempat yang panas bisa membuat bahan dari tas transparan menjadi melar dan rusak. Selain itu, efek panas juga bisa buat tas cepat menguning dan memudar.

Baca Juga: Gampang Banget! Ini Dia Cara Merawat Tote Bag

Baca Juga: Tips Mudah Membersihkan Tas Mahal

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Rekomendasi Tas Mewah Elegan dari Brand Lokal