Dress dengan detail payet atau manik-manik memang sangat cantik, mampu membuat tampilan jadi lebih elegan. Hal tersebut jadi alasan dress berpayet cenderung lebih sering dipakai untuk acara formal atau momen-momen spesial. Maka dari itu, perawatannya juga harus spesial. Dress dengan detail payet harus dirawat secara khusus supaya payetnya tetap terjaga dan nggak mudah lepas. Scroll ke bawah untuk cari tahu lebih lanjut tips merawat dress berpayet dari Popbela!

1. Cuci secara manual dengan tangan

Cara Merawat Dress dengan Detail Payet Supaya Lebih Awetthejakartapost.com

Proses pencucian dress berpayet memang nggak boleh sembarangan. Jika asal dicuci di mesin cuci, detail payet atau manik-maniknya akan mudah terlepas dan cepat rusak. Maka dari itu, selalu cuci menggunakan tangan. Gunakan detergen berbahan ringan untuk menjaga kualitas serat kain pada dress.

2. Hindari menyikat atau memeras dress berpayet

Cara Merawat Dress dengan Detail Payet Supaya Lebih Awetfreepik.com

Saat mencuci dengan tangan, hindari menyikat atau memeras dress karena akan beresiko membuat payetnya copot dan merusak keindahan dress kamu. Cukup gunakan handuk kecil untuk menyerap sisa-sisa air yang ada pada dress, kemudian jemur di tempat yang teduh dan berangin.

3. Gunakan setrika uap

Cara Merawat Dress dengan Detail Payet Supaya Lebih Awetradiomontecarlo.net

Menyetrika dress berpayet memang agak tricky. Nggak boleh asal disetrika karena jika terkena permukaan yang panas, payet atau manik-manik pada dress dapat meleleh. Maka dari itu, gunakan setrika uap dengan mode suhu yang rendah.

4. Simpan secara khusus di dalam lemari

Cara Merawat Dress dengan Detail Payet Supaya Lebih Awetblog.ever-pretty.com

Penyimpanan dress berpayet juga ada triknya tersendiri, lho. Simpan dress berpayet dengan cara digantung dan dilapisi dengan plastik transparan. Ini dilakukan supaya detail payet nggak tersangkut-sangkut pada pakaian lain. Jangan melipat dress berpayet dan simpan di tempat yang nggak lembap untuk menghindari jamur.

5. Andalkan jasa dry clean supaya lebih maksimal

Cara Merawat Dress dengan Detail Payet Supaya Lebih Awettwentyfifthhourconcierge.com

Nggak punya waktu merawat dress berpayet, kamu bisa andalkan jasa dry clean yang bisa ditemukan dimana-mana. Selain cepat dan mudah, hasilnya pun tentu akan lebih maksimal. Nggak perlu khawatir payet jadi rusak atau terlepas.

Baca Juga: 7 Inspirasi Warna Dress Polos yang Bisa Kamu Tiru

Baca Juga: Tips Merawat Hijab Beads Supaya Nggak Cepat Rusak, Makin Awet!

Baca Juga: Makin Awet, Ini 5 Tips Merawat Hijab Cornskin yang Benar