Masa pandemi membuat pergerakan kita jadi terbatas, sepatu pun jadi jarang dipakai karena terpaksa harus stay di rumah. Namun jangan salah, sepatu yang terlalu lama disimpan dengan cara yang salah justru dapat memperburuk kondisi sepatu dan malah jadi cepat rusak lho. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara menyimpan sepatu dengan tepat supaya sepatumu tetap awet. Simak tips selengkapnya di bawah ini.

1. Andalkan pelindung sol sepatu

Cara Menyimpan Sepatu yang Jarang Dipakai Supaya Tetap Awetshopee.co.id

Supaya sepatumu lebih awet meski disimpan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakan pelindung sol sepatu. Ini akan membuat bagian sol sepatumu terjaga dari debu dan kotoran yang dapat membuat sol sepatu jadi cepat rusak dan menguning. Pelindung sol sepatu dapat dengan mudah dicopot dan dipasang sesuai kebutuhan.

2. Pastikan sepatu dalam keadaan bersih sebelum disimpan

Cara Menyimpan Sepatu yang Jarang Dipakai Supaya Tetap Awetthespruce.com

Sebelum menyimpan sepatu, selalu pastikan sepatumu dalam keadaan bersih ya, Bela. Sepatu yang disimpan dalam keadaan kotor tentu dapat mengundang jamur dan sepatu jadi cepat rusak. Selain itu, bersihkan sepatu secara berkala supaya sepatumu tetap terlihat seperti baru.

3. Manfaatkan kertas atau koran bekas sebagai ganjalan

Cara Menyimpan Sepatu yang Jarang Dipakai Supaya Tetap Awetsavvycamel.com

Pasti kamu sering melihat kertas-kertas pengganjal pada sepatu baru, kan? Nah, kertas pengganjal tersebut berguna untuk menjaga bentuk sepatu sehingga tetap bagus dan tidak berubah meski disimpan dalam waktu yang lama. Sebaiknya lakukan hal yang sama pada sepatumu ya, Bela. Kamu bisa gunakan kertas atau koran bekas yang dipadatkan ke bagian dalam sepatu.

4. Simpan sepatu di tempat yang kering

Cara Menyimpan Sepatu yang Jarang Dipakai Supaya Tetap Awetthespruce.com

Jika sepatu bersih dan sudah diganjal dengan kertas, simpan sepatu di tempat yang kering dan tidak lembap. Tempat yang lembap dapat membuat sepatu rentan terhadap jamur dan sepatu pun jadi cepat rusak. Jangan menyimpan sepatu dalam plastik atau kotak kardus karena akan menutup sirkulasi udara bagi sepatu. Selain itu hindari paparan sinar matahari langsung yang dapat membuat permukaan sepatu jadi cepat rusak dan terkelupas.

5. Gunakan shoe shiner atau polisher bila perlu

Cara Menyimpan Sepatu yang Jarang Dipakai Supaya Tetap Awetpinterest.com

Menjaga sepatu tetap mengilap, kamu bisa gunakan shoe shiner atau polisher yang bisa didapatkan dengan mudah. Secara berkala menyemir sepatu juga mampu menjaga tekstur dan permukaan sepatu supaya lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga: Cara Membersihkan Sol Sepatu Putih yang Kotor dan Menguning

Baca Juga: Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Online

Baca Juga: Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepat