Meski nyaman dipakai, namun sepatu kain memang rentan terkena jamur apabila jarang dirawat. Sepatu kain yang kotor dan lembap akan lebih mudah memicu tumbuhnya jamur dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

Jangan khawatir, Popbela punya tips mengatasi sepatu kain yang berjamur. Let's check it out!

1. Sepatu kain sebaiknya dicuci secara rutin supaya anti jamur. Coba trik mencampurkan baking soda dan cuka. Campuran kedua bahan ini memiliki sifat antibakteri yang ampuh melawan jamur dan bau tidak sedap pada sepatu kain.

Cara Mengatasi Sepatu Kain yang Berjamur, Nggak Sulit Kok!pinterest.com

2. Gunakan air hangat saat mencuci sepatu kain. Dibandingkan mencuci dengan air dingin, air hangat mampu membersihkan kotoran dan mengatasi pertumbuhan jamur pada sepatu. Namun pastikan suhu air tidak terlalu panas karena dapat merusak kualitas kainnya.

Cara Mengatasi Sepatu Kain yang Berjamur, Nggak Sulit Kok!pinterest.com

3. Pilih sikat berbulu halus saat membersihkan jamur. Bukannya membunuh jamur, gosokan yang terlalu kasar pada sepatu kain justru akan merusak serat kain.

Cara Mengatasi Sepatu Kain yang Berjamur, Nggak Sulit Kok!freepik.com

4. Setelah selesai dicuci, jemur sepatu kain di luar ruangan. Perhatikan juga teknik penyimpanan sepatu. Pastikan menyimpan sepatu di tempat yang tidak lembap dan gunakan silica gel supaya tetap kering.

Cara Mengatasi Sepatu Kain yang Berjamur, Nggak Sulit Kok!simplemost.com

5. Last but not least, semprotkan pembasmi jamur khusus sepatu. Praktis dan mudah dibawa kemana pun, spray anti jamur bisa jadi andalan.

Cara Mengatasi Sepatu Kain yang Berjamur, Nggak Sulit Kok!pinterest.com

Baca Juga: Rekomendasi Model Sepatu Oxford Perempuan yang Anti Boring

Baca Juga: Perbedaan Konversi Ukuran Sepatu Internasional (US, UK, EU, dan Japan)

Baca Juga: Tips Merawat Sepatu Boots di Musim Hujan Supaya Awet dan Anti Bau