Bela pasti udah nggak asing lagi ‘kan dengan gaya hidup sustainable living? Faktanya, artis-artis Hollywood dan selebriti tanah air sudah banyak yang menerapkannya lho! Kalau Bela kapan nih mau memulainya?

Nah, cara yang paling simpel, Bela bisa mulai dengan memakai pakaian dengan bahan yang sustainable nih. Salah satunya bahan serat viscose atau lebih dikenal dengan nama rayon yang terbuat dari pulp kayu. Kira-kira, bahan ini gampang ditemukan di Indonesia nggak ya? Jelas dong, soalnya ada Asia Pacific Rayon nih, Bela.

Di Indonesia, Asia Pacific Rayon telah menjadi produsen yang terintegrasi lho! Hal ini sangat diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno khususnya lewat dukungan perusahaan tersebut dalam mendirikan ruang kolaboratif “Jakarta Fashion Hub”, kok bisa ya? Simak ulasannya yuk! Pencinta fesyen, ayo merapat!

1. Sandiaga Uno meresmikan Jakarta Fashion Hub (JFH) sebagai motor penggerak ekonomi kreatif

Sandiaga Uno Bangga Ada Jakarta Fashion Hub di Jakarta, Simak Yuk! Dok. APR

Ruang kolaboratif yang mempertemukan fesyen dan kreativitas, Jakarta Fashion Hub (JFH) diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Sabtu (04/12). Sejak kehadirannya pada pertengahan tahun lalu, JFH diharapkan dapat menjadi platform bagi penggiat kreatif dalam menggerakkan potensi industri khususnya di bidang fashion, tekstil dan ekonomi kreatif berkelanjutan di dalam negeri.

Peresmian ruang kolaboratif tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menparekraf di Gedung Jakarta Fashion Hub, yang berlokasi di pusat Jakarta, tepatnya di Jalan Teluk Betung Nomor 33. Turut hadir dalam peresmian tersebut Managing Director Royal Golden Eagle (RGE) Group Anderson Tanoto dan Direktur Asia Pacific Rayon (APR), Basrie Kamba.

2. Karya-karya merek lokal Imaji Studio membuat Sandiaga Uno terpesona

Sandiaga Uno Bangga Ada Jakarta Fashion Hub di Jakarta, Simak Yuk! Dok. APR

Salah satu bentuk kolaborasi Jakarta Fashion Hub ditunjukkan lewat pameran “Jenggala Vol: 2” yang menggandeng merek lokal Imaji Studio. “Kesamaan visi dalam mendukung fesyen yang berkelanjutan menyatukan Imaji Studio dengan Jakarta Fashion Hub. Kami sangat dimudahkan dengan adanya Hub yang tidak hanya mendukung ekonomi kreatif tapi juga keberlanjutan,” ujar Shari Semesta, Founder Imaji Studio.

Dalam acara peresmian JFH, Imaji Studio yang diwakili oleh Shari Semesta memberikan cinderamata untuk Sandiaga Uno berupa kemeja dan masker yang terbuat dari bahan yang sustainable. Hal ini, membuat Sandiaga Uno semakin #BanggaBuatanIndonesia.

3. Apresiasi Sandiaga Uno untuk Jakarta Fashion Hub: mendorong potensi bisnis di bidang fashion

Sandiaga Uno Bangga Ada Jakarta Fashion Hub di Jakarta, Simak Yuk! Dok. APR

Jakarta Fashion Hub tak hanya menawarkan tempat untuk merancang konsep, mendesain produk fesyen hingga memanfaatkan berbagai fasilitas. Dengan 3.900 anggota aktif, Jakarta Fashion Hub telah berkolaborasi dengan sedikitnya 50 brand atau fashion designer dalam negeri dan menyelenggarakan fashion show, virtual shopping serta webinar seputar fesyen dan fesyen berkelanjutan.

“Melalui Jakarta Fashion Hub, diharapkan penciptaan karya fesyen nasional bisa semakin lebih baik, memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat dan karya Indonesia semakin siap bersaing mendunia. Peresmian ini juga diharapkan terus memberikan inovasi, mampu beradaptasi dan mempererat kolaborasi pada ekosistem fesyen di Indonesia,” papar Sandiaga Uno.

4. Berbagai fasilitas siap memanjakan pengunjung

Sandiaga Uno Bangga Ada Jakarta Fashion Hub di Jakarta, Simak Yuk! Dok.APR

Bertempat di pusat kota Jakarta tepatnya di Gedung Tanoto Foundation lantai 7, Jalan Teluk Betung No. 33, Jakarta Fashion Hub menyediakan berbagai fasilitas yang bisa memanjakan kamu untuk menciptakan ide dan kreasi fashion baru. 

Seperti co-working space dan workshop yang nyaman, tersedia fasilitas seperti mesin jahit, mesin obras, alat-alat jahit, dan manekin untuk digunakan, area khusus yang bisa digunakan sebagai studio foto, gallery dan mini store hasil rancangan desainer, dan pilihan bahan dengan aneka motif yang bisa kamu beli, khususnya kain berbahan viscose-rayon.

Sandiaga mengungkapkan, pengunjung yang memanfaatkan Jakarta Fashion Hub dapat membantu upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan daya saing ekonomi kreatif, menciptakan kolaborasi produk yang siap berkompetisi di pasar nasional dan internasional serta mendukung pemulihan ekonomi Indonesia imbas pandemi Covid-19.

"Peluang pasar ekonomi kreatif dan fesyen masih sangat terbuka di Indonesia. Pemerintah terus berusaha menyediakan bahan baku terbaik untuk industri fesyen, menyusun program yang mendukung instruksi presiden untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fesyen dunia serta mensosialisasikan semangat #BanggaBuatanIndonesia dan #SemuanyaAdaDisini," jelasnya.

Wah, pasti Bela nggak nyangka ‘kan inovasi sustainable fashion ini sudah semakin diminati banyak kalangan. Bahkan, Sandiaga Uno pun mengapresiasinya! So, buat kamu fashion enthusiast yuk lengkapi koleksi outfit-mu dengan bahan yang sustainable. Yuk, segera jadi member JFH dengan mengklik tautan berikut: https://www.jakartafashionhub.com. (WEB)

Baca Juga: Baru Dibuka, Yuk Kenalan dengan Jakarta Fashion Hub, Bela!

Baca Juga: Ini 7 Prediksi Tren Fashion di 2022, Warna Cerah hingga Sepatu Kece 

Baca Juga: Terinspirasi dari Alam, APR Gandeng Imaji Studio Gelar Eksibisi di JFH